Comscore Tracker

5 Alasan Medis Rutin Puasa Bisa Ringankan Maag

Cari tahu faktanya di sini!

Selama ini masih banyak orang yang beranggapan bahwa seseorang dengan riwayat maag tidak boleh menjalani ibadah puasa karena alasan kesehatan. Membiarkan lambung dalam keadaan kosong selama lebih dari 12 jam serta tidak mengonsumsi obat membuat penderita maag khawatir jika puasa dapat memperparah kondisi maag yang mereka alami.

Tetapi faktanya, banyak orang yang memiliki riwayat maag justru sembuh setelah rutin menjalani ibadah puasa. Sebenarnya hal ini logis dan bisa dijelaskan secara ilmiah kok. Biar gak makin penasaran, langsung aja simak penjelasan di bawah ini.

1. Menurunkan kadar asam lambung

5 Alasan Medis Rutin Puasa Bisa Ringankan Maagmemorialhealth.com

Maag disebabkan karena kadar asam dalam lambung yang berlebihan. Asam lambung yang berlebihan ini nantinya dapat melukai dinding lambung yang kemudian menyebabkan rasa perih pada penderita maag.

Dengan rajin berpuasa, sekresi asam lambung akan menurun yang artinya resiko peradangan pada dinding lambung pun dapat dicegah. Dampaknya, frekuensi gejala maag seperti perut terasa mual dan perih pun jadi berkurang.

2. Meringankan kerja usus dan lambung

5 Alasan Medis Rutin Puasa Bisa Ringankan Maagrd.com

Lambung serta usus merupakan organ yang berfungsi mencerna makanan.
Ketika perut dalam keadaan kosong karena berpuasa, artinya usus dan lambung dapat beristirahat karena tidak ada aktivitas mencerna makanan. Semakin sedikit aktivitas organ pencernaan seperti lambung dan usus, maka resiko lambung terluka akibat gesekan pun dapat dicegah.

3. Mencegah stress

5 Alasan Medis Rutin Puasa Bisa Ringankan Maagverywellmind.com

Salah satu pemicu kambuhnya gejala maag adalah terlalu banyak pikiran atau stress. Ketika lambung dalam keadaan kosong dan lapar, otomatis seseorang tidak akan sempat memikirkan hal-hal yang membuat dirinya stress. Karena dalam keadaan lapar kebanyakan orang hanya akan memikirkan rasa lapar dan haus yang mereka alami serta menu apa yang hendak dimakan saat berbuka nanti.

Baca Juga: 6 Makanan Sehat yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Maag Saat Berbuka

4. Memperbaiki pola makan menjadi lebih teratur

5 Alasan Medis Rutin Puasa Bisa Ringankan MaagIndependent.co.uk

Faktor lain yang menyebabkan gejala maag kambuh adalah karena pola makan yang tidak teratur, yang kemudian menyebabkan rasa nyeri, kembung, mual, dan tidak nyaman. Dengan berpuasa, otomatis seseorang sudah memperbaiki pola makan karena rutin menjalani sahur dan berbuka di jam yang hampir sama setiap harinya.

Gak mengherankan kalau selama puasa pasien maag jadi jarang merasakan sakit di bagian lambung. Asalkan pasien penderita maag tetap memperhatikan menu berbuka dan sahur serta menghindari makanan yang dapat memicu produksi asam lambung berlebihan.

5. Membiarkan lambung agar terbiasa dalam keadaan kosong

5 Alasan Medis Rutin Puasa Bisa Ringankan MaagMedicalnewstoday.com

Bagi sebagian penderita maag, awal Ramadan menjadi saat-saat yang sangat sulit karena harus menahan rasa sakit yang tak tertahankan akibat maag yang kambuh. Hal ini wajar kok karena lambung masih perlu menyesuaikan dengan pola makan baru yang tiba-tiba berubah dan menyebabkan sekresi asam lambung meningkat tajam.

Tapi tenang, peningkatan asam lambung ini hanya terjadi di minggu awal saat mulai menjalani puasa. Pada minggu berikutnya, lambung sudah terbiasa dengan pola makan baru dan gak akan memproduksi asam lambung secara berlebihan.

Itu tadi alasan kenapa puasa dapat mengurangi frekuensi maag kambuh. Tapi akan lebih baik lagi kalau kebiasaan baik yang sudah dijalani selama Ramadan tetap diteruskan walaupun Ramadan telah berakhir nantinya, seperti menjaga pola makan dan juga mengganti menu makan dengan makanan yang sehat dan aman bagi lambung.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You