Comscore Tracker

5 Manfaat Teh Kombucha, Minuman Fermentasi yang Bisa Dibuat di Rumah

#IDNTimesHealth Bikin segar dan imun terjaga!

Kombucha telah dikonsumsi sejak lama oleh manusia. Minuman ini mengandung antioksidan dan mampu membunuh bakteri yang mengundang penyakit. Terlihat seperti teh biasa, namun kombucha memiliki manfaat yang lebih banyak. 

Kamu bisa membuat ini dengan mudah. Rasanya pun juga normal dan mudah dikonsumsi oleh siapapun. Berikut 5 manfaat teh kombucha yang baik untuk kesehatan.

1. Menghasilkan probiotik yang baik

5 Manfaat Teh Kombucha, Minuman Fermentasi yang Bisa Dibuat di Rumahilustrasi fermentasi kombucha (Pixabay.com/CookYourLIfe)

Dibuat dengan menambahkan bakteri, fungsi ini bisa diterima dari bakteri itu sendiri yang memiliki probiotik. Manfaat dari probiotik ini adalah memberi usus bakteri sehat yang bisa berdampak bagi kesehatan dalam banyak hal, termasuk pencernaan.

2. Mengandung antioksidan

5 Manfaat Teh Kombucha, Minuman Fermentasi yang Bisa Dibuat di Rumahilustrasi kombucha (Pixabay.com/TylerNix)

Adanya kandungan antioksidan dalam kombucha memberikan efek untuk mengurangi toksisitas hati. Zat dari antioksidan juga berguna untuk melawan molekul reaktif atau radikal bebas yang bisa merusak sel pada tubuh.

Baca Juga: 9 Teh Paling Favorit Asal Tiongkok dengan Rasa Unik, Ada Kombucha!

3. Dapat menurunkan diabetes

5 Manfaat Teh Kombucha, Minuman Fermentasi yang Bisa Dibuat di Rumahilustrasi gula (Pixabay.com/feelphotoz)

Diabetes diakibatkan oleh tubuh yang memiliki kadar gula darah tinggi. Namun dengan kombucha, saat mengonsumsi karbohidrat dengan lebih lambat, kadar gula darah akan menurun. Kombucha yang dibuat dengan teh hijau juga akan lebih bermanfaat karena teh hijau sendiri sudah punya manfaat menurunkan kadar gula darah.

4. Memiliki sifat antibakteri yang kuat

5 Manfaat Teh Kombucha, Minuman Fermentasi yang Bisa Dibuat di Rumahkombucha fermentasi (Unsplash.com/to_metz)

Asam astefat adalah zat yang dihasilkan kombucha saat dilakukan fermentasi. Zat ini mampu membunuh bakteri yang berbahaya, seperti bakteri penyebab infeksi atau jamur. Probiotik tidak akan terpengaruhi karena efek antibakteri yang berguna pada bakteri yang tidak baik.

5. Mencegah kanker

5 Manfaat Teh Kombucha, Minuman Fermentasi yang Bisa Dibuat di Rumahilustrasi sehat (Unsplash.com/zacdurant)

Kombucha membantu pencegahan penyebaran sel kanker karena adanya polifenol teh dan antioksidan yang tinggi. Hal ini bisa dilihat bahwa peminum teh hijau biasanya jarang ada perkembangan penyakit kanker. 

Mau coba di rumah gak? Punya banyak manfaat untuk tubuh kamu, lho.

Baca Juga: Siapa Doyan Teh Kombucha? Ini 5 Manfaat Sehatnya, Sumber Probiotik!

agatha dominique Photo Verified Writer agatha dominique

if you fell down yesterday, stand up today

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya