Comscore Tracker

Tidak Terduga, Ini 5 Manfaat Biji Jeruk yang Sering Disepelekan!

Jangan asal buang biji jeruk!

Jeruk adalah salah satu buah yang disukai oleh banyak orang dan terkenal akan kandungan vitamin C yang tinggi. Jeruk biasanya dikonsumsi secara langsung, diolah menjadi jus, atau menjadi campuran bahan makanan.

Saat mengonsumsi jeruk, kita cenderung membuang bijinya karena rasanya yang pahit dan adanya mitos bahwa menelan biji jeruk dapat berbahaya bagi kesehatan.

Dibalik rasanya yang pahit dan sering disepelekan ternyata biji jeruk memiliki banyak manfaat yang tidak kita duga. Penasaran apa saja? Yuk, simak uraian berikut ini!

1. Mempercepat penyimpanan energi hingga menurunkan kolestrol tubuh

Tidak Terduga, Ini 5 Manfaat Biji Jeruk yang Sering Disepelekan!pexels/jibarofoto

Menelan biji jeruk dapat berbahaya bagi kesehatan adalah mitos. Menurut Konsultan Ahli Gizi, Rupali Datta, menelan biji jeruk tidak berbahaya bahkan ketika kita menelan biji jeruk karena mereka akan keluar seperti ketika buang air besar. Biji jeruk bisa dimakan dan tidak mengandung racun yang berbahaya namun sebaiknya tidak mengonsumsi biji jeruk dalam jumlah besar.

Biji jeruk mengandung asam palmitat, oleat dan linoleat yang bermanfaat bagi tubuh. 

Asam palmitat memfasilitasi penyimpanan energi jangka panjang dalam sel manusia. Asam oleat dalam jumlah yang memadai pada sel berguna untuk menghasilkan asam lemak penting lainnya dan turunan asam lemak yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Sedangkan asam linoleat, sejenis asam lemak omega-3 yang ditemukan pada tanaman, sangat terkonsentrasi di otak dan penting bagi kesehatan kognitif.

2. Kaya antioksidan yang menangkal radikal bebas

Tidak Terduga, Ini 5 Manfaat Biji Jeruk yang Sering Disepelekan!pexels/rawpixel

Tidak hanya buahnya, biji jeruk juga kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan kuat yang menjaga tubuh kita tetap terhidrasi, segar, bebas stres, dan meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan.

Antioksidan membantu mencegah atau memperlambat kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas sehingga memastikan tubuh dalam kondisi sehat. Oleh karenanya, saat mengonsumsi jeruk tidak usah khawatir jika bijinya terkunyah atau tertelan.

Baca Juga: Selain Dimakan Langsung, Jeruk Bali Bisa Dibikin 5 Olahan Lezat Ini

3. Merawat kesehatan rambut

Tidak Terduga, Ini 5 Manfaat Biji Jeruk yang Sering Disepelekan!pexels/element5 digital

Minyak ekstrak biji jeruk sangat bagus untuk perawatan rambut. Ekstrak ini biasanya digunakan dalam produk shampo, kondisioner, atau produk perawatan rambut lainnya karena kandungan vitamin C dan flavonoid dalam biji jeruk dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala yang selanjutnya menghasilkan rambut yang sehat dan kuat.

Selain itu, kandungan asam folatnya juga membantu mempercepat pertumbuhan rambut dan memperkuatnya dari ujung akar.

4. Sebagai esens pewangi makanan atau aromaterapi

Tidak Terduga, Ini 5 Manfaat Biji Jeruk yang Sering Disepelekan!daddyvans.com

Biji jeruk yang diolah menjadi minyak esensial dapat menambah aroma yang khas yang dapat digunakan sebagai esens perasa atau pewangi pada makanan. Selain itu, minyak esensial biji jeruk juga dapat digunakan sebagai minyak diffuser agar rumah memiliki aroma jeruk dimana cara ini ampuh untuk menghilangkan bau tak sedap di rumah.

Minyak esensial biji jeruk juga dapat ditambahkan di bak mandi untuk menciptakan efek relaksasi setelah seharian lelah beraktivitas.

5. Agen pembersih peralatan rumah

Tidak Terduga, Ini 5 Manfaat Biji Jeruk yang Sering Disepelekan!i.ndtvimg.com

Tidak hanya sebagai esens pewangi pada makanan atau aromaterapi, minyak ekstrak biji jeruk juga dapat digunakan sebagai agen pembersih. Kandungan asam pada biji jeruk dapat membersihkan peralatan-peralatan rumah tangga dari logam, menghilangkan lemak, dan lain-lain. Aromanya yang segar dapat membuat peralatan rumah tidak hanya bersih, namun juga beraroma sedap.

Si kecil pahit yang sering disepelekan ini ternyata memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh hingga sebagai agen pembersih peralatan ya!

Dari kelima manfaat tersebut, manfaat mana nih yang penasaran ingin kamu buktikan? Jadi, jangan asal buang biji jeruk setelah dimakan ya!

Baca Juga: Sekilas Terlihat Sama, Ini 8 Jenis Jeruk yang Populer di Indonesia

Mademoiselle Dii Photo Verified Writer Mademoiselle Dii

On a journey of life: dealing with myself.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya