Bukan Hanya Makanan, Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Diet

Diet bukan cuma soal apa yang boleh dan gak boleh dimakan

Selama ini, banyak sekali kesalahan persepsi di kalangan orang yang ingin atau sedang melakukan diet. Kebanyakan kita mengira bahwa hanya dengan mengurangi porsi makan maka diet kita akan berhasil. Mungkin memang ada orang yang berhasil dengan cara ini, guys.

Tapi, bukan berarti cara seperti itu akan berdampak sama pada semua orang. Karena pada hakikatnya metabolisme tubuh setiap orang itu berbeda-beda. Jika kamu sering merasa gagal dalam melakukan diet, mungkin kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Jam makan

Bukan Hanya Makanan, Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Dietsoompi.com

Salah satu hal yang membuat gagalnya diet adalah jam makan yang tak teratur. Jika kalian membaca panduan diet, terutama yang menjunjung tinggi intermitten fasting, jam makan adalah hal yang sangat krusial dalam proses diet.

Hal ini juga disesuaikan dengan kemampuan tubuh untuk memproses makanan pada jam-jam tertentu. Jadi, sebelum mulai melakukan diet, pelajari lagi jam-jam yang tepat untuk mengkonsumsi makanan.

2. Jam tidur

Bukan Hanya Makanan, Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Dietmygriya.com

Tidur adalah hal lain yang juga sangat penting. Saat kita tidur, tubuh melakukan proses regenerasi yang membantu terjadinya proses penguraian. Itulah kenapa tubuh perlu tidur yang cukup, sekitar 6-8 jam sehari.

3. Olahraga

Bukan Hanya Makanan, Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat DietUnsplash/Justyn Warner

Banyak sekali orang yang mencari cara instan untuk kurus tanpa olahraga. Sebenarnya cara-cara diet seperti itu cenderung terlalu beresiko dan bahkan bisa dikatakan ekstrem. Karena pada dasarnya, tubuh yang ideal itu didapat dari konsumsi makanan yang sesuai kebutuhan, dan dilengkapi dengan aktivitas tubuh yang sesuai.

Aktivitas tubuh di sini maksudnya adalah olahraga, guys. Jadi, mulai sekarang, mulailah berolahraga. Ada banyak gerakan olahraga yang bisa kamu pilih sesuai dengan tujuan diet kamu.

4. Konsumsi air putih

Bukan Hanya Makanan, Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat DietUnsplash/Ethan Sykes

Air putih juga sangat penting guys. Konsumsi air putih sesuai anjuran yaitu sekitar 2 liter sehari dapat membantu proses penguraian makanan dan membuat tubuh kita bekerja dengan efektif. Makanan yang masuk juga jadi lebih mudah dikeluarkan sehingga tidak menumpuk menjadi lemak.

5. Pola pikir

Bukan Hanya Makanan, Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Dietchinaattila.com

Jika kalian sudah melakukan diet sehat dengan mengkonsumsi makanan sesuai takaran kebutuhan kalori, tapi kalian masih sering merasa lapar, mungkin yang harus diperbaiki adalah pola pikir. Kalian mungkin terlalu sering membayangkan rendang, mie ayam, nasi goreng, dan lain sebagainya sehingga kalian mudah lapar. Coba mulai sekarang kendalikan diri dan sibukkan dengan hal lain yang lebih bermanfaat ya.

6. Yang dilakukan saat makan

Bukan Hanya Makanan, Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Dietmuviblast.com

Ternyata, kalau kalian makan sambil melakukan hal lain, makanan yang masuk ke tubuh jadi tidak berasa. Misalnya, makan sambil ngobrol atau sambil menonton TV. Hal ini membuat kalian tidak menikmati makanan dan kalian jadi ingin mengkonsumsi makanan tersebut lebih banyak lagi dan lagi.

Ada baiknya, saat makan, kalian fokus dengan makanan yang ada di hadapan kalian dan nikmati setiap kunyahan yang kalian lakukan. Pasti deh, kalian akan cepat kenyang guys. Gak percaya? Coba aja.

Semoga membantu dan semangat diet ya.

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You