Comscore Tracker

6 Makanan yang Mampu Menurunkan Kadar Gula Darah

Rekomendasi makanan untuk sang penderita kadar gula

Bagi pengidap diabetes, mengenali makanan apa saja yang akan mereka konsumsi itu sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mereka. Karena bagi pengidap gangguan kesehatan diabetes ini, mengatur pola makan menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga kadar gula darah mereka.

Mengetahui nutrisi dan kandungan yang ada di setiap makanan yang dikonsumsi wajib dilakukan oleh para penderita diabetes. Berikut beberapa makanan yang bisa menjaga kadar gula darah agar tetap terkontrol.

1. Makanan laut

6 Makanan yang Mampu Menurunkan Kadar Gula Darahilustrasi makanan laut (pexels.com/Elle Hughes)

Dikutip Healthline, makanan laut, termasuk ikan dan kerang, menawarkan sumber protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan berharga yang dapat membantu mengatur kadar gula darah.

Selain sangat penting untuk mengontrol kadar gula darah, protein juga bisa membantu memperlambat pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah setelah makan serta meningkatkan perasaan kenyang. Maka dari itu protein efektif untuk membantu mencegah makan berlebihan.

2. Brokoli

6 Makanan yang Mampu Menurunkan Kadar Gula Darahilustrasi brokoli (pexels.com/Önder Örtel)

Dilansir Healthline, brokoli mempunyai sulforaphane, yaitu jenis isothiocyanate yang memiliki sifat penurun gula darah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak brokoli yang kaya sulforaphane memiliki efek antidiabetes yang kuat, membantu meningkatkan sensitivitas insulin, dan mengurangi gula darah serta penanda stres oksidatif.

Baca Juga: 5 Perubahan Kecil untuk Mencegah Diabetes, yuk Segera Praktikkan!

3. Labu

6 Makanan yang Mampu Menurunkan Kadar Gula Darahilustrasi labu (pexels.com/Mahmood Zaraei)

Miliki kandungan serat dan antioksidan yang tinggi, labu adalah pilihan makanan yang baik untuk penderita penyakit diabetes. Selain itu, labu juga telah menjadi obat tradisional diabetes dibanyak negara, seperti Iran dan Meksiko.

Dilansir Healthline, labu kaya akan karbohidrat yang disebut polisakarida. Kandungan tersebut telah dipelajari potensinya dalam mengatur gula darah.

4. Roti gandum

6 Makanan yang Mampu Menurunkan Kadar Gula Darahilustrasi irisan roti gandum (pexels.com/hermaion)

Roti gandum merupakan salah satu roti yang memiliki kandungan indeks glikemik dan kandungan karbohidrat lebih rendah dari pada roti yang lainnya.

Jadi, karena kandungan yang ada di dalamnya, roti gandum ini bisa membantu memperlambat pencernaan dan bisa membantu mengontrol kadar gula darah.

5. Kacang-kacangan

6 Makanan yang Mampu Menurunkan Kadar Gula Darahilustrasi kacang-kacangan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan yang kaya akan serat. Selain itu, kacang-kacangan juga mempunyai protein nabati tingkat tinggi, asam lemak tak jenuh, vitamin, flavonoid, magnesium, dan kalium.

Tetapi, jika kamu ingin mendapatkan manfaatnya, maka pilihlah kacang-kacangan utuh yang belum banyak diolah, ya!

6. Beri

6 Makanan yang Mampu Menurunkan Kadar Gula Darahilustrasi beragam beri (pexels.com/Suzy Hazelwood)

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi beri bisa membantu mengontrol kadar gula darah yang ada pada tubuh. Dilansir Healthline, beri sarat dengan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Jadi, beri adalah pilihan yang sangat baik untuk orang-orang dengan masalah manajemen gula darah.

Itulah beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Tetapi, jika ingin mengonsumsinya dalam kadar yang cukup banyak, lebih baik konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, ya! Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Fakta Demam Kucing, Penderita Diabetes Harus Waspada

Dyah Sekar A Photo Verified Writer Dyah Sekar A

Nothing special about me ☀️☀️ dyahsekararuni@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya