Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Dengkul Bisa Hitam, Padahal Tertutup

Seberapa hitam area lututmu, gengs?

Ketika terlalu sering berjemur di bawah sinar matahari, tentu bukan hal yang ajaib dong kalau kulit kita mulai menggelap. Tapi, kamu penasaran gak sih kenapa bagian lutut dan siku yang sebenarnya gak sering terkena matahari secara langsung malah menjadi bagian yang cukup gelap dibanding bagian tubuhmu yang lain? Seberapa tertutup pun kamu dalam berpakaian, lutut tetap aja lebih gelap dibanding bagian kaki yang lain.

Kira-kira, apa sih penjelasan mengenai fakta satu ini dan faktor apa saja yang bisa menyebabkan lutut kita menghitam? Yuk simak.

1. Tidak ada kelenjar minyak di area tersebut

5 Alasan Kenapa Dengkul Bisa Hitam, Padahal Tertutupphilgoughhealthandfitness.com

Suatu bagian tubuh bisa menghitam jika terlalu kering bahkan hingga mengelupas. Hal itu pula lah yang terjadi pada bagian lutut kita. Karena tidak memiliki kelenjar minyak di bagian tersebut, bukan hal yang aneh jika lutut kita menjadi kering. Kulit yang kering inilah yang kemudian menjadi lebih hitam dibanding bagian tubuh lainnya.

2. Tertumpuknya kulit mati

5 Alasan Kenapa Dengkul Bisa Hitam, Padahal Tertutupwalmart.com

Bagian lutut memang paling jarang kita perhatikan dibanding bagian tubuh lain seperti wajah dan bagian tangan. Tidak melakukan eksfoliasi pada lutut juga akan menjadi penyebab lutut kita menghitam, guys. Ini disebabkan oleh tertumpuknya kulit mati di area tersebut.

3. Obesitas

5 Alasan Kenapa Dengkul Bisa Hitam, Padahal Tertutupwomansweekly.com

Ternyata, orang yang mengalami obesitas juga bisa menyebabkan menghitamnya beberapa bagian tubuh termasuk area lutut. Makanya, menjaga berat badan di kisaran normal, gak hanya akan bagus untuk kesehatan kita dari dalam tapi juga berpengaruh pada tampilan luar tubuh kita.

Baca Juga: Gak Ribet Kok, Yuk Cobain 5 Perawatan Tubuh ala Putri Keraton di Rumah

4. Pengaruh hormon

5 Alasan Kenapa Dengkul Bisa Hitam, Padahal Tertutupunsplash/Imani Clovis

Hormon bisa berpengaruh pada menghitamnya bagian tubuh tertentu termasuk area lutut dan siku. Hormon yang tidak seimbang bisa menyebabkan terjadinya hiperpigmentasi pada kulit tubuh. Jangan heran kalau ada beberapa orang yang bagian lututnya sangat hitam namun ada juga yang gak.

5. Keturunan

5 Alasan Kenapa Dengkul Bisa Hitam, Padahal Tertutupunsplash/Marcus Wallis

Meski kamu selalu memakai bawahan yang menutupi lutut, namun lututmu tetap saja sangat hitam, bukan gak mungkin hal ini dikarenakan faktor keturunan. Coba deh kamu cek lagi apakah ada anggota keluargamu yang punya ciri-ciri fisik yang sama. Mungkin dari ayah, atau ibumu.

Menerima kekurangan diri apa adanya adalah hal yang tentu saja bagus. Terutama urusan lutut yang hitam ini. Namun, kita tetap harus menjaga tubuh kita, salah satunya adalah dengan merawat setiap inci tubuh kita baik luar maupun dalam.

Baca Juga: Disangka Baik, 4 Perawatan Tubuh Ini Ternyata Bikin Kecanduan

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You