Comscore Tracker

5 Manfaat Seni Origami Bagi Kesehatan Mental yang Perlu Kamu Ketahui

Seni ternyata dapat meningkatkan kesehatan mental!

Ketika di taman kanak-kanak atau sekolah dasar dulu, kamu pasti pernah diajarkan oleh gurumu membuat pesawat, kapal, maupun burung dari kertas lipat, bukan? Seni melipat kertas tanpa memotong kertas tersebut berasal dari Jepang yang disebut origami. Hanya bermodalkan kertas lipat dan kreativitas, tanpa disangka seni origami ini bisa dijadikan terapi untuk meningkatkan kesehatan mentalmu.Terapi menggunakan origami termasuk terapi seni, yaitu jenis terapi yang relatif baru membantu orang meningkatkan kesehatan mental mereka melalui kreativitas.

Berikut 5 manfaat bagaimana origami dapat digunakan sebagai terapi untuk meningkatkan kesehatan mentalmu yang dilansir dari beberapa situs pengembangan kepribadian.

1. Menenangkan dan merileksasi diri

5 Manfaat Seni Origami  Bagi Kesehatan Mental yang Perlu Kamu Ketahuilaraza.com

Kunci dari segala bentuk terapi kesehatan mental pada intinya adalah relaksasi untuk sejenak dapat dengan mudah melupakan tekanan hidup. Dengan duduk diam dan berkonsentrasi membuat bentuk kertas yang indah, origami dapat membantu mengatasi kita mengatasi perasaan kecemasan atau ketidaknyamanan yang kita rasakan dalam hidup dan menyulapnya menjadi rasa keseimbangan dan kedamaian diri.

2. Membangun self-esteem (harga diri)

5 Manfaat Seni Origami  Bagi Kesehatan Mental yang Perlu Kamu Ketahuiweblog.city.hamamatsu-szo.ed.jp

Self-esteem (harga diri) merupakan salah satu bagian penting dari kepribadian seseorang berkaitan dengan penilaian kamu terhadap diri sendiri yang mempengaruhi bagaimana usahamu menghargai diri. Tidak seperti bentuk-bentuk seni lain yang mengharuskan kamu menjadi individu yang artistik, seni origami dapat dikuasai oleh siapapun dan kapanpun hanya dengan mengikuti suatu pola tertentu. Banyak orang yang telah mengikuti terapi origami, kini merasa bangga dengan kemampuan artistik dan kreatifitas mereka melihat hasil lipatan origami yang mereka buat padahal mereka sebelumnya tidak percaya memiliki kemampuan artistik seperti itu. 

Dilansir dari artikel As the Paper Folds, the Mind Unfolds, origami dapat membuat seseorang belajar bahwa kesalahan bisa dibalik, lipatan yang tidak terlipat dengan benar bukanlah simbol kegagalan permanen karena semua yang perlu dilakukan adalah meratakan kertas dan memulai yang baru.

3. Membangun perhatian, kesabaran, dan fokus

5 Manfaat Seni Origami  Bagi Kesehatan Mental yang Perlu Kamu Ketahuivideoblocks.com

Origami dapat menjadi kegiatan yang baik untuk membangun konsentrasi, kesabaran dan fokus terperinci karena lipatan origami akan berhasil diselesaikan apabila kamu sabar dan berkonsentrasi dengan baik. Origami telah banyak membantu anak-anak dengan ADHD (Attention-deficit hyperactivity disorder, yaitu kondisi kronis berupa kesulitan fokus, hiperaktif, dan impulsif) yang paling mudah terdistraksi untuk dapat lebih terkonsentrasi dan tenang terlibat dalam origami dan termotivasi untuk berhasil menyelesaikan karya mereka.

Baca Juga: 9 Lagu Kece Ini Akan Menyadarkanmu Pentingnya Kesehatan Mental

4. Membentuk toleransi frustrasi

5 Manfaat Seni Origami  Bagi Kesehatan Mental yang Perlu Kamu Ketahuibardseyislandlife.blogspot.com

Membuat origami tentu terkadang membuat frustasi mengingat tidak semua pola lipatan origami mudah untuk diikuti. Hal ini menjadikan kegiatan sempurna untuk membantu kamu tetap bertahan pada sesuatu meskipun itu sulit. Jika kamu mengalami kesulitan dalam langkah melipat origami, kamu harus dapat bersikap tekun, tenang dan berfikir positif untuk bekerja mencari tahu bagaimana lipatan yang seharusnya kamu lakukan. 

5. Meningkatkan koordinasi mata-tangan dan keterampilan motorik

5 Manfaat Seni Origami  Bagi Kesehatan Mental yang Perlu Kamu Ketahuiromanroadtrust.co.uk

Tidak hanya berdampak positif untuk konsentrasi mentalmu, dengan latihan melipat origami juga dapat membantu mengembangkan koordinasi tangan-mata dan keterampilan motorik halus. Dilansir dari origamispirit.com, melipat kertas akan menantang tingkat kognitifmu untuk mengikuti instruksi, mempelajari keterampilan dan aktivitas baru. Secara fisik, tangan kamu menjadi aktif. Impuls dikirim ke otak yang mengaktifkan kedua belahan otak kiri dan kanan. Area taktil, motorik dan visual otak diaktifkan dan mulai digunakan. Memori, pemikiran non-verbal, perhatian, pemahaman dan imajinasi 3D semakin dirangsang oleh eksplorasi otak melalui origami.

Tidak disangka-sangka ya kegiatan origami yang mungkin sering kita anggap sepele dan membosankan ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mental. Yuk, siapkan kertas lipat dan mulailah membuat origami!

Baca Juga: 7 Film yang Berani Mengangkat Topik Soal Depresi & Kesehatan Mental

Mademoiselle D Photo Community Writer Mademoiselle D

On a journey of life: dealing with myself.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You