Comscore Tracker

Benar Gak Sih Angin Malam Gak Baik Bagi Kesehatan? Ini Faktanya!

Gak usah terlalu sering keluar malam, guys!

Orang tua zaman dulu, sering sekali melarang anaknya keluar malam. Bukan cuma karena bahaya yang ditimbulkan manusia, tapi juga karena katanya angin malam gak bagus untuk kesehatan. Beberapa dari kita mungkin masih mengabaikan nasihat ini karena merasa hal tersebut tidak benar. 

Eits, mulai sekarang kamu harus lebih percaya pada wejangan orang tua ya. Pasalnya, bukan sembarangan bicara, angin malam ternyata memang tidak bagus untuk kesehatan lho. Ini nih penjelasannya.

1. Angin malam lebih lembap sehingga bisa membuat kondisi penyakit lebih parah

Benar Gak Sih Angin Malam Gak Baik Bagi Kesehatan? Ini Faktanya!unsplash/Kevin Lee

Jika kamu sedang sakit, baik itu demam, batuk, pilek dan lainnya, angin malam memang terbukti akan mempengaruhi penyakitmu ini lho. Angin malam yang dingin dan lebih lembap dibanding siang hari, akan masuk ke dalam sistem pernafasanmu. Selain itu, juga bisa masuk melalui pori-pori kulit ke dalam tubuhmu. Makanya, angin malam bisa membuat sakitmu bertambah parah.

2. Nyamuk penyebar malaria dan penyakit kaki gajah berkeliaran di malam hari

Benar Gak Sih Angin Malam Gak Baik Bagi Kesehatan? Ini Faktanya!smithsonianmag.com

Orang yang sering keluar malam juga lebih rentan diserang nyamuk pembawa penyakit malaria dan kaki gajah. Karena, dua jenis nyamuk berbahaya ini memang hanya keluar di malam hari. Tuh kan, lebih aman kalau berada di rumah aja jika sudah malam.

Baca Juga: 7 Tips Agar Tubuh Tidak Mudah Sakit dan Terhindar dari Penyakit

3. Penderita asma juga dianjurkan untuk tidak sering terpapar angin malam. Selain itu juga bisa menyebabkan pneumonia

Benar Gak Sih Angin Malam Gak Baik Bagi Kesehatan? Ini Faktanya!unsplash/Clem Onojeghuo

Lagi-lagi, bicara soal angin malam yang lembap nih. Angin malam yang masuk ke pernapasan sangat tidak baik bagi penderita asma. Pasalnya, suhu dingin angin malam bisa mempersempit jalannya udara di paru-paru dan membuat lendir diproduksi dalam jumlah banyak. Ini nih yang bisa bikin asma dan gejala pneumonia menyerang.

4. Hawa dingin di malam hari juga bisa memperparah kondisi penderita rematik

Benar Gak Sih Angin Malam Gak Baik Bagi Kesehatan? Ini Faktanya!unsplash/Pawel Janiak

Hawa dingin angin malam bisa membuat tulang dan sendi mengalami pembengkakan. Rasa nyeri juga akan muncul pada kedua bagian tersebut. Alhasil, rematik pun akan menjadi semakin parah jika kegiatan di luar rumah pada malam hari terus menerus dilakukan.

5. Sering keluar malam juga menyebabkan kita kurang beristirahat sehingga mudah terserang penyakit

Benar Gak Sih Angin Malam Gak Baik Bagi Kesehatan? Ini Faktanya!unsplash/Annie Spratt

Bukan cuma soal angin malam, keluar pada malam hari terlalu sering juga akan membuat kita tidak mendapat waktu istirahat yang cukup. Kalau sudah begini, segala jenis penyakit bisa menyerang karena kurangnya imun dalam tubuh kita. Gak mau kan jadi sakit?

Memang sih, ada beberapa orang yang bekerja pada malam hari dan mau gak mau harus terkena angin malam. Tapi, buat kamu yang sebenarnya tidak punya kepentingan apa-apa, lebih baik berdiam diri di rumah aja, gengs.

Baca Juga: 5 Jenis Teh Ini Ampuh Kembalikan Mood Baik, Wanginya Bikin Rileks

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You