Comscore Tracker

Obat Hipertensi dan Diabetes, Ini 6 Khasiat Labu Siam bagi Tubuh

Tubuh sehat gak perlu pake obat

Labu siam adalah lalapan favorit masyarakat lokal yang sering ditemui saat acara makan-makan bersama sambal. Sayuran yang punya ukuran mini hingga sedang ini bercita rasa manis dan lembut saat dikukus. Bukan cuma jadi lalapan, tapi labu siam juga enak dimasak menjadi sayur tumis. Bisa diolah jadi bermacam hidangan enak, labu siam ternyata menyimpan banyak khasiat baik lho untuk kesehatan.

1. Dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi

Obat Hipertensi dan Diabetes, Ini 6 Khasiat Labu Siam bagi Tubuhpennmedicine.org

Kandungan alkoloid terdapat dalam labu siam dan zat tersebut berfungsi sebagai pembuka jalur peredaran darah yang tersumbat. Ini menjadi alasan kenapa labu siam baik bagi penderita hipertensi. Labu siam pun memilik sifat diuretik sehingga kandungan garam berlebih dalam darah tinggi ikut luruh di dalamnya.

2. Menjadikan impian berat badan ideal terwujud

Obat Hipertensi dan Diabetes, Ini 6 Khasiat Labu Siam bagi Tubuhunsplash.com/@happyveganfit

Labu adalah makanan yang paling pas untuk dijadikan menu diet kalian. Sebab labu mengandung rendah kalori namun tinggi serat, sehingga ketika kamu menjadikan ini sebagai camilan atau lauk utama rasa kenyang akan bertahan lebih lama. Ini juga cocok dikonsumsi bagi kamu yang sudah memiliki tubuh ideal dan ingin tetap mempertahankan berat badan yang stabil.

3. Makanan sehat bagi ibu hamil

Obat Hipertensi dan Diabetes, Ini 6 Khasiat Labu Siam bagi Tubuhunsplash.com/@jernejgraj

Ibu hamil membutuhkan banyak asupan vitamin B9 alias asam folat yang berfungsi sebagai nutrisi pendukung tumbuh kembang otak janin di dalam perut. Asam folat juga bisa mencegah kelahiran prematur sehingga kehamilan berjalan lancar dengan normal. Untuk memenuhi asupan tersebut labu siam siap memenuhinya. Labu siam memiliki kandungan asam folat yang tinggi sehingga sangat bagus dikonsumsi ibu hamil. 

Baca Juga: Resep Bakwan Spesial Isi Labu Siam yang Sehat dan Menggugah Selera

4. Menyehatkan sistem pencernaan tubuh

Obat Hipertensi dan Diabetes, Ini 6 Khasiat Labu Siam bagi Tubuhunsplash.com/@lecreuset

Flavonoid banyak ditemukan dalam labu siam, yang mana nutrisi tersebut merupakan nutrisi penting yang dapat membantu enzim pencernaan bekerja secara maksimal. Menyehatkan untuk makan labu siam rutin setiap hari, ini akan membuat usus berfungsi lebih baik karena labu siam juga tinggi serat.

5. Memperlancar kinerja organ hati

Obat Hipertensi dan Diabetes, Ini 6 Khasiat Labu Siam bagi Tubuhthoughtco.com

Fungsi organ hati akan terganggu saat terlalu banyak lemak tersimpan di dalamnya. Karena itu kita butuh mencegah hal demikian terjadi dengan mengonsumsi makanan bergizi seperti labu. Mengapa? Karena labu rendah kolesterol dan tidak menimbulkan lemak di organ hati. Jadi aman untuk dikonsumsi secara rutin.

6. Makanan ideal bagi penderita diabetes

Obat Hipertensi dan Diabetes, Ini 6 Khasiat Labu Siam bagi Tubuhdiabetesselfmanagement.com

Di dalam labu siam terkandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh para penderita diabetes, diantarnya adalah vitamin C yang dapat menstimulasi pengeluaran insulin, antioksidan myricetin yang merupakan anti-diabetes dan bebas lemak jenuh. Ini alasan mengapa para penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi labu sebagai lalapan atau camilan yang sehat. 

Kecil-kecil begini labu siam ternyata memiliki khasiat yang luar biasa guys. Jadi semakin lahap deh mengonsumsinya secara rutin!

Baca Juga: 5 Kandungan dari Labu Siam yang Ampuh untuk turunkan Kolesterol

dewi Photo Community Writer dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You