Comscore Tracker

Jangan Dihindari! Berikut 6 Makanan Tinggi Kalori yang Menyehatkan

Kaya nutrisi

Tiap jenis makanan memiliki kalori yang berbeda-beda dalam berat yang sama. Dan, beberapa makanan ternyata memiliki kalori yang sangat tinggi. Meskipun begitu, tidak berarti kamu harus menghindarinya. Sebab, beberapa makanan yang tinggi kalori ternyata juga dikemas dengan nutrisi yang sangat penting bagi fungsi tubuh.

Berikut adalah beberapa makanan padat kalori yang menyehatkan.

1. Keju cheddar

Jangan Dihindari! Berikut 6 Makanan Tinggi Kalori yang Menyehatkanpexels.com/Önder Örtel

Jika kamu ingin menambah berat badan secara sehat dan enak, kamu bisa ngemil keju cheddar. Satu porsi atau sekitar 28 g keju cheddar mengandung sekitar 110 kalori dan 7 gram protein.

Keju sangat bisa ditambahkan ke dalam berbagai makanan, seperti salad atau roti gandum. Kombinasi keju dengan daging merah yang tidak diolah berpotensi mengurangi risiko kematian dini dengan meningkatkan kesehatan jantung, menurut studi dalam McMaster University.

2. Alpukat

Jangan Dihindari! Berikut 6 Makanan Tinggi Kalori yang Menyehatkanpixabay.com/Ma_Rika

Buah hijau berdaging lembut ini adalah salah satu makanan sehat berkalori tinggi yang direkomendasikan banyak pakar nutrisi. Alpukat tinggi akan kandungan lemak tak jenuh tunggal yang sehat, karotenoid tembaga, folat, dan kalium. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Nutrition Journal menemukan bahwa individu yang rutin makan alpukat memiliki kadar kolesterol baik yang lebih tinggi.

Kandungan lemak dalam alpukat membantu tubuh menyerap karotenoid. Terlebih, alpukat sangat serbaguna, bisa ditambahkan ke dalam smoothie, saus salad, dan sebagai pengganti lemak dalam memanggang.

Baca Juga: 5 Sayuran Ini Cuma Punya Sedikit Kalori, Aman buat Mukbang!

3. Ikan berlemak

Jangan Dihindari! Berikut 6 Makanan Tinggi Kalori yang Menyehatkanunsplash.com/Caroline Attwood

Ikan berlemak adalah makanan serbaguna berkalori tinggi yang menawarkan manfaat kesehatan yang mengesankan. Sebagai contoh, tiap 100 g salmon memiliki 13g lemak dan 208kkal.

Sebuah studi yang dilaporkan di National Eye Institute menemukan bahwa laki-laki dengan tingkat tinggi asam lemak omega-3 dari salmon dalam makanan mereka sepertiga lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami kehilangan penglihatan. Ditambah, ikan juga mengandung vitamin D, nutrisi penting yang mengatur jumlah kalsium dan fosfor dalam tubuh untuk menjaga kesehatan tulang, meningkatkan kesehatan mental, dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

4. Cokelat hitam

Jangan Dihindari! Berikut 6 Makanan Tinggi Kalori yang Menyehatkanunsplash.com/Charisse Kenion

Cokelat hitam dipenuhi dengan antioksidan dan nutrisi sehat lainnya. Cokelat hitam yang berkualitas kaya akan serat, zat besi, magnesium, tembaga, dan beberapa mineral penting lainnya.

Dijelaskan dalam laman The Healthy, semua nutrisi tersebut membuat cokelat hitam dapat meningkatkan fungsi otak, mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan tekanan darah. Semakin baik kualitasnya, semakin baik pula manfaatnya. Jadi, pilihlah cokelat hitam dengan 70 persen atau lebih kakao.

5. Kurma

Jangan Dihindari! Berikut 6 Makanan Tinggi Kalori yang Menyehatkanpexels.com/Konevi

Jika kamu suka makanan manis, kurma sangat cocok untuk kamu. Setengah cangkir kurma mengandung sekitar 200 kalori, buah yang populer di Timur Tengah ini juga sempurna untuk mempermanis smoothie, sereal panas, atau roti sambil menambahkan nutrisi.

Dilansir dari laman Aaptiv, meskipun tinggi kalori, kurma memiliki indeks glikemik sedang, yaitu 43. Ditambah, kurma kaya akan serat, kalium, magnesium, dan antioksidan.

6. Produk susu

Jangan Dihindari! Berikut 6 Makanan Tinggi Kalori yang Menyehatkanunsplash.com/Micheile Henderson

Produk susu mengandung protein, kalsium, vitamin D, kalium, dan bakteri baik yang meningkatkan kesehatan pencernaan, menurut ahli dari Academy of Nutrition and Dietetics. Produk susu full fat maupun rendah lemak sama-sama memiliki nutrisi ini, tapi jenis susu full fat memiliki rasa yang lebih kaya dan enak. Ini membuat orang merasa lebih puas mengonsumsi produk susu full fat dibandingkan dengan mereka yang makan versi dengan lebih sedikit lemak. 

Lemak ekstra dalam susu juga membantu orang merasa kenyang dan pada gilirannya dapat membantu menurunkan berat badan. Tapi, perhatikan kandungan lemak jenuh dari produk susu full fat jika kamu memilihnya secara teratur dan pastikan untuk meminimalkan asupan lemak jenuh dari sumber lain.

Meskipun tinggi kalori, tapi kamu tidak perlu menghindari semua makanan di atas karena efeknya yang menyehatkan bagi tubuh. Bahkan, untuk kamu yang ingin menggemukkan badan, pilihan makanan di atas bisa membantu menambah berat badan secara sehat.

Baca Juga: 5 Alasan Berat Badan Tidak Turun Walau Sudah Melakukan Defisit Kalori

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya