Comscore Tracker

7 Bahaya pada Kesehatan Jika Terlalu Sering Makan Seafood

Sesekali boleh, tapi jangan berlebihan!

Siapa sih yang bisa menolak kalau sudah disuguhi makanan lezat dan nikmat seperti seafood. Apapun jenisnya, baik itu udang, kepiting, cumi-cumi, ikan laut, dan lainnya, semuanya memang selalu berhasil mengundang selera ya. 

Tapi, perlu diingat, bahwa segala hal yang berlebihan itu sangat tidak dianjurkan. Gak terkecuali dengan memakan makanan laut ini, gengs. Meski mengandung protein dan nutrisi serta kelebihan-kelebihan lainnya, namun jika sudah masuk taraf berlebihan, tentu akan memberi efek pada tubuh. Apa aja efek tersebut? Ini nih poin-poinnya.

1. Membuat terjadinya penumpukan lemak

7 Bahaya pada Kesehatan Jika Terlalu Sering Makan Seafoodunsplash/Caroline Attwood

Seperti yang diketahui, makanan laut memang meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan kata lain, terlalu sering memakanan makanan laut seperti udang, kepiting, atau seafood lainnya akan mempercepat pertumbuhan lemak di dalam tubuh. Lemak ini akan mengganggu kesehatan jika kadarnya sudah sangat banyak hingga menghambat peredaran darah kita.

2. Lebih rentan mengidap miom

7 Bahaya pada Kesehatan Jika Terlalu Sering Makan Seafoodunsplash/Michelle Tsang

Masih terkait soal kandungan kolesterol yang tinggi pada makanan laut nih. Lemak jahat yang berlebihan dalam tubuh berpengaruh juga pada sel otot di sekitar rahim. Pertumbuhan sel otot yang tidak benar menyebabkan munculnya miom pada rahim. Nah, makanya kalau makan seafood jangan berlebihan ya gengs. 

3. Mempercepat proses penuaan pada kulit tubuh

7 Bahaya pada Kesehatan Jika Terlalu Sering Makan Seafoodunsplash/ANDI WHISKEY

Saat mengkonsumsi seafood, pastinya lebih enak kalau dimasak gurih dan agak asin, ya kan? Ternyata hal ini bisa membuat proses penuaan kulit kita menjadi lebih cepat terjadi. Pasalnya masakan yang mengandung sodium dapat membuat kita kekurangan cairan dalam tubuh, sehingga kulit menjadi keriput.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Simpel Cumi, Seafood yang Punya Banyak Penggemar!

4. Terserang penyakit alzheimer di hari tua

7 Bahaya pada Kesehatan Jika Terlalu Sering Makan Seafoodunsplash/Michal Mrozek

Gak cuma di masa kini, efek dari mengkonsumsi seafood secara berlebihan juga akan terasa di hari tua, lho. Penyakit seperti alzheimer bisa menyerang karena kandungan zat besi yang ada dalam seafood seperti kerang. Meski zat besi memang dibutuhkan oleh tubuh, namun jika kadarnya sudah berlebihan bisa bahaya lho. 

5. Kelebihan vitamin B12

7 Bahaya pada Kesehatan Jika Terlalu Sering Makan Seafoodunsplash/Caroline Attwood

Vitamin B12 terdapat dalam seafood seperti kerang. Vitamin yang satu ini bagus banget karena sangat berperan penting dalam terbentuknya hemoglobin. Namun, jika vitamin B12 terlalu banyak dalam tubuh kita, siap-siap deh kamu akan merasakan gatal di kulit, ruam-ruam di beberapa bagian tubuh, bahkan hingga diare. 

6. Seafood bisa mengandung zat-zat berbahaya bagi tubuh

7 Bahaya pada Kesehatan Jika Terlalu Sering Makan Seafoodunsplash/Jia Ye

Ikan, kepiting, udang, dan hewan laut lainnya tidak bisa kita deteksi datang dari laut bagian mana. Bukan rahasia lagi kalau laut sekarang sudah mengandung zat-zat berbahaya. Sehingga, hewan laut yang kita makan belum tentu aman dari zat-zat tersebut. Terlalu sering mengkonsumsi makanan laut bisa membuat kita memasukkan zat-zat tersebut ke dalam tubuh kita juga, lho.

7. Mengandung bakteri dan racun apabila tidak dimasak dengan benar

7 Bahaya pada Kesehatan Jika Terlalu Sering Makan Seafoodunsplash/Louis Hansel

Memasak makanan laut dengan teknik yang salah bisa menyebabkan bakteri salmonella yang terdapat dalam hewan laut tetap hidup. Ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh kita. Bahkan, yang lebih berbahaya lagi, memasak makanan laut seperti ikan dori dan ubur-ubur memerlukan proses yang benar, karena kalau tidak, malah bisa menjadi racun lho.

Untuk mengurangi jumlah kolesterol dan lemak jenuh yang terdapat dalam tubuh akibat mengkonsumsi seafood, kamu perlu banget tetap memenuhi asupan vitamin dan nutrisi dengan mengkonsumsi sayuran dan buah. 

Baca Juga: 5 Seafood yang Mengandung Kolesterol Rendah

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya