Comscore Tracker

Tidak Mau Mengalami Demensia di Usia Mudamu? Lakukan 5 Hal Ini

Ternyata demensia bisa dialami anak muda lho

Menurut jurnal kesehatan yang ditulis di laman Mayo Clinic, demensia merupakan kondisi yang menampilkan gejala pikun, penurunan daya ingat, sampai penurunan kemampuan berpikir yang dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari.

Biasanya demensia dialami oleh manula (lanjut usia). Namun tidak menutup kemungkinan demensia bisa dialami oleh orang-orang yang usianya masih sangat muda dan produktif. Jika kamu tidak ingin terserang demensia di usia mudamu, kamu bisa melakukan lima hal berikut ini.

1. Banyak membaca dan menulis

Tidak Mau Mengalami Demensia di Usia Mudamu? Lakukan 5 Hal IniUnsplash/Joel Muniz

Melansir The Times, menurut penelitian, membaca dan menulis dapat meningkatkan kinerja otak lebih baik lagi. Orang-orang yang masa muda dan tuanya gemar membaca dan menulis, akan memiliki risiko lebih rendah terkena demensia.

Membaca dan menulis juga akan membentuk pikiran dalam otak dapat selalu tajam meskipun usia sudah lanjut. Kamu yang malas membaca dan menulis, mulai sekarang harus rajin-rajin membaca dan menulis ya, supaya kamu gak terserang demensia di usia muda.

2. Olahraga teratur sesuai porsinya

Tidak Mau Mengalami Demensia di Usia Mudamu? Lakukan 5 Hal IniUnsplash/Vive Fleming

Olahraga teratur dan sesuai dengan porsinya juga akan menurunkan risiko demensia pada usia produktif. Hal ini senada dengan apa yang ditulis pada laman Alzheimers, bahwa olahraga yang dilakukan dengan benar dapat mengurangi risiko demensia pada usia muda.

Nah, kalau kamu malas olahraga, mungkin kamu bisa mencoba yang kecil-kecil dulu. Selain menurunkan risiko demensia, olahraga juga baik untuk kesehatan tubuhmu.

Baca Juga: 8 Perubahan Gaya Hidup Ini Bisa Mencegahmu Terkena Demensia, yuk Ikuti

3. Jangan terlalu sering makan makanan pedas

Tidak Mau Mengalami Demensia di Usia Mudamu? Lakukan 5 Hal IniUnsplash/Payoon Gerinto

Cabai atau cabe yang merupakan salah satu bumbu dalam masakan pedas tentunya sering kita nikmati, bukan? Masakan itu rasanya hambar jika dimasak tanpa sambal. Namun menurut studi yang dilansir dalam Neuro Science News, konsumsi cabai dapat menurunkan daya ingat seseorang.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Zumin Shi dari Universitas Qatar ini menyimpulkan bahwa orang yang sering mengonsumsi makanan pedas, berbanding lurus dengan penurunan kognitif dan daya ingatnya, meskipun jika orang tersebut berada dalam usia produktif. Waduh, gimana nih kalau suka makanan pedas?

4. Jangan konsumsi alkohol

Tidak Mau Mengalami Demensia di Usia Mudamu? Lakukan 5 Hal IniUnsplash/Kelsey Chance

Di negara-negara dingin seperti Eropa atau Amerika, minuman beralkohol banyak dijumpai. Dengan jumlah yang sedikit, minuman ini akan berguna untuk menghangatkan tubuh dari ganasnya cuaca dingin ekstrem. Namun dalam takaran berlebih, maka itu akan meningkatkan risiko banyak penyakit, salah satunya demensia.

Jurnal medis online Medical News Today mengungkapkan bahwa alkohol yang dikonsumsi di luar batas wajar, akan meningkatkan risiko demensia, terutama pada orang-orang paruh baya.

5. Berhenti merokok

Tidak Mau Mengalami Demensia di Usia Mudamu? Lakukan 5 Hal IniUnsplash/Lex Guerra

Gak cuma demensia, merokok dapat mengakibatkan penyakit jantung, paru-paru, tenggorokan, diabetes, sampai kanker yang tentunya sangat merugikan kesehatanmu.

Ada baiknya kamu yang masih merokok, bisa berhenti merokok. Memang gak mudah, tapi pelan-pelan kamu pasti bisa kok. Lumayan kalau uangnya bisa kamu tabung buat biaya nikah, betul gak?

Itulah lima hal yang bisa kamu lakukan agar kamu terhindar dari demensia di usia muda. Jaga dan sayangi kesehatanmu, ya!

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Punya Cara Unik untuk Mengasah Otak, Apa Saja?

Dahli Anggara Photo Community Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You