Comscore Tracker

7 Manfaat Semangka Kuning bagi Kesehatan, Kaya akan Nutrisi!

Tak kalah dari semangka merah

Semangka merupakan salah satu buah favorit banyak orang. Buah ini dikenal akan dagingnya yang berwarna merah cerah, manis, dan tinggi akan kandungan airnya. Kebanyakan semangka yang ada di pasaran memiliki daging berwarna merah. Namun, tahukah kamu bahwa ada juga semangka yang berwarna kuning?

Jadi, pada mulanya, semangka memiliki daging buah berwarna kuning. Namun, modifikasi genetiknya membuat warna daging buahnya berubah dari kuning menjadi merah. Makin lama, semangka kuning relatif jarang dikonsumsi dibanding semangka merah. Padahal, buah ini menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang tidak bisa dianggap remah. Yuk, kita bahas satu per satu manfaat semangka kuning bagi kesehatan tubuh!

1. Meningkatkan kesehatan mata

7 Manfaat Semangka Kuning bagi Kesehatan, Kaya akan Nutrisi!ilustrasi mata (unsplash.com/Bacila Vlad)

Semangka kuning tinggi akan kandungan vitamin A dan karotenoid yang membuatnya bagus untuk kesehatan mata dan menurunkan risiko berbagai penyakit mata. Menurut studi dalam The Journal of Nutrition tahun 2002, makan semangka kuning secara rutin dapat menyuplai vitamin C, nutrisi penting untuk memperlambat terjadinya katarak.

Vitamin A mampu meningkatkan kesehatan penglihatan dengan mencegah kekeringan mata dan meminimalkan risiko rabun senja.

Antioksidan dalam semangka kuning, seperti vitamin C, fitonutrien, polifenol, dan flavonoid dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Ini dapat membantu meminimalkan risiko degenerasi makula terkait usia, katarak, dan glaukoma.

Senyawa lain, seperti lutein dan zeaksantin dalam semangka kuning juga baik untuk menjaga fungsi penglihatan.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

7 Manfaat Semangka Kuning bagi Kesehatan, Kaya akan Nutrisi!ilustrasi semangka kuning (flickr.com/Rawpixel Ltd)

Menurut studi dalam Journal of Chromatography tahun 2005, vitamin B6 atau piridoksina yang ditemukan dalam semangka kuning dapat meningkatkan produksi antibodi, yang bertanggung jawab dalam memerangi mikroba penyebab penyakit. Vitamin ini juga berperan dalam pemecahan protein sehingga dapat diserap lebih baik oleh tubuh.

Semangka kuning juga mengandung vitamin C, yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya dan infeksi. Semua kualitas ini membuat semangka kuning bermanfaat untuk melindungi tubuh agar tidak mudah sakit.

3. Mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular

7 Manfaat Semangka Kuning bagi Kesehatan, Kaya akan Nutrisi!ilustrasi jantung (freepik.com/freepik)

Semangka kuning mengandung antioksidan, fitokimia, dan potasium atau kalium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Buah ini juga merupakan sumber vitamin A dan C, yang membantu mengurangi peradangan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Semua nutrisi ini membuat semangka kuning bermanfaat untuk meningkatan kesehatan kardiovaskular. Sebuah studi yang dalam jurnal Advances in Health Sciences Research tahun 2019 menyatakan bahwa semangka kuning terbukti mampu menurunkan low-density lipoprotein LDL alias kolesterol jahat dan trigliserida, meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik, dan mengurangi peradangan pada pasien dengan risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: 7 Manfaat Senam Irama bagi Tubuh, Bikin Sehat dan Bahagia!

4. Membantu mengelola penyakit kronis

7 Manfaat Semangka Kuning bagi Kesehatan, Kaya akan Nutrisi!ilustrasi sakit diabetes melitus (pixabay.com/TesaPhotography)

Studi dalam jurnal Molecules tahun 2020 menunjukkan bahwa mengonsumsi semangka dapat membantu mengobati dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, obesitas, dan penyakit terkait usia lainnya. Manfaat ini dikaitkan dengan adanya kandungan fitokimia seperti likopen, citrulline, dan senyawa polifenol lainnya.

Selain itu, konsumsi buah ini juga membantu mengelola berat badan, yang mana ini penting untuk mencegah berbagai penyakit kronis terkait berat badan berlebih. Senyawa L-citrulline dalam semangka juga dapat membantu meningkatkan kinerja olahraga dan pemulihan.

5. Meredakan nyeri otot dan kelelahan

7 Manfaat Semangka Kuning bagi Kesehatan, Kaya akan Nutrisi!ilustrasi nyeri otot pada pria (freepik.com/jcomp)

Nyeri otot dan kelelahan adalah masalah yang dirasakan banyak orang setelah berolahraga. Nah, minum jus semangka kuning setelah olahraga sangat bagus untuk mengatasi hal ini.

Menurut studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry tahun 2013, ini karena semangka kuning mengandung citrulline yang baik untuk meredakan nyeri otot. Citrulline membantu melancarkan sirkulasi darah, yang diperlukan untuk menghilangkan kelelahan otot setelah latihan fisik. Karena alasan ini, jus semangka dianggap sebagai minuman kesehatan yang ideal untuk para atlet.

6. Baik untuk kesehatan pencernaan

7 Manfaat Semangka Kuning bagi Kesehatan, Kaya akan Nutrisi!ilustrasi kesehatan sistem pencernaan (hopkinsmedicine.org)

Semangka kuning kaya air dan serat, yang keduanya diperlukan untuk kesehatan usus. Keduanya membuat semangka kuning berguna dalam membantu mencegah ketidaknyamanan gastrointestinal, mag, dan sembelit.

Selain itu, persentase air yang tinggi dalam semangka kuning dapat membantu kamu tetap terhidrasi seharian penuh.

Bukan hanya dagingnya, kulit semangka kuning juga baik untuk kesehatan usus. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Frontiers in Nutrition tahun 2021 menunjukkan bahwa semangka kuning terbukti memiliki aktivitas probiotik tertinggi terhadap Lactobacillus rhamnosus dan Bifidobacterium bifidum.

7. Membantu menurunkan berat badan

7 Manfaat Semangka Kuning bagi Kesehatan, Kaya akan Nutrisi!ilustrasi menimbang berat badan (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Kalau kamu sedang dalam program penurunan berat badan, maka semangka kuning wajib ada dalam menu dietmu. Sebab, buah ini mengandung berbagai senyawa yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Menurut studi dalam jurnal Acta Horticulturae tahun 2009, semangka kuning mengandung senyawa yang memiliki efek menekan sel adiposa, yang punya spesialisasi dalam menyimpan energi sebagai lemak. Selain itu, kandungan air dan serat yang tinggi dalam buah ini dapat membuat kamu tetap kenyang tanpa harus mengonsumsi terlalu banyak kalori.

Itulah beberapa manfaat semangka kuning bagi kesehatan tubuh. Tambahkan semangka kuning ke dalam pola makan sehat bergizi seimbangmu sehari-hari. Bisa dimakan dalam kondisi segar sebagai camilan sehat, atau menjadi campuran smoothie atau salad. Namun, jangan makan secara berlebihan karena apa pun yang berlebihan tidaklah baik.

Baca Juga: 5 Penyebab Berat Badan Tak Kunjung Turun setelah Melahirkan

Topic:

  • Nurulia R F
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya