Comscore Tracker

Kamu Harus Tahu, 5 Bahan Pengganti Gula yang Lebih Menyehatkan

Mencegah diabetes lebih baik ketimbang mengobati

Diabetes merupakan penyakit yang menyebabkan kematian paling banyak di dunia. Hal ini terjadi karena komplikasi yang diakibatkan dari diabetes bisa sangat luas dan beragam. Salah satu penyebab diabetes adalah salah dalam mengatur pola makan, yakni mengonsumsi glukosa dalam jumlah yang berlebihan.

Nah, bagi kamu yang lagi melakukan diet gula, beberapa bahan di bawah ini dapat menggantikan gula sebagai sumber glukosa.

1. Sirup maple

Kamu Harus Tahu, 5 Bahan Pengganti Gula yang Lebih MenyehatkanPixabay/piviso

Sirup ini terbuat dari sari atai ekstrak getah pohon maple. Tingkat glukosa dan fruktosa nya yang jauh lebih rendah dari gula, membuatnya sangat cocok buat kamu yang sedang menjalani diet gula.

Jangan khawatir dengan rasanya. Rasa sirup maple juga manis seperti pemanis pada umumnya, namun dengan kandungan glukosa yang rendah tentu sangat menguntungkan bagi orang yang ingin mencegah diabetes.

2. Stevia

Kamu Harus Tahu, 5 Bahan Pengganti Gula yang Lebih Menyehatkanhttps://www.aladokter.com

Stevia merupakan pemanis pengganti gula yang sudah mulai banyak dikonsumsi di negara-negara maju, seperti Jepang, Singapura, Amerika, sampai Eropa. Terbukti bahwa kandungan kalori dalam Stevia jauh lebih rendah daripada gula biasa. Untuk rasanya, Stevia memiliki rasa ratusan kali lebih manis daripada gula biasa.

Stevia sangat cocok kamu konsumsi sebagai pengganti gula. kalorinya yang sangat minim dapat membuatmu terhindar dari penyakit gula. Tapi perlu diingat bahwa penyerapan kalori dalam tubuh juga tergantung pada makanan lainnya.

3. Gula kelapa

Kamu Harus Tahu, 5 Bahan Pengganti Gula yang Lebih Menyehatkanhttps://www.food.ndtv.com

Namanya sama-sama gula dan rasanya sama-sama manis. Namun kandungan gula kelapa sangat berbeda dengan gula tebu. Gula kelapa mengandung lebih sedikit kalori dan glukosa.

Namun bagi penderita diabetes, juga wajib waspada dan bijaksana jika mengonsumsi gula kelapa. Mengonsumsi terlalu berlebihan juga tidak baik untuk tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Xylitol Si Manis Pengganti Gula, untuk Kesehatan Tubuh

4. Yakon

Kamu Harus Tahu, 5 Bahan Pengganti Gula yang Lebih Menyehatkanhttps://www.ekowarehouse.com

Yacon adalah tanaman dari Amerika Selatan. Tanaman tersebut dapat diolah menjadi sirup pengganti gula. Dengan kadar kalori dan glukosa yang tidak setinggi gula tebu, sirup Yacon dapay digunakan sebagai alternatif sebagai pengganti gula biasa. Sayangnya sirup ini sangat jarang dijumpai di Indonesia.

5. Xylitol

Kamu Harus Tahu, 5 Bahan Pengganti Gula yang Lebih Menyehatkanhttps://www.aspca.org

Xylitol merupakan gula alkohol yang didapat dari ekstrak birch (semacam kayu) dan jagung. Kalori yang tergantung dalam xylitol tidak setinggi kalori yang terkandung dalam gula tebu. Namun tetaplah bijaksana dalam mengonsumsinya, terutama bagi penderita diabetes.

Nah itu 5 bahan pengganti gula dan jauh lebih sehat daripada gula tebu yang umumnya dikonsumsi.

Baca Juga: 10 Bahan Alami Pengganti Gula yang Lebih Sehat, Kamu Suka yang Mana?

Dahli Anggara Photo Community Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You