5 Fakta Penting Seputar Cantengan yang Perlu Kamu Ketahui 

Kondisi ini bisa sangat mengganggu penampilan dan aktivitas 

Sebagian dari kamu pasti sudah akrab dengan yang namanya cantengan. Tapi sebagian lagi mungkin bertanya-tanya apa sih cantengan itu?

Cantengan merupakan suatu kondisi di mana kuku tumbuh ke dalam dan menusuk daging sehingga menyebabkan rasa sakit dan perih di pinggiran kuku.

Kalau saat ini kamu tengah mengalami rasa sakit di sekitar kuku disertai dengan pembengkakan, nanah, dan kulit yang berwarna kemerahan, kamu patut waspada sebab bisa jadi kondisi yang sedang kamu alami merupakan gejala awal cantengan.

Walaupun kelihatannya bukan merupakan masalah yang parah, tapi nyatanya cantengan bisa sangat menyiksa dan mengganggu keseluruhan aktivitas. Maka dari itu, ada baiknya kamu mencari informasi mengenai cantengan, seperti penyebab, pencegahan, dan cara penanganan yang tepat.

Di bawah ini disajikan fakta penting seputar cantengan yang dikutip dari jurnal berjudul Acute and Chronic Paronichya oleh University of Michigan Medical School. Yuk simak baik-baik.

1. Cantengan disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur

5 Fakta Penting Seputar Cantengan yang Perlu Kamu Ketahui Nivea.ca

Buat kamu yang pernah cantengan, kamu pasti sadar kalau cantengan yang kamu alami terjadi setelah memotong kuku terlalu dalam, atau akibat kebiasaanmu mencabuti kulit di sekeliling kuku, atau akibat adanya luka di sekitar kuku. Nah, hal tersebut memungkinkan bakteri dan jamur menyebabkan infeksi pada kuku.

Beberapa bakteri yang sering menginfeksi kuku, yaitu Staphylococcus dan Pseudomonas. Cantengan yang disebabkan oleh infeksi bakteri ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam rentang waktu 5-10 hari.

Selain itu, ada juga cantengan yang disebabkan infeksi jamur Candica albicans. Jamur ini umumnya menyebabkan cantengan kronis dan memerlukan waktu hingga lebih dari 6 bulan untuk sembuh dan dapat menginfeksi seluruh ruas jari.

2. Beberapa orang lebih berisiko terkena cantengan

5 Fakta Penting Seputar Cantengan yang Perlu Kamu Ketahui podiatryandmoore.com.au

Walaupun semua orang berpotensi terkena cantengan, akan tetapi terdapat sejumlah profesi yang memiliki risiko lebih tinggi terkena cantengan. Beberapa di antaranya adalah perenang, pembantu rumah tangga, pencuci, kuli bangunan. Hal ini disebabkan lantaran profesi tersebut kerap diharuskan bekerja di tempat yang lembap atau terpapar air dalam waktu lama.

Selain itu, kondisi seperti diabetes juga meningkatkan risiko kuku terkena cantengan karena daya tahan tubuh orang dengan diabetes lebih rendah daripada saat sehat.

Baca Juga: 6 Bahan Alami untuk Melawan Infeksi Jamur Kuku

3. Air garam dapat mengatasi cantengan yang masih dalam tahap awal

5 Fakta Penting Seputar Cantengan yang Perlu Kamu Ketahui alodokter

Kondisi cantengan tidak bisa dianggap remeh karena dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa di bagian yang terkena cantengan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Saat kamu mulai menyadari adanya cantengan di kuku, kamu perlu merawatnya dengan merendam bagian yang terkena cantengan di dalam air hangat.

Berbagai sumber telah membuktikan bahwa metode ini terbukti mengatasi cantengan yang masih dalam tahap awal atau belum bernanah. Merendam kaki atau tangan yang terkena cantengan ini tidak hanya bermanfaat untuk mencegah cantengan menjadi semakin parah tapi juga mampu meredakan nyeri dan rasa sakit akibat cantengan.

4. Tindakan operasi perlu dilakukan untuk mengatasi cantengan yang sudah parah

5 Fakta Penting Seputar Cantengan yang Perlu Kamu Ketahui drleehsinfang.com

Kalau bagian yang terkena cantengan tidak dirawat dengan baik hingga menjadi semakin parah, maka wajib dilakukan operasi untuk mengangkat kuku cantengan. Tapi jangan khawatir, operasi cantengan bukanlah operasi besar yang mengharuskan pasien didibius total. Pasien hanya perlu diberi bius lokal di bagian yang terkena cantengan, kemudian dilakukan pembersihan nanah, lalu kuku yang menyebabkan cantengan diambil bisa sebagian atau seluruhnya.

Setelah kuku berhasil diangkat, jari tangan atau kaki bekas cantengan perlu diperban dan dirawat dengan baik, termasuk ganti perban secara rutin.

5. Cantengan dapat dicegah dengan kebiasaan sederhana

5 Fakta Penting Seputar Cantengan yang Perlu Kamu Ketahui clixbeauty.com

Walaupun kamu sudah melakukan operasi pengangkatan kuku yang cantengan, tetapi masalah ini bisa kembali lagi jika kamu tidak merawat kuku dengan benar. Maka dari itu, untuk kamu yang sudah pernah cantengan maupun yang belum, kamu wajib menjaga kesehatan kuku guna mencegah cantengan.

Caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu menjaga kebersihan kuku serta hindari memotong kuku terlalu dalam. Kemudian buat kamu yang sering beraktivitas di tempat lembap, jangan lupa membersihkan tangan dan kaki dengan benar untuk menghindari infeksi bakteri dan jamur penyebab cantengan.

Itu tadi beberapa fakta mengenai cantengan yang penting untuk kamu ketahui. Jadi, jangan lupa menjaga kebersihan kuku dan merawat kuku dengan baik agar kamu tidak terkena cantengan.

Baca Juga: Mengobati Jamur Kuku dengan 5 Bahan yang Mudah Didapat

Eka Photo Community Writer Eka

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You