Comscore Tracker

5 Manfaat Temulawak, “Ginsengnya" Indonesia yang Manjur Banget!

Tanaman khas Indonesia ini gak kalah dengan ginseng Korea

Temulawak atau dikenal juga sebagai Java Ginger adalah salah satu tanaman khas Indonesia yang mirip dengan ginseng.

Jika Korea membanggakan ginsengnya, kita juga bisa membanggakan temulawak karena mereka memiliki khasiat yang setara, bahkan beberapa kajian menyebut bahwa temulawak lebih berkhasiat dibanding ginseng.

Temulawak terkenal bahkan hingga negara lain terutama Jerman dan Belanda karena manfaatnya yang banyak untuk kesehatan. Kira-kira bagaimana cara kerja temulawak dalam menjaga kesehatan kita? 

Berikut IDN Times akan kasih tahu kamu yang di rangkum dari berbagai sumber mengenai khasiat atau manfaat temulawak yang ternyata baik untuk kesehatan tubuh. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

1. Melindungi hati

5 Manfaat Temulawak, “Ginsengnya Indonesia yang Manjur Banget!Pixabay/ Wokandapix

Temulawak mengandung banyak senyawa aktif seperti turmerol, karbinol, kurkumin, dan senyawa lainnya yang bermanfaat untuk tubuh.

Senyawa aktif ini mampu meningkatkan sekresi empedu sehingga kerja hati lebih ringan. Alhasil, kolesterol dan radang sendi pada tubuh juga akan ikut berkurang.

Selain itu, temulawak juga dikenal mampu membantu menyembuhkan penyakit hepatitis hati. Meski tidak bisa menyembuhkan hepatitis yang disebabkan virus (karena temulawak tidak bisa membunuh virus), temulawak bisa memberikan proteksi dan mengurangi peradangan yang disebabkan hepatitis.

2. Mengobati masuk angin

5 Manfaat Temulawak, “Ginsengnya Indonesia yang Manjur Banget!suryahospitals.com

Masuk angin adalah kondisi tubuh ketika tidak enak badan yang disertai dengan perut kembung, kepala pusing dan menggigil. Penyebab terjadinya masuk angin adalah telat makan dan kedinginan.

Dengan mengonsumsi temulawak, Kamu dapat menghangatkan tubuh kembali dan memperlancar pencernaan. Temulawak juga bisa membantu mengurangi rasa mual dan mulut yang pahit akibat masuk angin.

Baca Juga: Girls, Kamu Sudah Tahu Belum Manfaat Biji Nangka untuk Kesehatanmu?

3. Menyembuhkan masalah pencernaan

5 Manfaat Temulawak, “Ginsengnya Indonesia yang Manjur Banget!Pexels/Nathan Kowley

Temulawak juga efektif untuk menyembuhkan berbagai masalah pencernaan. Contohnya adalah penyakit maag, temulawak bisa menetralkan kembali asam lambung yang berlebih sehingga mengurangi rasa sakitnya.

Temulawak juga bisa membantu mengurangi diare dengan merelaksasi kerja otot usus sehingga tidak mensekresikan cairan secara berlebihan. Selain itu, temulawak juga membantu memperlancar sistem metabolisme pada tubuh.

4. Meningkatkan imunitas tubuh

5 Manfaat Temulawak, “Ginsengnya Indonesia yang Manjur Banget!Pexels/ Julian Jagtenberg

Apakah kamu mudah jatuh sakit? Jika iya, temulawak bisa membantumu. Temulawak dikenal memiliki efek yang baik dalam meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini dikarenakan temulawak kaya akan senyawa aktif yang mampu memperkuat sistem imun kita.

Dengan meminum temulawak, tubuh bisa lebih kebal terhadap berbagai sumber penyakit seperti bakteri dan virus. Temulawak juga bisa membuat tubuh terasa lebih nyaman sehingga lebih sulit jatuh sakit.

5. Mencegah kanker

5 Manfaat Temulawak, “Ginsengnya Indonesia yang Manjur Banget!pixabay.com/sasint

Salah satu efek mujarab dari temulawak adalah mencegah dan menyembuhkan kanker. Hal ini dikarenakan temulawak kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Sejumlah penelitian juga mengungkapkan, temulawak mampu membantu menyusutkan sel kanker bahkan pada pasien stadium lanjut sekalipun.

Tidak hanya menyembuhkan, temulawak juga sangat cocok dikonsumsi untuk mencegah terbentuknya kanker di badan.

Jadi itulah 5 manfaat temulawak yang baik untuk kesehatan tubuh jika kamumengkonsumsinya. Sebagai saran, mengkonsumsi temulawak dengan cara diminum adalah cara yang enak dan paling banyak disukai, lho!

Baca Juga: Gak Cuma Enak, Ini Lho 7 Manfaat Daging Sapi buat Kesehatan Tubuh 

Deny Hung Photo Verified Writer Deny Hung

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang
  • Wendy Novianto
  • Siantita Novaya

Just For You