Comscore Tracker

Tidak Rumit, 5 Rahasia Sehat & Panjang Umur Keluarga Kerajaan Inggris

Rahasia tetap aktif di usia tua

\Keluarga kerajaan Inggris sedang berduka karena meninggalnya suami dari Ratu Elizabeth II, yaitu Pangeran Philip yang bergelar Duke of Edinburgh. Salah satu hal yang menjadi perhatian dalam hal ini adalah usia dari Pangeran Philip yang meninggal di usia hampir 100 tahun. Ia juga terlihat selalu aktif menemani sang istri menjalani tugas kerajaan di usia yang sudah tidak muda lagi.

Tapi sebenarnya, Pangeran Philip bukan satu-satunya anggota kerajaan yang panjang umur dan selalu sehat. Sang istri, yaitu Ratu Elizabeth II saat ini sudah berusia 94 tahun. Sementara sang anak, yaitu Pangeran Charles dan Anne masing-masing berusia 72 dan 70 tahun. Sedangkan ibu dari Ratu Elizabeth II, Elizabeth Angela Marguerite Bowes-Lyon meninggal di usia 101 tahun.

Banyak yang kemudian bertanya-tanya, apa sih rahasia panjang umur dari keluarga kerajaan Inggris? Daripada makin penasaran, langsung simak ulasan di bawah ini yang dirangkum dari laman Independent dan Zoomer.

1. Menjaga fisik tetap aktif

Tidak Rumit, 5 Rahasia Sehat & Panjang Umur Keluarga Kerajaan Inggrisinstagram.com/theroyalfamily

Keluarga kerajaan sangat suka berjalan-jalan. Biasanya, mereka berjalan-jalan di halaman Balmoral, tempat mereka tinggal selama liburan musim panas. Selain itu, Ratu Elizabeth II juga dikenal karena kecintaannya pada kuda dan cukup sering menunggang kuda yang dikenal memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik.

Sedangkan Duke of Edinburgh, saat tidak sedang menghadiri tugas kerajaan, waktu luangnya akan diisi dengan banyak kegiatan luar ruangan. Misalnya, saat masih muda, Duke of Edinburgh adalah seorang pemain polo yang andal. Ia juga menggemari kegiatan carriage driving. Kemudian, ia juga sangat menyukai olahraga yang memacu adrenalin, aerobik, dan olahraga intensitas tinggi.

2. Mempertahankan berat badan tetap sama

Tidak Rumit, 5 Rahasia Sehat & Panjang Umur Keluarga Kerajaan Inggrisinstagram.com/theroyalfamily

Selama beberapa dekade lamanya, Duke of Edinburgh bisa mempertahankan ukuran celana yang sama. Ia bahkan dikabarkan masih bisa mengenakan pakaian yang dia kenakan di hari pernikahannya. Hal yang sama dilakukan oleh Ratu Elizabeth II yang tidak pernah terlihat kelebihan berat badan.

Tidak diragukan lagi, menjaga berat badan berlebih merupakan salah satu rahasia umur panjang Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II. Dengan tetap langsing, ini secara signifikan mengurangi risiko berbagai gangguan kesehatan kronis, termasuk kanker dan diabetes.

Baca Juga: 10 Potret Mesra Meghan dan Pangeran Harry Setelah Tinggalkan Kerajaan

3. Manajemen stres yang baik

Tidak Rumit, 5 Rahasia Sehat & Panjang Umur Keluarga Kerajaan Inggrisinstagram.com/theroyalfamily

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip melewati waktu yang tidak mudah sebagai orangtua. Tiga dari empat anak mereka telah gagal dalam pernikahan yang berakhir dengan skandal yang mengancam keutuhan kerajaan.

Putra kerajaan Andrew pernah diharuskan bertempur di Falklands, sedangkan sang cucu Harry berperang di Afghanistan. Mereka juga pernah menghadapi emosi dari rakyat Inggris sebagai tanggapan atas kematian Putri Diana. Intinya, keluarga kerajaan memang hidup dalam lingkungan yang penuh tekanan.

Untungnya, Ratu Elizabeth II dan anggota keluarga kerajaan yang lain bisa menghadapi semua tekanan tersebut dan tidak menganggapnya sebagai sesuatu yang negatif. Bahkan, ini membuat mereka jadi sangat adaptif terhadap situasi yang cepat berubah. Keluarga kerajaan sendiri menjunjung tinggi budaya martabat, di mana setiap orang sangat bertanggung jawab atas emosi mereka sendiri. Ratu mempraktikkan apa yang oleh para psikolog disebut 'benefit-finding' dan sikap ini dipercaya memberikan kekuatan mental padanya. Hal lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental dari stres adalah meditasi dan latihan pernapasan.

4. Makan berbagai makanan sehat

Tidak Rumit, 5 Rahasia Sehat & Panjang Umur Keluarga Kerajaan Inggrisunsplash.com/Wesual Click

Pola makan orang Inggris pada umumnya tidak sehat karena mengandung banyak lemak dan karbohidrat. Tapi, keluarga kerajaan menerapkan diet khas Mediterania yang melibatkan banyak jenis buah-buahan segar, sayuran dan biji-bijian. Karena statusnya, pilihan makanan untuk anggota keluarga kerajaan cukup seimbang dan disiapkan dengan baik.

Jenis diet anti-inflamasi yang diterapkan oleh keluarga kerajaan dipercaya mempromosikan umur yang panjang. Makanan kerajaan disiapkan dengan sayuran segar, hewan buruan, dan unggas yang disediakan oleh kerajaan. Selain itu, ikan adalah makanan pokok di menu kerajaan.

5. Memelihara hewan

Tidak Rumit, 5 Rahasia Sehat & Panjang Umur Keluarga Kerajaan Inggrisinstagram.com/theroyalfamily

Ratu Elizabeth II sangat menyukai anjing, terutama Pembroke Welsh Corgi. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di State University of New York, ditemukan bahwa pialang saham dengan tekanan darah tinggi yang mengadopsi hewan peliharaan menunjukkan adanya penurunan tekanan darah sebesar 50 persen dibandingkan dengan rekan yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Mendapatkan respons positif dari hewan bisa membuat individu merasa lebih baik dan kemungkinan besar berdampak pada sistem metabolisme untuk menghasilkan tingkat hormon positif yang lebih tinggi, yang meningkatkan perasaan sejahtera. Perasaan yang positif sendiri sangat penting untuk kesehatan.

Tubuh yang sehat dan umur yang panjang memang tidak didapatkan dengan gaya hidup yang seenaknya. Jika kamu ingin tetap aktif dan panjang umur seperti keluarga kerajaan Inggris, kamu harus memiliki kemauan keras dan konsisten menerapkan gaya hidup seperti yang telah dijelaskan di atas.

Baca Juga: 5 Makanan yang Diyakini Bisa Memperpanjang Umur Orang Jepang

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya