Comscore Tracker

7 Dampak Buruk Membawa HP ke Kamar Mandi, Bahayakan Kesehatan!

Bisa memicu berbagai masalah kesehatan

Banyak orang tidak bisa lepas dari HP. Mereka membawa HP ke mana pun dan kapan pun, bahkan hingga ke kamar mandi. Misalnya, saat sedang buang air besar, banyak orang sengaja membawa HP yang digunakan untuk scrolling media sosial, membaca pesan singkat, menonton video YouTube, dan sebagainya. Namun, apakah kebiasaan membawa HP ke kamar mandi dapat dibenarkan?

Sebenarnya, membawa HP ke kamar mandi, apa pun alasannya, bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Alasan sederhananya, kamar mandi adalah tempat yang sangat kotor dan membawa HP ke kamar mandi sama dengan mengekspos HP ke berbagai bakteri berbahaya, seperti Salmonella, E. Coli, dan C. Difficile.

Masih ada banyak bahaya lainnya dari kebiasaan membawa HP ke kamar mandi. Kali ini, kita akan mempelajari lebih dalam apa saja bahaya membawa HP ke kamar mandi.

1. Infeksi saluran kemih

7 Dampak Buruk Membawa HP ke Kamar Mandi, Bahayakan Kesehatan!ilustrasi infeksi saluran kemih atau ISK (freepik.com/wayhomestudio)

Kuman ada di setiap sudut toilet, seperti tempat duduk, gagang, wastafel, dan keran toilet. Dilansir Inquirer, kuman yang banyak terdapat di kamar mandi, seperti E. coli dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan penyakit usus, lalu C. difficile dapat menyebabkan diare, dan Acinetobacter dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan yang menular.

Jika kamu membawa HP ke toilet, kemungkinan besar HP akan terpapar kuman-kuman ini. Lalu, saat kamu membawa HP yang penuh kuman ini ke meja makan, kuman ini dapat masuk ke tubuh dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya infeksi saluran kemih.

2. Wasir

7 Dampak Buruk Membawa HP ke Kamar Mandi, Bahayakan Kesehatan!ilustrasi wasir (pixabay.com/Darko Djurin)

Membawa HP saat buang air besar akan membuat kamu terlalu asyik dengan HP dan kemudian duduk terlalu lama. Dilansir Healthline, duduk terlalu lama kemudian dapat meningkatkan risiko wasir.

Wasir ialah kumpulan pembuluh darah yang ada di dalam dan di luar anus. Setiap orang memiliki wasir. Nah, duduk di toilet untuk waktu yang lama dan terlalu sering dapat menyebabkan wasir membengkak dengan darah, menyebabkan gejala, seperti nyeri, bengkak, atau berdarah.

3. Otak jadi tidak dapat beristirahat

7 Dampak Buruk Membawa HP ke Kamar Mandi, Bahayakan Kesehatan!ilustrasi dampak buruk membawa HP ke kamar mandi (pexels.com/RODNAE Productions)

Sering kali, kamar mandi menjadi satu-satunya tempat untuk melarikan diri dan membebaskan otak dari segala jenis aktivitas. Dengan membawa HP ke kamar mandi, kemungkinan besar kamu akan menggunakannya untuk membalas pesan singkat, scrolling media sosial, membaca email, bahkan menyelesaikan pekerjaan. Yang artinya, kamu tidak membiarkan otak untuk beristirahat.

Dilansir Thrillist, otak perlu beristirahat dari segala jenis gangguan dan teknologi untuk kejernihan mental. Jika kamu tidak pernah membiarkan otak rileks dan bebas dari gangguan, akan sulit bagimu untuk memecahkan masalah kreatif yang lebih dalam dan penting. 

Baca Juga: 5 Fakta Penuaan Otak, Bisakah Dihindari?

4. Menyebarkan kuman dari kamar mandi ke berbagai tempat

7 Dampak Buruk Membawa HP ke Kamar Mandi, Bahayakan Kesehatan!ilustrasi bakteri (pixabay.com/geralt)

Seluruh bagian kamar mandi tertutup oleh patogen menjijikkan yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti E. coli dan Acinetobacter. Saat kamu menaruh HP di kamar mandi, maka patogen-patogen ini dapat berpindah ke HP.

Lalu, saat kamu membawa HP ini keluar dari kamar mandi dan menaruhnya di tempat lain, artinya kamu memindahkan bakteri ini dari HP ke permukaan lain yang bersentuhan dengan HP. Bakteri ini kemudian dapat dengan mudah berpindah ke kamu atau orang lain yang menyentuh HP atau permukaan yang telah terkontaminasi kuman tersebut.

5. Membuat cuci tangan jadi sia-sia

7 Dampak Buruk Membawa HP ke Kamar Mandi, Bahayakan Kesehatan!ilustrasi mencuci tangan (pexels.com/Burst)

Banyak orang sadar akan pentingnya mencuci tangan setelah menggunakan toilet. Namun, membawa HP ke toilet membuat cuci tangan menjadi sia-sia dan tidak berharga.

Saat kamu membawa HP ke toilet, kamu mengeksposnya ke banyak kuman dan bakteri, seperti Salmonella. Dilansir Times of India, saat kamu mencuci tangan, kemudian memegang HP, maka cuci tanganmu menjadi sia-sia. Ini karena kotoran dan bakteri yang ada di kamar mandi menempel di HP, lalu saat memegang HP, kotoran dan bakteri ini berpindah ke tangan.

6. Menyebabkan stres

7 Dampak Buruk Membawa HP ke Kamar Mandi, Bahayakan Kesehatan!ilustrasi dampak buruk membawa HP ke kamar mandi (pexels.com/Miriam Alonso)

Otak perlu beristirahat dari menerima informasi. Dan, toilet umumnya menjadi satu-satunya tempat yang bebas dari segala jenis gangguan, seperti informasi dan teknologi. 

Dijelaskan laman Health Shots, dengan membawa HP, kamu kehilangan kesempatan berharga untuk beristirahat. Membawa HP kemungkinan akan membuat kamu terus mengonsumsi informasi, baik dari media sosial atau internet, yang kemudian akan menyebabkan kamu stres.

7. Sembelit

7 Dampak Buruk Membawa HP ke Kamar Mandi, Bahayakan Kesehatan!ilustrasi sembelit (freepik.com/gpointstudio)

Dilansir Rooster, menggunakan HP di toilet terbukti dapat mengacaukan respons tubuh terhadap waktu toilet. Kamu seharusnya tidak duduk di toilet selama lebih dari 10 menit. Duduk di toilet selama lebih dari 10 menit akan membuat tubuh menjadi bingung tentang apa yang seharusnya dilakukan dan mengacaukan proses buang air besar tubuh. Ini kemudian dapat menyebabkan masalah medis lainnya di kemudian hari.

Duduk terlalu lama juga dapat menyebabkan sembelit karena tubuh terbiasa bekerja dengan jangka waktu yang sangat lama dan tidak wajar di kamar mandi. Jika selama ini kamu memiliki masalah sembelit, cek kembali bagaimana kebiasaanmu menggunakan kamar mandi.

Semoga, semua informasi ini sudah cukup menjadi alasan untuk meninggalkan kebiasaan membawa HP ke kamar mandi.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi BAB Keras agar Bebas Sembelit

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya