Comscore Tracker

Harus Dihindari, Ini 5 Kesalahan yang Sering Bikin Diet Tidak Berhasil

Cek lagi, kamu sering gini gak?

Diet merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan berat badan ideal. Hanya saja, terkadang setelah melakukan banyak hal, kamu mungkin merasa dietmu belum membuahkan hasil.

Jika kamu mengalami hal tersebut, mungkin sebenarnya kamu tanpa sadar melakukan beberapa kesalahan yang menghalangi kemajuan diet. Berikut adalah kesalahan umum yang dilakukan orang saat sedang diet yang membuat diet rentan mengalami kegagalan.

1. Hanya berfokus pada timbangan

Harus Dihindari, Ini 5 Kesalahan yang Sering Bikin Diet Tidak Berhasilunsplash.com/i yunmai

Salah satu standar yang digunakan orang untuk menentukan keberhasilan diet adalah angka pada timbangan. Padahal, berat badan dipengaruhi oleh banyak faktor.

Menariknya, berat badan individu sebenarnya dapat berfluktuasi hingga 1,8 kg selama sehari. Hal ini dipengaruhi oleh seberapa banyak makanan dan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Juga, perubahan hormonal lainnya pada perempuan dapat menyebabkan retensi air yang lebih besar, yang tercermin dalam timbangan, menurut Exercise and Sport Sciences Reviews.

Jadi, apabila angka di timbanganmu tidak menunjukkan perubahan, jangan berkecil hati dulu. Sebab, mungkin kamu sebenarnya sudah kehilangan massa lemak, tetapi tetap menahan air dan menambah massa otot.

2. Diet terlalu ketat

Harus Dihindari, Ini 5 Kesalahan yang Sering Bikin Diet Tidak Berhasilpexels.com/Markus Spiske

Sebagian orang menganggap bahwa mengurangi asupan kalori dapat menyebabkan penurunan berat badan, dan defisit kalori yang drastis bisa membuahkan hasil yang lebih cepat. Namun, kenyataannya tidak selalu demikian.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Psychosomatic Medicine menemukan bahwa orang yang menjalani diet rendah kalori yang ekstrem tidak mengalami penurunan berat badan dalam jangka panjang, akibat tubuh memproduksi hormon kortisol yang berlebihan. Ketika tubuh melepaskan terlalu banyak kortisol, ini memberi sinyal pada tubuh untuk menyimpan lemak, terutama di perut.

Bukan hanya itu, ketika kamu tidak makan cukup kalori, metabolisme tubuh bisa melambat, artinya kamu tidak memiliki cukup energi untuk berolahraga, dan kamu lebih cenderung makan berlebihan.

Ditambah, diet ketat sebenarnya tidak masuk akal dalam jangka panjang, karena ini tentunya membuat kamu selalu lapar, yang membuat kamu cenderung makan makanan enak yang tidak sehat.

Baca Juga: 5 Titik Akupresur untuk Mengurangi Nafsu Makan, Cocok untuk Diet!

3. Tidak berolahraga atau olahraga berlebihan

Harus Dihindari, Ini 5 Kesalahan yang Sering Bikin Diet Tidak Berhasilpexels.com/Ketut Subiyanto

Selama menjalani diet penurunan berat badan, kamu akan mengalami penurunan massa otot dan lemak, yang jumlahnya tergantung pada beberapa faktor. Jika kamu tidak berolahraga sama sekali sambil membatasi kalori, kamu kemungkinan besar akan kehilangan lebih banyak massa otot dan mengalami penurunan laju metabolisme.

Sebaliknya, olahraga membantu meminimalkan jumlah otot yang hilang, meningkatkan kehilangan lemak, dan mencegah metabolisme melambat. Semakin banyak massa otot tanpa lemak yang kamu miliki, semakin mudah menurunkan berat badan dan mempertahankan penurunan berat badan.

Namun, olahraga berlebihan juga bisa menimbulkan masalah. Studi dalam jurnal Obesity menunjukkan bahwa olahraga yang berlebihan tidak dapat dipertahankan dalam jangka panjang bagi kebanyakan orang dan dapat menyebabkan stres. Selain itu, olahraga berlebih bisa mengganggu produksi hormon adrenal yang mengatur respons stres.

4. Kurangnya asupan serat

Harus Dihindari, Ini 5 Kesalahan yang Sering Bikin Diet Tidak Berhasilfreepik.com/drobotdean

Saat diet, sering kali seseorang jadi mengalami gangguan pencernaan, seperti sulit buang air besar. Hal ini disebabkan karena menurunnya asupan serat, dan diet rendah serat ini dapat mengganggu upaya dalam menurunkan berat badan.

Jenis serat larut dapat membantu mengurangi nafsu makan dengan membentuk gel yang menahan air. Gel ini bergerak perlahan melalui saluran pencernaan, yang membuat kamu merasa kenyang.

Melansir Healthline, semua jenis serat sebenarnya bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Namun, serat tak larut dapat mengurangi nafsu makan dan asupan kalori lebih banyak daripada jenis lainnya. Saat asupan serat total tinggi, beberapa kalori dari makanan mungkin tidak diserap.

5. Tidak melacak apa yang kamu makan

Harus Dihindari, Ini 5 Kesalahan yang Sering Bikin Diet Tidak Berhasilunsplash.com/Icons8 Team

Makan makanan bergizi adalah salah satu strategi penurunan berat badan yang terbaik. Namun, terkadang seseorang masih mengonsumsi lebih banyak kalori daripada saat menjalani program penurunan berat badan. Terlebih, memperhatikan asupan protein, serat, karbohidrat, dan lemak yang tepat penting untuk mendukung upaya penurunan berat badan.

Studi dalam American Journal of Preventive Medicine menunjukkan bahwa melacak apa yang kamu makan dapat membantumu mendapatkan gambaran akurat tentang kalori dan asupan nutrisi harianmu, serta memberikan akuntabilitas. Jadi, jangan lupa mencatat setiap makanan yang masuk ke mulutmu agar kamu tetap sadar akan berapa banyak kalori yang masuk.

Jika selama ini kamu merasa dietmu masih belum berhasil, cek kembali apakah kamu masih melakukan kesalahan tersebut. Kalau iya, barangkali hal tersebut yang menjadi penyebabnya.

Baca Juga: 6 Kunci Keberhasilan Diet Mayo agar Berat Badan Cepat Turun

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya