Comscore Tracker

Puasa Sudah Dekat, Lancarkan Hari Pertamamu Dengan 7 Tips Sahur Ini

Puasa sebentar lagi

Tidak terasa bulan Ramadan akan segera tiba. Bagi umat Muslim yang merayakan bulan suci Ramadan, tentunya sudah menjadi kewajiban untuk menjalankan puasa selama satu bulan penuh. Namun biasanya, ketika menjalankan hari pertama puasa orang-orang akan cenderung merasa lemas, mudah lapar maupun haus. Selain dikarenakan kondisi fisik yang belum terbiasa, hal tersebut bisa juga disebabkan oleh pola makan ataupun pemilihan menu yang salah saat sahur.

Nah, supaya puasa hari pertamamu lancar, berikut 7 tips sahur yang nantinya bisa kamu coba.

1. Perbanyak karbohidrat dan protein

Puasa Sudah Dekat, Lancarkan Hari Pertamamu Dengan 7 Tips Sahur Iniwashingtonpost.com

Usahakan untuk mengonsumsi banyak karbohidrat yang tinggi akan serat sehingga dapat dicerna oleh tubuh secara perlahan. Selain itu protein seperti daging, telur, kacang-kacangan dan ikan dapat memberimu cadangan makanan selama melakukan ibadah puasa. Sebisa mungkin hindari makanan instan karena makanan gizi yang terkandung di dalamnya sangat minim sehingga tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisimu selama puasa.

2. Hindari minuman berkafein

Puasa Sudah Dekat, Lancarkan Hari Pertamamu Dengan 7 Tips Sahur Inimedicalnewstoday.com

Minuman berkafein seperti teh atau kopi ternyata juga kurang baik untuk dikonsumsi saat sahur. Kafein dapat membuat tubuh memproduksi urine lebih banyak dari biasanya. Akibatnya kamu akan menjadi lebih sering pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil sehingga kamu akan cepat  dehidrasi karena banyaknya cairan tubuh yang dikeluarkan melalui urine. Daripada meminum teh atau kopi saat sahur, kamu bisa menggantinya dengan air putih hangat ataupun jus buah segar.

3. Hindari memakan gorengan saat sahur

Puasa Sudah Dekat, Lancarkan Hari Pertamamu Dengan 7 Tips Sahur Initawanrestaurant.com

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti menyukai gorengan, apalagi jika dimakan dengan cabai rawit ataupun nasi hangat dan sambal. Tapi ternyata gorengan juga kurang sesuai untuk disantap saat sahur, lho. Gorengan atau makanan apapun yang digoreng bisa mengurangi ikatan oksigen dalam tubuh hingga 20 persen. Sehingga mengonsumsi gorengan pada saat sahur dapat menyebabkan kantuk seharian dan membuatmu menjadi tidak bersemangat dalam beraktivitas.

Baca Juga: 5 Hidangan Penggugah Selera yang Bisa Kamu Santap saat Sahur

4. Memakan kurma

Puasa Sudah Dekat, Lancarkan Hari Pertamamu Dengan 7 Tips Sahur Inimuslimobsession.com

Bukan hanya baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa, kurma juga baik untuk dimakan saat sahur. Selain mengandung banyak serat, kurma juga mengandung glukosa yang berfungsi untuk menaikkan kadar gula dalam darah serta fruktosa dan sukrosa yang menjaga agar kadar gula darah tersebut tetap stabil. Mengonsumsi dua atau tiga butir kurma saat sahur bisa membantumu untuk mencukupi kebutuhan serat harianmu.

5. Makan dengan sewajarnya

Puasa Sudah Dekat, Lancarkan Hari Pertamamu Dengan 7 Tips Sahur Iniwtop.com

Saat sahur, makanlah dengan porsi sewajarnya. Jangan karena hanya akan menjalankan ibadah puasa, kamu menambah porsi makanmu atau justru makan dengan porsi berlebihan. Porsi makan yang berlebihan pada saat sahur bisa membuatmu menjadi mudah mengantuk karena terlalu banyak makan. Kamu juga tidak perlu makan dan mengunyah dengan terburu-buru. Makan dengan terburu-buru hanya akan membuat perutmu menjadi cepat kosong dan kamu pun menjadi lebih mudah lapar.

6. Perbanyak minum air putih

Puasa Sudah Dekat, Lancarkan Hari Pertamamu Dengan 7 Tips Sahur Iniallure.com

Sekitar 50-70 persen tubuh manusia terdiri dari atas komponen utama berupa air. Dengan memperbanyak minum air putih saat sahur, kamu bisa mengurangi risiko dehidrasi. Selain itu meminum air putih juga berfungsi untuk menyeimbangkan kadar air yang ada dalam tubuhmu selama berpuasa.

7. Langsung tidur setelah selesai makan

Puasa Sudah Dekat, Lancarkan Hari Pertamamu Dengan 7 Tips Sahur Inichoosemattress.co.uk

Langsung tidur setelah sahur bisa membuatmu lemas dan tidak bertenaga. Pada kondisi yang lebih buruk, kebiasaan langsung tidur setelah sahur juga bisa menimbulkan macam-macam penyakit seperti naiknya asam lambung atau peningkatan risiko obesitas karena penimbunan lemak tubuh. Jika kamu tidur, makanan yang baru saja kamu makan saat sahur tidak bisa langsung dicerna oleh lambung. Karena itu dibandingkan dengan tidur, alangkah baiknya kamu melakukan kegiatan ringan seperti mencuci piring, berjalan-jalan atau menyapu.

Itulah 7 tips yang bisa kamu coba dalam melaksanakan sahur nanti. Selain itu penting juga untuk menjaga kesehatan agar kondisi tubuhmu tetap fit selama melaksanakan ibadah puasa. Selamat mencoba!

Baca Juga: Enak Sih, tapi 10 Makanan Ini Jadi Pantangan Penderita Maag Saat Sahur

Dwi Kurniawati Lestari Photo Community Writer Dwi Kurniawati Lestari

Just a little girl who loves drawing, writing and reading a bit too much. Sometimes spends all day long to think and wondering about 'what should I write today'.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You