Comscore Tracker

5 Manfaat Sahur Secara Medis

#RamadanMasaKini Siapa yang masih suka skip sahur?

Di bulan Ramadan seperti sekarang, setiap umat muslim diperintahkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Sebelum menjalani ibadah puasa pun kamu dianjurkan untuk makan sahur.

Kegiatan bangun pagi dan makan sahur ini menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang, rasa kantuk dan kondisi tubuh yang tidak lapar membuat kegiatan sahur terasa berat. Akan tetapi, sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapat dari makan sahur. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.

1. Sebagai cadangan energi

5 Manfaat Sahur Secara MedisSimple.m.wikipedia.org

Saat berpuasa kamu tidak akan makan sepanjang hari, sehingga kamu perlu mempersiapkan cadangan energi agar puasamu lancar. Makan sahur merupakan salah satu cara untuk yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan cadangan energi agar kuat menjalani berbagai aktivitas selama berpuasa.

2. Menjalankan sunnah Rasul

5 Manfaat Sahur Secara MedisTarbiyah.net

Sebagai umat muslim, sudah sepatutnya kita taat dan berusaha sebaik mungkin untuk mengikuti sunnah junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Sebab apapun yang beliau ajarkan tidaklah pernah sia-sia atau tanpa alasan. Termasuk dalam hal makan sahur ini yang memang disunnahkan oleh Rasulullah SAW. Selain manfaat kesehatan, bangun dan makan sahur pastinya dapat mendatangkan pahala, apalagi di bulan Ramadan segala amalan akan dilipatgandakan nilainya.

3. Waktu yang tepat untuk membiasakan salat tahajud

5 Manfaat Sahur Secara MedisShopback.co.id

Salat tahajud merupakan ibadah sunnah yang dianggap berat oleh sebagian besar orang lantaran waktu pelaksanaannya yang dilakukan pada sepertiga malam. Padahal ibadah ini memiliki banyak keutamaan seperti mendatangkan pahala besar dan juga waktu yang mustajab untuk berdoa.

Makan sahur sendiri dilakukan pada waktu sepertiga malam terakhir. Nah, kamu bisa memanfaatkan momen sahur untuk mulai membiasakan salat tahajud dan perbanyak berdoa.

4. Memperlancar program diet

5 Manfaat Sahur Secara Medisnhs.uk

Makan sahur juga dapat membantu program diet yang kamu jalani selama Ramadan. Sebab, makan sahur dapat membuat kamu tetap kuat menjalani berbagai macam aktivitas harian seperti olahraga ringan. Selain itu, makan sahur juga bisa mencegah kamu makan berlebihan saat berbuka. Akan tetapi, pastikan kamu memperhatikan makanan yang kamu konsumsi saat sahur. Pilihlah makanan yang kaya akan nutrisi seperti vitamin dan mineral serta hindari minuman yang tinggi kafein seperti kopi.

5. Mencegah sindrom metabolik

5 Manfaat Sahur Secara Medisverywellmind.com

Makan sahur juga dapat mencegah tubuh terkena sindrom metabolik. Yaitu kondisi pasa tubuh di mana terjadi beberapa masalah kesehatan secara bersamaan seperti hipertensi, kolesterol tinggi, gula darah, serta penumpukan lemak. Sindrom metabolik sendiri disebabkan oleh kebiasaan buruk sehari-hari seperti malas bergerak dan kelebihan berat badan.

Hebat banget kan manfaat sahur! Setelah ini, masih mau malas-malasan bangun sahur?

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You