Comscore Tracker

6 Pertolongan Pertama untuk Atasi Hipotermia yang Wajib Kamu Tahu

Khususnya bagi kamu yang sedang berencana mendaki

Hipotermia adalah penurunan suhu tubuh yang berpotensi berbahaya dan biasanya disebabkan oleh paparan suhu dingin yang berkepanjangan.

Pada hipotermia, suhu tubuh seseorang turun hingga di bawah 35 derajat celcius. Selama paparan suhu dingin, tubuh akan kehilangan panas melalui kulit dan napas dari paru-paru.

Salah satunya yang rentan terkena hipotermia adalah para pendaki. Suhu yang dingin ditambah angin yang kencang hampir di setiap waktu rentan memicu para pendaki kedinginan hingga hipotermia yang jika dibiarkan bisa membahayakan nyawa. Padahal akses untuk mendapatkan bantuan seperti fasilitas kesehatan atau pun rumah warga bisa cukup jauh dan memakan waktu yang lama.

Maka dari itu, sangat penting bagi kita semua untuk mengetahui pertolongan pertama pada orang yang terkena hipotermia seperti cara berikut ini.

1. Pindahkan dari sumber dingin

6 Pertolongan Pertama untuk Atasi Hipotermia yang Wajib Kamu TahuRd.com

Pindahkan orang tersebut dari sumber kedinginan, kemudian segera tempatkan di lokasi yang hangat dan kering jika memungkinkan. Tapi jika kamu tidak dapat memindahkan orang tersebut dari penyebab kedinginan, lindungi dia dari kedinginan dan angin sebanyak mungkin. Jaga dia dalam posisi horizontal jika memungkinkan.

2. Tutupi dengan selimut

6 Pertolongan Pertama untuk Atasi Hipotermia yang Wajib Kamu Tahum.es.rfi.fr

Tutupi orang yang sedang hipotermia tersebut dengan selimut. Gunakan selimut atau mantel kering untuk menghangatkan orang tersebut. Tutupi semua bagian tubuh dari ujung kepala hingga ujung kaki kecuali bagian wajah.

3. Berikan minuman hangat

6 Pertolongan Pertama untuk Atasi Hipotermia yang Wajib Kamu Tahurei.com

Jika orang yang terkena hipotermia masih sadar dan mampu menelan, berikan minuman yang hangat, manis untuk membantu menghangatkan tubuh. Tapi pastikan kamu tidak memberikan alkohol ataupun minuman berkafein karena keduanya akan menurunkan suhu tubuh.

Baca Juga: Kamu Wajib Tahu, 7 Hal Ini Akan Terjadi Saat Tubuh Kedinginan!

4. Jangan diberi panas secara langsung

6 Pertolongan Pertama untuk Atasi Hipotermia yang Wajib Kamu Tahuideastations.org

Jangan gunakan air panas, bantal pemanas, atau lampu pemanas untuk menghangatkan orang yang sedang hipotermia. Sebab, panas yang ekstrem dapat merusak kulit atau, bahkan menyebabkan detak jantung menjadi tidak teratur sehingga dapat memicu jantung berhenti berdetak.

5. Gunakan kompres hangat

6 Pertolongan Pertama untuk Atasi Hipotermia yang Wajib Kamu Tahumedicinenet.com

Gunakan kompres hangat atau kompres dari air hangat yang dimasukkan dalam botol plastik atau handuk yang dipanaskan dengan pengering.

Kompres hanya pada bagian leher, dinding dada, atau pangkal paha. Jangan gunakan kompres hangat pada lengan atau kaki. Sebab panas yang diberikan pada lengan dan kaki akan memicu darah dingin kembali ke jantung, paru-paru, dan otak sehingga menyebabkan suhu tubuh inti menurun yang bisa berakibat fatal.

6. Lepaskan pakaian yang basah

6 Pertolongan Pertama untuk Atasi Hipotermia yang Wajib Kamu Tahuamorfm.mx

Jika orang tersebut mengenakan pakaian basah, maka segera lepaskan dan ganti dengan baju yang kering. Hal ini untuk mencegah tumbuh dari suhu dingin berlebihan.

Itu tadi beberapa pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi orang yang sedang hipotermia. Cukup mudah bukan? 

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Kamu Sering Kedinginan, Jangan Sepelekan ya!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya