Comscore Tracker

7 Kebiasaan Buruk di Malam Hari yang Mengganggu Kesehatan

Hayo, kamu sering gini, gak?

Malam hari adalah waktu yang sebaiknya digunakan untuk relaks dan beristirahat. Kendati demikian, pada kenyataannya banyak orang yang masih melakukan aktivitas lain di malam hari.

Apa yang kita lakukan di malam hari sangat memengaruhi kesehatan, bisa baik dan buruk. Berikut ini akan dibahas beberapa aktivitas di malam hari yang bisa memicu masalah kesehatan, segera hentikan kebiasaan buruk ini, ya!

1. Makan terlalu dekat dengan waktu tidur

7 Kebiasaan Buruk di Malam Hari yang Mengganggu Kesehatanilustrasi makan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jarak makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur, baik itu makan besar atau ngemil, bisa meningkatkan asupan kalori dan menyebabkan penambahan berat badan

Sebuah studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition  tahun 2017 menunjukkan bahwa makan saat tubuh sedang mengalami kenaikan kadar melatonin dapat menyebabkan peningkatan lemak tubuh. Kadar melatonin sendiri meningkat saat hari sudah petang.

Saat siang hari, tubuh berfungsi paling baik dan paling aktif. Sebaliknya, pada malam hari tubuh tidak memetabolisme makanan seefisien seperti pada siang hari. Karenanya, ada baiknya untuk makan makanan terakhir antara tiga sampai empat jam sebelum tidur guna menghindari penambahan berat badan yang tidak diinginkan.

2. Menonton TV

7 Kebiasaan Buruk di Malam Hari yang Mengganggu Kesehatanilustrasi menonton TV (pexels.com/KoolShooters)

Menonton TV atau film di laptop bisa bikin ketagihan. Kalau kamu melakukan aktivitas ini pada malam hari atau pada jam-jam tidur, baiknya evaluasi diri dan hentikan kebiasaan ini. Pasalnya, menatap layar bisa membuatmu cenderung makan tanpa menyadari apa dan berapa banyak yang kamu makan, menurut penelitian dalam jurnal Obesity tahun 2016.

Oleh karena itu, tetapkan jadwal tidur yang sama setiap harinya. Hindari TV, laptop, atau layar HP, dan matikan lampu pada waktu tertentu setiap malam untuk membuat jadwal tidur yang teratur.

3. Berolahraga dengan keras tepat sebelum tidur

7 Kebiasaan Buruk di Malam Hari yang Mengganggu Kesehatanilustrasi berolahraga (pexels.com/Li Sun)

Berolahraga selama 20 hingga 30 menit setiap harinya sangat baik untuk menjaga kesehatan, termasuk membantu untuk tidur nyenyak setiap malam. Akan tetapi, olahraga saat sebelum tidur adalah ide yang buruk. Sebab, ini bisa menyebabkan energi naik, padahal tingkat energi seharusnya turun sebelum tidur. Akibatnya, kamu bisa sulit tidur.

Ditambah, penelitian dalam American Journal of Lifestyle Medicine tahun 2014 menunjukkan bahwa latihan sebelum tidur dapat meningkatkan suhu tubuh, detak jantung, dan tekanan darah.

Jadi, jangan pergi tidur dengan tubuh berkeringat karena berolahraga. Jika kamu tidak bisa menemukan waktu olahraga pada pagi hingga sore hari, setidaknya kamu bisa berolahraga beberapa jam sebelum tidur, bukan terlalu dekat dengan waktu tidur.

Baca Juga: Jangan Dibiarkan, Ini 5 Tanda Kamu Mengalami Kecanduan Olahraga

4. Menggunakan smartphone

7 Kebiasaan Buruk di Malam Hari yang Mengganggu Kesehatanilustrasi bermain HP (pexels.com/RODNAE Production)

Menggunakan smartphone pada malam hari bisa menyebabkan kamu kesulitan tidur. Satu studi dalam jurnal PIERS Online tahun 2007 menemukan adanya radiasi dalam jumlah kecil yang keluar dari smartphone yang dapat secara serius mengganggu tidur.

Lebih lanjut, para peneliti menemukan bahwa pengguna smartphone di malam hari melaporkan mengalami lebih banyak sakit kepala, lebih sulit tidur, dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai tidur nyenyak dan berkualitas.

Jadi, yang terbaik adalah menghindari smartphone secara total di malam hari. Akhiri semua aktivitas yang membutuhkan penggunaan perangkat elektronik yang satu ini setidaknya satu jam sebelum tidur.

5. Minum minuman beralkohol

7 Kebiasaan Buruk di Malam Hari yang Mengganggu Kesehatanilustrasi minuman beralkohol (pexels.com/Inga Seliverstova)

Minuman beralkohol memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Ini semakin diperparah jika diminum pada malam hari. Alkohol mencegah kamu dari tidur nyenyak di malam hari.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Alcohol and Alcoholism tahun 2012 mencatat bahwa minum alkohol dalam kadar rendah memiliki dampak yang cukup besar pada jumlah waktu yang dihabiskan untuk tidur, terutama selama paruh kedua malam.

Selain itu, konsumsi alkohol juga memicu masalah kesulitan bernapas yang meningkatkan risiko sleep apnea. Jadi, cobalah untuk menghindari minuman beralkohol sebelum tidur.

6. Tidur dalam keadaan lapar

7 Kebiasaan Buruk di Malam Hari yang Mengganggu Kesehatanilustrasi tidur (pexels.com/Ivan Oboleninov)

Kalau kamu merasa lapar pada malam hari, makanlah. Sebab, kalau tidak makan saat lapar malah bisa bikin kamu makan berlebihan di lain waktu. Ditambah, tidak makan sebetulnya bisa memperlambat metabolisme dari waktu ke waktu, dilansir Prevention.

Jika tubuh kekurangan makanan, tubuh akan mulai menghemat energi dan lemak untuk kelangsungan hidup. Kelaparan adalah isyarat bahwa gula darah semakin rendah dan tubuh membutuhkan makanan untuk memenuhi nutrisi.

7. Tidur terlalu malam

7 Kebiasaan Buruk di Malam Hari yang Mengganggu Kesehatanilustrasi begadang (pexels.com/cottonbro)

Tidak cukup tidur setiap malam akan membuat kamu lelah di pagi hari dan dapat mempengaruhi berat badan. Penelitian dalam jurnal "Sleep and obesity" dalam jurnal Current Opinion in Clinical Nutrition and Metabolic Care tahun 2011 menemukan bahwa kurang tidur memiliki kaitan dengan indeks massa tubuh yang lebih tinggi dan peningkatan risiko obesitas.

Selain itu, orang yang kurang tidur juga cenderung makan lebih banyak kalori, sehingga meningkatkan risiko mereka mengalami resistansi insulin, menurut penelitian dalam jurnal Endocrinology and Metabolism Clinics of North America. Karenanya, tidur tepat waktu sangat penting untuk menjaga berat badan yang sehat.

Kebiasaan malam hari sangat memengaruhi kesehatan tubuh. Jadi, untuk menjaga tubuh tetap sehat dan kamu mendapat tidur yang berkualitas, pastikan kamu menghindari semua kebiasaan buruk di atas, ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Tidur Secara Cukup untuk Kecantikan, Jangan Suka Begadang

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya