Comscore Tracker

6 Buah yang Ampuh Bikin Tubuh Kembali Berenergi Saat Buka Puasa

Jadikan hidangan wajib saat berbuka

Buka puasa merupakan momen paling ditunggu oleh umat muslim yang berpuasa. Kendati demikian, aktivitas ibadah tidak lantas berhenti begitu adzan maghrib berkumandang. Kamu masih harus melaksanakan ibadah salat maghrib, tadarus, dan tarawih. Maka dari itu, kamu perlu berbuka dengan hidangan yang dapat mengembalikan energi seketika tetapi juga menyehatkan. Nah, berikut ini ada beberapa buah kaya akan nutrisi yang bisa mengembalikan energi tubuh secara cepat saat berbuka.

1. Kurma

6 Buah yang Ampuh Bikin Tubuh Kembali Berenergi Saat Buka Puasaparenting.firstcry.com

Kurma merupakan buah yang menjadi primadona di bulan Ramadan. Selain itu, umat muslim juga disunnahkan untuk berbuka dengan kurma. Bukan tanpa alasan, kurma termasuk buah yang tinggi kalori sehingga ampuh mengembalikan energi dan membuat tubuh menjadi bugar seketika saat berbuka. Terlebih, kurma kaya akan vitamin dan mineral yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

2. Pisang

6 Buah yang Ampuh Bikin Tubuh Kembali Berenergi Saat Buka Puasaunsplash.com/Eiliv-Sonas Aceron

Buah yang satu ini sangat mudah ditemukan baik di bulan Ramadan maupun di luar bulan Ramadan, harganya pun cukup terjangkau, jadi pastikan buah yang satu ini selalu tersedia di atas meja. Pisang kaya akan karbohidat kompleks yang membuat kamu kenyang dan berenergi seketika. Konsumsi pisang saat berbuka dapat mencegah kamu makan dengan berlebihan dan melancarkan pencernaan.

3. Semangka

6 Buah yang Ampuh Bikin Tubuh Kembali Berenergi Saat Buka PuasaSnaped.fns.usda.gov

Tidak minum sepanjang hari berpotensi membuat kamu dehidrasi yang dampaknya adalah kamu sering merasa mual, lemas, dan pusing. Konsumsi semangka saat berbuka ampuh membuat kamu kembali berenergi dan mengembalikan cairan tubuh lantaran semangka mengandung lebih dari 90% air. Selain itu, semangka juga mengandung likopen sebagai antioksidan serta sitrulin dan arginin yang mampu mencegah penyakit jantung dan kolesterol.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Buah Belimbing yang Tepat Agar Lezat Dikonsumsi

4. Alpukat

6 Buah yang Ampuh Bikin Tubuh Kembali Berenergi Saat Buka Puasaelarrayan.com

Alpukat merupakan salah satu buah yang tinggi kalori dan lemak. Tapi tenang, kandungan lemak dalam alpukat adalah lemak baik yang sangat diperlukan oleh tubuh. Konsumsi alpukat saat berbuka dijamin ampuh membuat kamu kembali bertenaga dan semangat. Selain itu, kandungan lemak baik dalam alpukat juga mampu mengendalikan kolesterol dan gula darah.

5. Markisa

6 Buah yang Ampuh Bikin Tubuh Kembali Berenergi Saat Buka Puasa1health.id

Kalau kamu terbiasa berbuka dengan minuman manis, sesekali coba deh berbuka dengan jus markisa. Karena selain menyegarkan, markisa juga kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Serat yang terkandung dalam markisa juga ampuh membuat kamu lebih kenyang dan bertenaga.

Ditambah, kandungan kalori dalam markisa yang sangat rendah bisa membantu program diet yang sedang kamu jalani. Untuk mendapatkan manfaat markisa secara maksimal, hindari membuat jus markisa dengan tambahan gula. Sebaiknya gunakan madu sebagai pemanis.

6. Apel

6 Buah yang Ampuh Bikin Tubuh Kembali Berenergi Saat Buka Puasaunsplash.com/Krishnam Moosaddee

Apel termasuk buah yang tinggi serat dan rendah kalori. Kandungan serat pada buah apel dapat membuat kamu langsung kenyang dan berenergi saat berbuka. Selain itu, pektin yang terkandung dalam kulit apel terbukti dapat melindungi dan membuat bakteri baik yang ada di usus dapat tumbuh dengan subur.

Jadi, yang mana favoritmu?

Baca Juga: 5 Resep Minuman Segar Buat Buka Puasa, Sehat dengan Buah-buahan

Eka Amira Photo Community Writer Eka Amira

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You