Comscore Tracker

5 Dampak Negatif Konsumsi Kacang-kacangan, Bisa Bikin Asam Urat

Bisa terjadi ketika dikonsumsi terlalu banyak

Kacang cukup populer di lingkungan para vegetarian dan pemilik pola makan yang sehat karena punya kandungan serat yang tinggi. Kacang terkenal akan kemampuannya melancarkan pencernaan dan termasuk kategori camilan sehat yang gak bikin gemuk. 

Tapi di balik kelebihannya ternyata kacang menyimpan dampak buruk lho bila dikonsumsi secara berlebihan. Berikut 5 dampak buruk yang mesti kalian cegah sebelum terlambat!

1. Memicu terjadinya asam urat

5 Dampak Negatif Konsumsi Kacang-kacangan, Bisa Bikin Asam Uratunsplash.com/@maksimshutov

Kacang memiliki kadar purin yang tinggi, suatu hal yang dihindari oleh para penderita asam urat. Oleh sebabnya kacang tidak direkomendasikan kepada mereka yang memiliki asam urat. Hindari kacang dan beralih pada cemilan yang lebih aman seperti buah-buahan segar.

2. Menyebabkan migrain

5 Dampak Negatif Konsumsi Kacang-kacangan, Bisa Bikin Asam Uratunsplash.com/@katiereed14

Beberapa jenis kacang-kacangan tertentu bisa bereaksi mengakibatkan migrain karena mengandung zat Tyramine tinggi. Zat ini memang dikenal sebagai penyebab migrain dan harus dihindari bila kamu memiliki riwayat penyakit khusus. 

3. Meningkatkan tekanan darah

5 Dampak Negatif Konsumsi Kacang-kacangan, Bisa Bikin Asam Urattoriavey.com

Efek ini berlaku pada jenis kacang fava atau fava beans karena dalam kacang ini terkandung suatu zat yang dapat bereaksi meningkatkan tekanan darah, bila dikonsumsi bersama obat depresi. Sebaiknya cari jenis kacang lain seperti almon agar lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Baca Juga: Praktis dan Hemat Biaya, Ini 5 Tips Memasak Kacang Hijau yang Empuk

4. Membuat perut kembung

5 Dampak Negatif Konsumsi Kacang-kacangan, Bisa Bikin Asam Uratunsplash.com/@v2osk

Kondisi ini pasti sangat mengganggu dan membuat tubuh tidak nyaman. Kacang membuat kandungan air dalam perut meningkat sehingga memberikan efek kembung bila dikonsumsi terlalu banyak. Untuk menghindarinya olah kacang bersama makanan asam karena itu dapat mengurangi kadar air di dalamnya.

5. Menganggu penyerapan vitamin

5 Dampak Negatif Konsumsi Kacang-kacangan, Bisa Bikin Asam Uratunsplash.com/@mili_vigerova

Kacang kedelai mungkin selama ini dinilai sebagai salah satu bahan makanan paling menyehatkan. Tapi tahu gak sih sebenarnya kacang kedelai bisa menghambat penyerapan vitamin ke dalam tubuh lho. Kacang kedelai mudah menyerap vitamin B12 dan vitamin D. 

Itu tadi dampak negatif mengonsumsi kacang-kacangan. Mulai sekarang bijaklah dalam menentukan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita ya!

Baca Juga: 6 Kandungan Nutrisi Lain Kacang Kedelai, Tak Hanya Protein

dewi dewi Photo Verified Writer dewi dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya