Comscore Tracker

5 Hal Seputar Maag Ini Sering Disalahpahami Orang, Benar Gak?

Maag bisa menyerang kapan saja

Ketika bagian perut terasa nyeri dan sakit, tentu penyakit pertama yang kamu pikirkan adalah maag. Apalagi, kalau sebelumnya kamu telat makan atau pola makan yang gak teratur. Padahal, anggota tubuh kamu sangat kompleks, lho. Terutama area pencernaan. Gak semua rasa sakit pada bagian perut bisa kamu kategorikan sebagai maag.

Selain itu, ada beberapa hal berkaitan dengan maag yang sering disalahpahami orang hingga sekarang. Apa aja itu? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Maag bukanlah nama penyakit

5 Hal Seputar Maag Ini Sering Disalahpahami Orang, Benar Gak?webmd.com

Banyak orang mengira bahwa maag adalah nama penyakit. Kenyataannya, dalam istilah kedokteran sendiri gak ada yang namanya maag. Cuma orang-orang awam yang menggunakan kata maag untuk menggambarkan rasa sakit yang mereka alami di area pencernaan. Sebenarnya, maag bukanlah nama suatu penyakit, tapi bisa dibilang kalau maag adalah gejala yang menjadi tanda akan suatu penyakit tertentu.

2. Maag bukan hanya mengacu pada penyakit asam lambung

5 Hal Seputar Maag Ini Sering Disalahpahami Orang, Benar Gak?1mg.com

Asam lambung yang naik sering dikira sebagai satu-satunya penyebab sakit maag. Faktanya, asam lambung memang salah satu penyebab maag, namun gak semua maag disebabkan oleh asam lambung. Ada juga penyebab lainnya seperti tukak lambung, penyakit irritable bowel syndrome, infeksi perut, atau kanker perut meski untuk yang terakhir ini merupakan kasus langka.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Bandotan Bagi Kesehatan, Bisa untuk Redakan Mag

3. Ternyata gak semua orang punya maag

5 Hal Seputar Maag Ini Sering Disalahpahami Orang, Benar Gak?thedailymeal.com

Maag bukanlah salah satu organ tubuh, sehingga gak bisa dibilang bahwa semua orang punya maag. Persepsi bahwa semua orang punya maag juga muncul akibat banyak yang mengira bahwa maag adalah asam lambung. Padahal, kedua hal ini jelas berbeda. Maag adalah gejala yang timbul akibat adanya suatu penyakit seperti asam lambung yang naik.

4. Keliru jika mengira satu-satunya penyebab maag adalah telat makan

5 Hal Seputar Maag Ini Sering Disalahpahami Orang, Benar Gak?unsplash/Peter Hershey

Jika kamu termasuk orang yang selalu menganggap bahwa sakit maag disebabkan oleh telat makan, maka perlu mengoreksi hal ini. Pasalnya, penyebab maag gak cuma karena hal tersebut. Kondisi medis, konsumsi obat-obatan tertentu, makan terlalu banyak, berbaring setelah makan, merokok, alkohol, mengkonsumsi makanan tertentu seperti makanan berlemak atau pedas dan lainnya bisa jadi penyebab maag.

5. Maag tidak dapat sebabkan kematian

5 Hal Seputar Maag Ini Sering Disalahpahami Orang, Benar Gak?medicalnewstoday.com

Anggapan bahwa seseorang bisa meninggal akibat maag memang jarang sekali terjadi. Karena maag sendiri bukanlah suatu penyakit melainkan hanya gejala yang merujuk pada suatu penyakit tertentu. Nah, jika dibiarkan maka penyakit tersebut tidak akan membaik dan justru semakin parah apabila tidak ditangani dengan benar, misalnya memperbaiki pola makan, menghindari konsumsi makanan tertentu, dan lain sebagainya yang menjadi penyebab maag tersebut. 

Jadi, penting untuk mengetahui penyebab maag sering kambuh. Mencari tahu faktor pemicunya akan membuat kamu lebih tahu cara mengatasinya. Karena dengan begitu maag tersebut tidak akan menjadikan penyakit serius menyerangmu dengan mudah.

Baca Juga: Tinggi Asam Folat, 7 Makanan Ini Bagus buat Kesehatan Ibu Hamil

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya