Comscore Tracker

7 Cara Mencerahkan Punggung Kaki yang Gelap akibat Sengatan Matahari

Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal

Saat beraktivitas di luar ruangan, kebanyakan orang lebih suka memakai sandal jepit sebagai alas kaki. Ya, sandal jepit memang menawarkan banyak kelebihan, seperti nyaman dan praktis. Sayangnya, terbiasa mengenakan sandal jepit saat beraktivitas di luar menyebabkan punggung kaki menjadi gelap akibat sengatan sinar matahari.

Untungnya, punggung kaki yang terlanjur menggelap ini dapat diatasi dengan cukup mudah. Meskipun caranya terbilang mudah, tetapi sangat efektif dalam membuat kaki kembali bersih dan cerah.

Langsung saja, mari kita lihat cara mencerahkan punggung kaki yang gelap akibat sengatan matahari.

1. Eksfoliasi

7 Cara Mencerahkan Punggung Kaki yang Gelap akibat Sengatan Matahariilustrasi eksfoliator alami (unsplash.com/SUN STUDIO CREATIVE)

Menurut laman Medical News Today, eksfoliasi dapat membantu mencerahkan punggung kaki yang gelap dengan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati berpigmen dari lapisan luar kulit. Secara umum, eksfoliasi terbagi menjadi dua jenis utama, yaitu kimia dan fisik: 

  • Eksfoliasi kimia melibatkan penggunaan bahan kimia yang bersifat melarutkan sel kulit mati, seperti asam alfa dan beta hidroksi.
  • Eksfoliasi fisik menggunakan material yang kasar untuk mengangkat sel kulit mati.

Bagi kebanyakan orang dengan kulit kering dan sensitif, eksfoliasi kimia terasa lebih nyaman dan bekerja paling baik. Sementara itu, bagi pemilik kulit yang lebih tebal dan berminyak, eksfoliasi fisik atau bahan kimia yang lebih kuat bekerja lebih baik.

2. Produk pencerah kulit

7 Cara Mencerahkan Punggung Kaki yang Gelap akibat Sengatan Matahariilustrasi mengenakan body lotion dengan pencerah (pexels.com/Sora Shimazaki)

American Academy of Dermatology Association merekomendasikan beberapa bahan sebagai pencerah kulit. Produk pencerah kulit terbukti efektif memudarkan area kulit yang lebih gelap dengan beberapa aplikasi berulang.

Beberapa bahan pencerah terbaik, di antaranya:

  • Asam azelaic.
  • Asam glikolat.
  • Retinoid.
  • Vitamin C.
  • Asam kojic.

3. Tomat

7 Cara Mencerahkan Punggung Kaki yang Gelap akibat Sengatan Matahariilustrasi tomat (unsplash.com/Waldemar Brandt)

Tomat mengandung likopen, yang berfungsi sebagai tabir surya alami untuk kulit. Dilansir Popxo, jenis antioksidan ini ampuh melawan kerusakan sel dan kemerahan pada kulit sehingga sangat baik untuk mencerahkan kulit. 

Berikut cara menggunakan tomat untuk mencerahkan punggung kaki:

  • Ambil tomat segar secukupnya.
  • Hancurkan dan pisahkan ampasnya.
  • Oleskan jus pada punggung kaki.
  • Diamkan selama sekitar 15 menit sampai mengering, kemudian bilas.
  • Lakukan dua kali seminggu.

Baca Juga: 15 Penyebab Kaus Kaki Meninggalkan Bekas, Cek Kakimu!

4. Jus lemon dan madu

7 Cara Mencerahkan Punggung Kaki yang Gelap akibat Sengatan Matahariilustrasi lemon (pixabay.com/stevepb)

Dijelaskan laman Skin Kraft, jus lemon telah lama digunakan untuk mencerahkan kulit yang gelap, sementara madu menjaga kulit tetap lembut dan kenyal. 

Cara penggunaannya:

  1. Campur satu sendok makan jus lemon dan madu.
  2. Oleskan ke kulit secara merata.
  3. Diamkan selama setengah jam, lalu bilas hingga bersih.

Perlu diingat, jus lemon tidak boleh dioleskan ke kulit dalam bentuk murni dan harus dibilas hingga bersih setelahnya. Kamu juga tidak boleh keluar rumah saat menggunakan masker jus lemon karena ini dapat menyebabkan iritasi kulit. Jika terjadi iritasi, segera hentikan penggunaan.

5. Kunyit

7 Cara Mencerahkan Punggung Kaki yang Gelap akibat Sengatan Matahariilustrasi kunyit (pixabay.com/stevepb)

Kunyit memiliki senyawa aktif yang disebut kurkumin. Menurut studi dalam Advances in Experimental Medicine and Biology tahun 2007, kurkumin memiliki sifat antioksidan yang dapat menurunkan produksi melanin dan mengontrol penggelapan kulit.

Kamu bisa mendapatkan manfaat ini dengan menggunakan kunyit secara topikal (dioleskan) ke kulit atau mengonsumsinya secara oral dalam bentuk susu kunyit. Minum susu kunyit setiap hari dapat memperbaiki kulit dan kesehatan secara umum.

6. Pepaya dan madu

7 Cara Mencerahkan Punggung Kaki yang Gelap akibat Sengatan Matahariilustrasi buah pepaya (pexels.com/Any Lane)

Menggunakan pepaya dan madu sebagai masker memiliki banyak manfaat, termasuk mencerahkan kulit yang menggelap. Manfaat ini didapatkan karena pepaya mengandung enzim papain, yang dikenal mampu mencerahkan kulit sementara madu membantu menjaga kulit tetap kenyal. Kombinasi keduanya akan menghasilkan kulit yang bercahaya dan halus.

Untuk menggunakannya:

  1. Siapkan pepaya secukupnya dan cincang halus.
  2. Gosokkan ke punggung kaki.
  3. Diamkan selama sekitar 20 menit, lalu bilas bersih.

7. Kentang

7 Cara Mencerahkan Punggung Kaki yang Gelap akibat Sengatan Matahariilustrasi kentang (pexels.com/Nova Indah)

Selain menjadi sumber karbohidrat yang menyehatkan, kentang juga baik untuk kulit. Bahkan, kentang adalah bahan alami tercepat dan paling efektif untuk mencerahkan kulit. 

Untuk menggunakannya:

  1. Ambil satu butir kentang berukuran sedang lalu haluskan dengan menggunakan mixer.
  2. Tambahkan satu sendok makan jus lemon.
  3. Oleskan campuran ke kulit secara merata.
  4. Diamkan setengah jam, lalu bilas.

Perlu waktu 1–4 minggu untuk menghilangkan warna gelap pada kulit, tergantung pada tingkat keparahan. Untuk mencegah kulit kembali menggelap di masa depan, oleskan tabir surya sebelum keluar dan aplikasikan kembali setiap dua jam. Juga, gunakan alas kaki yang mampu menutup kaki sepenuhnya.

Baca Juga: 7 Manfaat Masker Pepaya untuk Kulit, Bikin Glowing Maksimal

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya