Comscore Tracker

Bikin Tambah Parah, 5 Makanan Ini Perlu Dihindari saat Diare

Iringi dengan perbanyak konsumsi cairan

Diare merupakan gangguan pencernaan yang pasti pernah dialami setiap orang dan sering kali tidak perlu dikhawatirkan. Penyebab diare sendiri bermacam-macam, mulai dari flu perut hingga makanan.

Saat diare, ada beberapa makanan yang bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan, tapi ada juga makanan tertentu yang dapat memperburuk gejala diare, sehingga perlu dihindari.

Baca terus untuk mengetahui makanan apa saja yang perlu dihindari saat sedang diare.

1. Produk susu

Bikin Tambah Parah, 5 Makanan Ini Perlu Dihindari saat Diareunsplash.com/Alexander Maasch

Intoleransi laktosa atau kesulitan memproses laktosa, yaitu gula yang terdapat dalam produk susu, dapat menyebabkan diare. Bahkan, walaupun diare tidak disebabkan oleh intoleransi laktosa, kamu tetap perlu menjauhi produk susu untuk sementara saat diare. Kenapa?

Sebab, saat diare, kamu mungkin jadi lebih sensitif terhadap produk susu, bahkan jika biasanya kamu tidak memiliki masalah dengan produk susu. Demikianlah dirangkum dari laman Everyday Health.

Akan tetapi, kamu masih bisa mengonsumsi yoghurt. Sebab, yoghurt kaya akan probiotik yang dapat membantu menyeimbangkan kembali flora usus dan dapat mempersingkat durasi serangan diare.

2. Alkohol dan soda 

Bikin Tambah Parah, 5 Makanan Ini Perlu Dihindari saat Diareunsplash.com/Gerrie van der Walt

Saat sedang mengalami diare, kamu perlu menghindari makanan dan minuman yang menyebabkan dehidrasi. Alkohol dapat bertindak sebagai diuretik, yang artinya menyebabkan kehilangan cairan, sehingga harus dihindari saat diare.

Soda dengan sirup jagung fruktosa tinggi juga bisa menambah masalah jika dikonsumsi saat kamu sedang mengalami diare. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Healthcare, fruktosa dalam jumlah besar dapat membanjiri sistem pencernaan dan menyebabkan gas, perut kembung, atau diare.

Baca Juga: 7 Tips Mengatasi Diare yang Mudah dan Tepat, Jangan sampai Keliru!

3. Pemanis buatan

Bikin Tambah Parah, 5 Makanan Ini Perlu Dihindari saat Diareunsplash.com/C Drying

Bagi sebagian orang, pemanis buatan dapat menyebabkan efek pencahar pada sistem pencernaan. Jadi, jika kamu sedang mengalami diare, sebaiknya hindari permen, permen karet, minuman ringan diet, dan semua yang mengandung pemanis pengganti gula.

Sebab, menurut artikel dalam Harvard Medical School, mengonsumsi gula buatan menyebabkan usus memproduksi lebih banyak air dan elektrolit, yang kemudian dapat melonggarkan pergerakan usus dan menyebabkan diare.

4. Makanan berlemak atau berminyak

Bikin Tambah Parah, 5 Makanan Ini Perlu Dihindari saat Diarepexels.com/Marco Firscher

Makanan berminyak dan tinggi lemak, seperti gorengan, donat, atau potongan daging berlemak dapat memperparah diare, menurut University of Pittsburgh Medical Center. Karenanya, saat terserang diare, kamu mungkin perlu mengikuti diet rendah lemak, perbanyak konsumsi pisang, kentang, atau nasi putih untuk menambah kotoran dan mencegah kehilangan cairan.

Selain itu, pisang dan kentang juga menyediakan kalium, yang merupakan elektrolit penting yang mungkin hilang dari tubuh selama diare.

5. Makanan berserat tinggi

Bikin Tambah Parah, 5 Makanan Ini Perlu Dihindari saat Diareunsplash.com/Louis Hansel

Pada hari-hari biasa, konsumsi makanan tinggi serat mungkin dianggap baik untuk kesehatan pencernaan. Namun, makanan tinggi serat justru harus dihindari saat sedang diare karena dapat memperburuk diare, menurut University of Pittsburgh Medical Center.

Brokoli, kembang kol, jagung, buah-buahan, atau sayuran dengan kulit mengandung serat yang tidak dapat dicerna. Beberapa sayuran juga dapat menyebabkan gas atau gangguan pencernaan, seperti kacang-kacangan, bawang merah, bawang putih atau kubis, yang dapat memperparah diare.

Sebagai gantinya, makan porsi kecil selama beberapa kali sehari mungkin lebih mudah ditoleransi oleh sistem pencernaan daripada tiga kali makanan besar berserat tinggi saat sedang diare.

Jadi, demi mempercepat penyembuhan diare, pastikan kamu menghindari semua makanan di atas. Selain itu, saat diare biasanya seseorang cenderung kehilangan lebih banyak cairan, sehingga perlu meningkatkan asupan cairan agar tidak dehidrasi.

Baca Juga: Sering Mengalami Diare? Awas Gejala Irritable Bowel Syndrome!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya