Comscore Tracker

5 Masalah Kesehatan yang Bisa Terjadi akibat Sering Minum Air Dingin

Yang terbaik adalah minum air suhu ruangan

Kita semua paham pentingnya mencukupi kebutuhan air agar tetap terhidrasi. Namun, tahukah kamu bahwa suhu air yang kamu minum ternyata dapat memengaruhi kesehatan?

Di Indonesia yang sepanjang tahun selalu mendapatkan sinar matahari penuh, sebagian orang merasa lebih nikmat jika minum air dingin untuk menghilangkan dahaga dan menghilangkan kelelahan. Namun, banyak yang tidak menyadari fakta bahwa meminum air dingin terlalu sering bisa memicu beberapa masalah kesehatan.

Lanjutkan membaca untuk tahu apa saja bahaya minum air dingin bagi kesehatan.

1. Sakit kepala

5 Masalah Kesehatan yang Bisa Terjadi akibat Sering Minum Air Dinginpexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "brain freeze", tapi apakah kamu tahu artinya? Melansir Health, brain freeze adalah sakit kepala tiba-tiba yang biasanya dirasakan seseorang akibat menelan es krim atau es serut. Hal yang sama juga bisa diakibatkan jika kamu minum air yang terlalu dingin.

Brain freeze terjadi karena suhu es krim dan air dingin mendinginkan banyak saraf sensitif di tulang belakang, dan mereka segera menyampaikan pesan ke otak. Akhirnya, ini menyebabkan sakit kepala.

2. Menurunkan detak jantung

5 Masalah Kesehatan yang Bisa Terjadi akibat Sering Minum Air Dinginunsplash.com/Giulia Bertelli

Minum air yang terlalu dingin dapat menyebabkan detak jantung turun. Dijelaskan dalam laman Britannica, ini terjadi karena saraf vagus, yang mengalir di belakang leher, dipengaruhi oleh aktivitas menelan air dingin secara tiba-tiba.

Sebagai tindakan darurat, detak jantung akan melambat hingga suhu tubuh mencapai keseimbangan kembali.

Baca Juga: 8 Kondisi Ini Disarankan Gak Minum Es atau Air Dingin, Sangat Berisiko

3. Menyebabkan sakit perut

5 Masalah Kesehatan yang Bisa Terjadi akibat Sering Minum Air Dinginfreepik.com/cookie_studio

Minum air dingin bisa menyebabkan sakit perut, nyeri, perut berdeguk, dan mual. Dikutip dari laman WebMD, ini lantaran suhu dingin bersifat antiinflamasi, sehingga menyebabkan pembuluh darah tertarik.

Selain itu, efek samping lainnya dari minum air dingin adalah perut berkontraksi dan menjadi terlalu kencang. Akhirnya, kondisi ini kurang dapat memproses makanan secara efisien.

4. Memperlambat hidrasi

5 Masalah Kesehatan yang Bisa Terjadi akibat Sering Minum Air Dinginpexels.com/Kenex Media sa

Seperti dijelaskan dalam laman Medicine Net, meminum air dingin sebenarnya justru memperlambat proses rehidrasi tubuh, bukan mempercepatnya. Ini disebabkan tubuh perlu menaikkan temperatur yang benar terlebih dahulu sebelum dapat menggunakannya.

Pengecualian untuk aturan ini berlaku bagi para pelari jarak jauh. Mereka tampaknya mendapat manfaat dari mekanisme respons tertunda untuk menjaga level air saat mereka harus lari dalam jarak jauh.

5. Konstipasi

5 Masalah Kesehatan yang Bisa Terjadi akibat Sering Minum Air Dinginfreepik.com/jcomp

Minum air bersuhu ruangan memang dapat membantu proses pencernaan. Namun, minum air bersuhu terlalu dingin berpotensi menyebabkan sembelit atau konstipasi, dikutip dari laman Mayo Clinic.

Ini karena makanan mengeras saat melewati tubuh, sementara pada saat yang sama membuat kontraksi usus. Ini kemudian dapat menyebabkan kamu kesulitan buang air besar meskipun perut sudah benar-benar merasa mulas.

Meskipun minum air dingin bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan, tapi bukan berarti kamu perlu berhenti minum air dingin secara total. Kamu tetap boleh minum air dingin sesekali, tapi yang terbaik adalah menjadikan air bersuhu ruangan sebagai minuman utama.

Baca Juga: 7 Manfaat yang Bisa Didapat setelah Minum Air Hangat, Ayo Dicoba!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya