Comscore Tracker

6 Makanan yang Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sebagian besar mudah ditemui sehari-hari

Darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa diremehkan. Mungkin, pengidap hipertensi tidak akan merasakan gejala apa-apa jika masih ringan. Namun, gejala biasanya akan muncul jika sudah parah.

Jika tidak segera diatasi, hipertensi berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih serius. Nah, untuk meminimalisir hal tersebut terjadi, menjaga pola makan dan melakukan pola hidup sehat bisa jadi salah satu solusi.

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Simak, yuk, ulasannya!

1. Salmon atau ikan berlemak lainnya

6 Makanan yang Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggiilustrasi memotong daging salmon (pexels.com/Huy Phan)

Salmon atau ikan berlemak lainnya adalah sumber lemak omega 3 sangat baik, yang mempunyai manfaat untuk kesehatan jantung yang signifikan.

Dilansir Healthline, lemak ikan bisa membantu mengurangi tingkat tekanan darah dengan mengurangi peradangan dan menurunkan kadar senyawa penyekat pembuluh darah yang disebut oxylipins. Sehingga jika kita memenuhi asupan omega 3, maka akan membantu menurunkan hipertensi atau darah tinggi.

2. Beri

6 Makanan yang Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggiilustrasi beragam beri (pexels.com/Suzy Hazelwood)

Dikutip Healthline, buah beri adalah sumber antioksidan yang kaya, termasuk anthocyanin, yang merupakan pigmen yang memberi warna cerah pada buah beri. Sehingga beri dikaitkan dengan berbagai macam kesehatan, seperti bisa berpotensi menurunkan faktor resiko penyakit jantung seperti darah tinggi.

Buah ceri juga termasuk buah yang mudah untuk dikombinasikan dengan berbagai makanan atau minuman. Jadi nggak ada alasan untuk tidak dicoba, ya!

Baca Juga: 6 Komplikasi yang Mengintai jika Hipertensi Tidak Terkontrol 

3. Semangka

6 Makanan yang Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggiilustrasi irisan semangka (pexels.com/Any Lane)

Dikutip dari MedicalNewsToday, semangka mengandung asam amino yang disebut citrulline, yang dapat membantu mengelola tekanan darah tinggi.

Citrulline membantu tubuh untuk memproduksi oksida nitrat, gas yang melemaskan pembuluh darah dan mendorong fleksibilitas di arteri. Efek ini membantu aliran darah, yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Biji labu

6 Makanan yang Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggiilustrasi biji labu (pexels.com/Engin Akyurt)

Biji labu mengandung magnesium, kalium, dan arginin, asam amino yang dibutuhkan untuk produksi oksida nitrat, yang penting untuk relaksasi pembuluh darah dan pengurangan tekanan darah.

Sehingga biji buah labu adalah sumber nutrisi yang penting untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Minyak biji buah labu juga telah terbukti menjadi obat alami untuk tekanan darah tinggi.

5. Wortel

6 Makanan yang Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggiilustrasi wortel (pexels.com/Suzy Hazelwood)

Sering dianggap bagus untuk kesehatan mata, ternyata wortel bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi juga, loh.

Dikutip dari Healthline, wortel kaya akan senyawa fenolik, seperti asam klorogenat, p -coumaric, dan caffeic, yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan , yang dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. 

6. Tomat

6 Makanan yang Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggiilustrasi tomat merah (pexels.com/Pixabay)

Tomat mempunyai banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti potasium dan pigmen karotenoid likopen .

Likopen ini sudah signifikan dikaitkan dengan efek menguntungkan pada kesehatan jantung, dan makan makanan tinggi nutrisi seperti tomat. Sehingga tomat dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

Nah, itulah beberapa makanan yang baik untuk penderita hipertensi. Jadi jika kamu termasuk orang yang mengidap hipertensi mungkin makanan tadi bisa kamu coba. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Jeruk Darah bagi Kesehatan, Jarang Ada yang Tahu!

Dyah Sekar A Photo Verified Writer Dyah Sekar A

Nothing special about me ☀️☀️ dyahsekararuni@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya