Comscore Tracker

Hentikan 5 Kebiasaan Salah yang Sering Dilakukan saat Berketombe Ini

Gak mau kan ketombemu tambah banyak?

Ketombe adalah salah satu hal yang sangat mengganggu. Selain menyebabkan kepercayaan diri menurun, munculnya ketombe di kulit kepala juga akan membuat kita merasa gatal dan akibatnya kita jadi sering menggaruk kepala bahkan di tempat umum tanpa kita sadari. 

Meski begitu, gak perlu minder ketika berketombe. Karena hampir semua orang juga memiliki ketombe, guys. Meskipun mungkin jumlah banyaknya berbeda-beda pada setiap orang. 

Daripada sibuk mencari cara untuk menutupi ketombe, lebih baik mulai merawat kulit kepalamu dengan benar agar jumlah ketombe tidak semakin bertambah. Hindari juga nih beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang saat kulit kepalanya berketombe.

1. Menggaruk kulit kepala

Hentikan 5 Kebiasaan Salah yang Sering Dilakukan saat Berketombe Initimesofindia.com

Memang sih, efek yang ditimbulkan oleh ketombe pada kulit kepala kita adalah rasa gatal yang kadang sulit untuk ditahan. Namun, menggaruknya sama sekali bukan solusi yang dianjurkan, guys. Malah, hal ini akhirnya cuma memperparah kondisi kulit kepalamu.

2. Mengira bahwa satu-satunya penyebab ketombe adalah karena kulit kepala yang terlalu kering

Hentikan 5 Kebiasaan Salah yang Sering Dilakukan saat Berketombe Inihealth.clevelandclinic.org

Banyak yang mengira bahwa ketombe muncul hanya karena satu sebab, yaitu kulit kepala yang kering. Alhasil, membasahi kulit kepala setiap kali terasa gatal malah dikira sebagai solusi paling ampuh. Padahal, ketombe muncul akibat kombinasi dari minyak di kulit kepala, jamur, dan kulit mati.

Jadi, bisa dibilang kalau penyebab ketombe bukan cuma karena kulit kepala yang kering, tapi bisa juga diakibatkan oleh minyak di kulit kepala yang terlalu banyak, atau akibat frekuensi keramas yang tidak tepat. Membasahi kulit kepala setiap saat, bisa jadi bukan cara untuk menghilangkan ketombe yang tepat, lho.

Baca Juga: 5 Masker Alami Berbahan Lemon yang Bantu Rambut Bebas Ketombe

3. Mengira bahwa shampoo dan kondisioner saja sudah cukup

Hentikan 5 Kebiasaan Salah yang Sering Dilakukan saat Berketombe Inigirlfriend.com

Ketombe memang sangat mengesalkan ya. Eits, tapi jangan langsung menyalahkan sampo dan kondisionermu jika dalam sekali keramas, ketombemu gak langsung hilang. Karena, sampo aja memang gak cukup untuk membuat ketombe menghilang dalam sekejap, guys. Tentunya diperlukan perhatian dan perawatan khusus juga.

Serta, menggunakan bahan yang nyaman jika harus menutupi bagian kepala, seperti bagi yang berhijab dan lain sebagainya.

4. Jarang menyisir rambut karena malu kalau ketombe berjatuhan

Hentikan 5 Kebiasaan Salah yang Sering Dilakukan saat Berketombe Inihudabeauty.com

Menyisir rambut merupakan salah satu cara untuk menjaga rambut kita tetap terlihat rapi. Jika gara-gara ketombe kamu jadi jarang menyisir rambut, yang ada, ketombw mu akan semakin menumpuk gengs. Duh, serem kan. Sisir rambut minimal sekali sehari agar ketombe bisa berguguran dan gak menggantung di sela-sela rambutmu.

Tapi gak perlu sampai menggaruk kulit kepala dengan sisir ya. Soalnya hanya akan memperparah kondisi kulit kepalamu.

5. Keramas terlalu sering karena merasa gatal

Hentikan 5 Kebiasaan Salah yang Sering Dilakukan saat Berketombe Iniredken.com

Kesalahan yang juga cukup sering dilakukan adalah keramas terlalu sering. Frekuensi keramas yang berlebihan seperti ini justru akan menghilangkan minyak alami rambut. Bukannya jadi menghilangkan ketombe, kamu hanya akan membuat kulit kepala menjadi iritasi dan kering. Dua hingga tiga hari sekali adalah saat yang lebih tepat untuk keramas, lho.

Yuk lebih perhatikan lagi kesehatan kulit kepala ya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Mencegah Ketombe, Mudah dan Efektif Banget Lho!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya