Comscore Tracker

5 Cara Alami Hilangkan Kulit Bergelambir

Biasanya yang habis turun banyak berat badannya perlu

Kulit merupakan organ paling besar di tubuh dan berfungsi untuk melindungi kulit dari lingkungan. Lapisan paling dalam dari kulit terdiri dari kolagen dan elastin yang membuat kulit kencang, kuat, dan elastis.

Selama penambahan berat badan, kulit mengembang untuk memberi ruang bagi peningkatan pertumbuhan di perut dan bagian tubuh lainnya, misalnya pada saat kehamilan. Ketika kulit telah meregang secara signifikan dalam jangka waktu yang lama, serat kolagen dan elastin menjadi rusak. Akibatnya, saat orang tersebut kehilangan banyak berat badan, kulit menjadi tampak bergelambir.

Untuk mengatasi kulit yang bergelambir tidaklah mudah, tapi bukan juga hal yang mustahil. Cara paling praktis untuk mengatasi kulit yang bergelambir adalah dengan bedah kosmetik. Tapi, ada juga beberapa cara alami non bedah yang dapat dilakukan untuk mengurangi tampilan kulit bergelambir. Berikut ini sejumlah cara alami untuk menghilangkan kulit bergelambir.

1. Latihan kekuatan

5 Cara Alami Hilangkan Kulit Bergelambirfreepik.com/shurkin_son

Melakukan latihan kekuatan secara teratur bisa menjadi salah satu cara paling efektif untuk membangun massa otot pada orang dewasa muda dan tua, menurut penelitian pada jurnal PLoS One. Bukan hanya meningkatkan pembakaran kalori, menambah massa otot juga bermanfaat untuk membantu memperbaiki kulit yang bergelambir.

Membangun massa otot melalui latihan kekuatan dapat membantu mengurangi tampilan kulit bergelambir, terutama yang disebabkan penurunan berat badan yang signifikan. Sebab, massa otot dapat mengganti lemak yang hilang dan mengurangi tampilan kulit bergelambir.

2. Konsumsi kolagen

5 Cara Alami Hilangkan Kulit Bergelambirpexels.com/Polina Tankilevitch

Kolagen hidrolisat memiliki karakteristik yang sangat mirip dengan gelatin. Kolagen hidrolisat merupakan olahan dari kolagen pada jaringan ikat hewan.

Walaupun belum dilakukan penelitian terhadap individu dengan masalah kulit bergelambir karena penurunan berat badan yang signifikan, tetapi penelitian dalam jurnal Nutricion Hospitalaria menunjukkan bahwa kolagen hidrolisat bisa jadi memiliki efek melindungi kolagen kulit. Studi tersebut menunjukkan bahwa kekuatan kolagen meningkat secara signifikan setelah peserta diberi suplemen peptida kolagen selama empat minggu dan efek ini bertahan selama 12 minggu.

Kolagen hidrolisat dapat dibeli di toko bahan alami. Sumber kolagen populer lainnya adalah kaldu tulang, yang dapat kamu buat sendiri.

3. Diet tinggi protein

5 Cara Alami Hilangkan Kulit Bergelambirunsplash.com/Kyle Mackie

Protein membantu menjaga kelembapan kulit, bebas kerut, dan tetap elastis. Hal ini telah dibuktikan dalam penelitian pada American Journal of Clinical Nutrition, yang menunjukkan bahwa diet tinggi protein dikaitkan dengan kesehatan kulit.

Selain itu, diet tinggi protein juga bermanfaat untuk membangun lebih banyak otot dan menjadikan otot lebih kuat, serta mempertahankan lebih banyak otot seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Pagi yang Ampuh dalam Membantu Menurunkan Berat Badan

4. Gunakan firming cream

5 Cara Alami Hilangkan Kulit Bergelambirpexels.com/Moose Photos

Banyak firming cream yang mengandung kolagen dan elastin, salah satu tujuannya adalah untuk mengencangkan kulit yang bergelambir. Meskipun krim ini untuk sementara dapat meningkatkan kekencangan kulit, molekul kolagen dan elastin terlalu besar untuk diserap melalui kulit, dilansir dari laman Healthline.

Sementara itu, untuk mengencangkan kulit wajah, pilihan krim yang tepat adalah yang mengandung retinoid. Retinoid adalah turunan kimiawi dari vitamin A dan meliputi tretinoin, asam retinoat, dan adapalene. Semua senyawa ini meningkatkan proliferasi, pematangan, dan pergantian sel kulit.

Juga, kamu bisa menggunakan krim yang mengandung asam hialuronat, yang berfungsi untuk menarik dan menahan molekul air. Ini bermanfaat untuk mengurangi kedalaman kerutan, meningkatkan kekencangan kulit, dan mengurangi kulit kasar.

5. Pijat area yang bergelambir

5 Cara Alami Hilangkan Kulit Bergelambirpexels.com/Andrea Piacquadio

Memijat area kulit yang bergelambir dapat melancarkan aliran darah dan membantu membangkitkan respons anti-penuaan.

Satu studi dalam jurnal PLoS One telah menganalisis hubungan efek pijat kulit dengan krim kulit anti-penuaan. Studi tersebut membuktikan bahwa memijat dengan teratur dapat meningkatkan efektivitas krim.

Bersamaan dengan pijatan, kamu juga bisa menggunakan scrub garam atau gula untuk meningkatkan aliran darah.

Ini semua adalah contoh teknik invasif minimal, non bedah, yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi kulit bergelambir. Karena menggunakan cara alami, butuh kesabaran dan konsistensi untuk mencapai hasil yang kamu inginkan. Hal ini juga tergantung pada tingkat kondisi.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Kamu Perlu Tidur yang Cukup untuk Menurunkan Berat Badan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya