Comscore Tracker

Ini 5 Penjelasan Kenapa Badan Terasa Panas Saat Demam

Gak perlu langsung minum obat pemurun panas

Banyak sekali hal-hal kecil dan terasa sepele soal hidup yang seringkali membuat kamu bertanya-tanya. Salah satunya adalah kenapa badan kamu jadi panas saat demam? Darimana sebenarnya rasa panas itu muncul?

Hal seperti ini memang terdengar seperti pertanyaan konyol yang terlalu dibuat-buat. Pasalnya, fenomena badan menjadi panas saat demam memang sudah terjadi pada diri kamu sejak masih bayi. Nah, biar rasa penasaranmu terjawab, yuk simak 5 penjelasan soal badan yang panas saat demam berikut ini.

1. Tubuh sedang membunuh bakteri

Ini 5 Penjelasan Kenapa Badan Terasa Panas Saat Demamhealth.harvard.edu

Tubuh kamu sudah dirancang sedemikian rupa oleh SangPencipta. Bukan secara asal-asalan, tapi setiap sel dalam diri kamu memiliki fungsinya masing-masing. Hal itulah yang terjadi saat tubuh demam. Badan kamu sedang memberantas bakteri atau mikroba yang membuat jadi demam. Makanya suhu tubuh pun meningkat untuk membunuh bakteri yang tidak tahan terhadap panas.

2. Suhu panas hingga 39 derajat masih tergolong wajar

Ini 5 Penjelasan Kenapa Badan Terasa Panas Saat Demamtodaysparent.com

Mungkin, sebagian orang akan langsung panik ketika dia atau orang tersayangnya mengalami kenaikan suhu badan. Suhu tubuh kita yang biasanya berkisar antara 36 derajat Celcius, namun kemudian naik hingga 39 derajat Celcius pasti sudah menyadari ada yang gak beres dengan tubuh ini. Tapi tenang aja kok, hal ini masih dibilang wajar. Yang perlu dikhawatirkan adalah ketika suhu tubuh kita tidak kunjung turun setelah beberapa hari. Nah, kalau sudah begini baru perlu dibawa ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Baca Juga: 5 Cara Terbaik Mengatasi Sakit Kepala yang Bikin Uring-uringan

3. Ternyata, langsung meminum obat penurun panas saat demam malah gak dianjurkan lho

Ini 5 Penjelasan Kenapa Badan Terasa Panas Saat Demamdesignerspics.com

Ketika suhu tubuh kita berbeda dari biasanya, bisa dimaklumi kalau kita mulai merasa panik. Namun, seperti dijelaskan tadi, meminum obat penurun panas justru gak baik. Alasannya adalah karena saat tubuh panas, sebenarnya sedang terjadi proses pemberantasan mikroba. Jika kita langsung meminum obat penurun panas, hal itu malah akan menurunkan kekuatan sistem kekebalan tubuh.

4. Demam juga pertanda bahwa sistem imun sedang bekerja

Ini 5 Penjelasan Kenapa Badan Terasa Panas Saat Demamintermountainhealthcare.org

Panas yang kita rasakan saat tubuh demam, gak selalu berarti bahwa tubuh sedang menderita penyakit serius. Jadi, rasa panik gak akan memperbaiki situasi, justru hanya akan memperburuk. Terlebih, demam sendiri adalah tanda bahwa tubuh kita terutama bagian sistem kekebalannya, sedang bekerja untuk memberantas infeksi yang ada. Jadi, gak ada yang perlu dikhawatirkan kan?

5. Demam bukan penyakit, hanya gejala

Ini 5 Penjelasan Kenapa Badan Terasa Panas Saat Demamvivaciousmum.com

Berdasarkan penelitian, demam sendiri bukanlah jenis penyakit. Akan tetapi, demam adalah sebuah gejala yang biasanya menyertai suatu penyakit. Kebanyakan, penyakit yang disertai dengan demam adalah jenis penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya seperti pilek atau flu. Tapi, jika demam yang diderita memang parah, maka gak masalah kalau kamu mau mengobatinya dengan obat-obatan yang dijual di apotek atau toko obat.

Baca Juga: 6 Tips Saat Menjenguk Orang Sakit, Biar Gak Ketularan Sakit!

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You