Comscore Tracker

5 Alasan Penting Ibu Hamil Memerlukan Suplemen atau Vitamin

Untuk mencegah berbagai risiko komplikasi kehamilan 

Konsumsi suplemen atau vitamin memang kerap kali menjadi cara yang mudah untuk mengisi kekurangan nutrisi dalam tubuh. Terlebih, untuk ibu hamil yang membutuhkan asupan nutrisi lebih banyak daripada biasanya.

Namun, konsumsi produk nutrisi tambahan seperti suplemen atau vitamin juga tidak terlalu direkomendasikan untuk ibu hamil. Bahkan, beberapa jenis suplemen atau vitamin harus dihindari karena dapat membahayakan kehamilan.

Pada beberapa penelitian, juga menunjukkan bahwa konsumsi suplemen atau vitamin tidak terlalu memberi manfaat pada kehamilan, kecuali pada beberapa kondisi tertentu yang direkomendasikan dokter. Nah, apa saja alasan penting ibu hamil perlu mengonsumsi suplemen atau vitamin? Dilansir Healthline, berikut ulasannya.

1. Terhindar dari potensi kekurangan nutrisi

5 Alasan Penting Ibu Hamil Memerlukan Suplemen atau Vitaminilustrasi ibu hamil memegang apel (pexels.com/SHVETS production)

Selama masa kehamilan, kebutuhan nutrisi bisa meningkat secara signifikan dari kebutuhan harian normal. Ini dikarenakan ibu hamil harus memenuhi kebutuhan nutrisi untuk dirinya sendiri dan juga bayi yang sedang tumbuh dalam kandungan.

Beberapa orang mungkin bisa memenuhi kebutuhan nutrisi melalui diet alami dengan mengonsumsi makanan padat nutrisi, seperti sayur atau buah-buahan. Sementara beberapa orang lain, mungkin membutuhkan suplemen atau vitamin tambahan.

Jika tidak segera diatasi, kekurangan nutrisi pada ibu hamil dapat berdampak pada kesehatan bayi. Sebagai contoh, kurangnya asupan asam folat telah dikaitkan dengan cacat lahir, seperti spina bifida atau cacat tabung syaraf.

American College of Obstetricians and Gynecologist (ACOG) merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi asam folat untuk mengisi kesenjangan nutrisi. Dilansir Irish Times, meski asam folat dapat diperoleh dari konsumsi teratur sayuran berdaun hijau, tetapi sulit untuk mendapatkan jumlah folat yang direkomendasikan untuk kehamilan dari makanan saja. Oleh karena itu, suplemen tambahan diperlukan.

2. Sangat membantu bagi ibu hamil yang menjalani diet vegan

5 Alasan Penting Ibu Hamil Memerlukan Suplemen atau Vitaminilustrasi orang memegang keranjang buah (pexels.com/Amina Filkins)

Diet vegan adalah jenis diet yang mengecualikan semua makanan dari produk hewani dan menekankan pada produk nabati, seperti sayur dan kacang-kacangan. Meski diet ini diketahui dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung, tetapi bisa sangat berbahaya bagi ibu hamil dan bayinya.

Diet vegan dapat meningkatkan risiko kekurangan nutrisi seperti vitamin B12, lemak omega-3, protein, zat besi, yodium, kalsium, dan seng, yang semuanya sangat dibutuhkan selama masa kehamilan. Oleh karena itu, pola diet yang terencana dengan baik dengan penambahan nutrisi melalui suplemen atau vitamin biasanya direkomendasikan.

Baca Juga: 9 Cara Menjaga Kehamilan Sehat, Mengurangi Risiko Keguguran

3. Mencegah komplikasi kehamilan hiperemesis gravidarum

5 Alasan Penting Ibu Hamil Memerlukan Suplemen atau Vitaminilustrasi ibu hamil (freepik.com/user15285612)

Hiperemesis gravidarum adalah suatu kondisi yang menyebabkan ibu hamil mengalami mual dan muntah yang ekstrem dan terus-menerus. Bahkan muntah bisa terjadi lebih dari tiga hingga empat kali dalam sehari yang bisa menyebabkan pusing, dehidrasi, penurunan berat badan, dan kekurangan vitamin dan mineral. Namun, ini berbeda dengan ‘morning sickness’ yang merupakan mual dan muntah dengan gejala ringan.

Dalam kondisi seperti ini, ibu hamil biasanya disarankan untuk mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk mencegah kekurangan nutrisi.

4. Mengurangi risiko pada kasus kehamilan kembar

5 Alasan Penting Ibu Hamil Memerlukan Suplemen atau Vitaminilustrasi bayi kembar (pexels.com/Edwin Ariel Valladares)

Memiliki kehamilan kembar memang sangat menyenangkan, tetapi juga harus ekstra dalam memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisinya. Tentu saja, hamil dengan dua bayi atau lebih akan membutuhkan nutrisi lebih banyak dibandingkan dengan hamil dengan satu bayi.

Apalagi, pada kehamilan kembar juga dapat meningkatkan komplikasi seperti anemia dan cacat lahir. Dalam hal ini, konsumsi suplemen kehamilan untuk meningkatkan asupan nutrisi mungkin akan disarankan oleh dokter atau ahli kesehatan.

5. Mencegah potensi kekurangan folat bagi ibu hamil

5 Alasan Penting Ibu Hamil Memerlukan Suplemen atau Vitaminilustrasi suplemen ibu hamil (freepik.com/onlyyouqj)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, folat memiliki peran penting bagi ibu hamil. Nah, untuk mendapatkan asupan folat, tubuh membutuhkan gen yang disebut Methyltetrahydrofolate (MTHFR) untuk memproses folat menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh tubuh.

Ketika gen tersebut mengalami mutasi, folat tidak bisa dipecah. Sehingga asupan folat dalam tubuh pun bisa berkurang. Sementara itu, menurut keterangan laman Healthline, ibu hamil dengan mutasi gen MTHFR, mungkin memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami keguguran, preeklamsia, atau mengalami cacat lahir seperti spina bifida.

Oleh karena itu, ibu hamil dengan mutasi gen MTHFR mungkin memerlukan folat dalam bentuk lain selain dari folat alami yang berasal dari makanan. Misalnya jenis folat yang terdapat dalam suplemen makanan.

Jadi, itulah beberapa pertimbangan penting kenapa ibu hamil harus mengambil suplemen atau vitamin tambahan untuk memenuhi nutrisi kehamilan. Usahakan selalu konsultaskan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen  atau vitamin apapun, ya! Karena tidak semua nutrisi tambahan tersebut baik untuk kehamilan.

Baca Juga: 5 Cara Unik Sampaikan Kehamilan pada Suami, Surprise!

Dwi wahyu intani Photo Verified Writer Dwi wahyu intani

@intanio99

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya