Comscore Tracker

Meski Lezat, Ini 5 Bahaya Minum Teh Susu Terlalu Sering

Cukup minum sesekali saja, ya!

Teh susu alias milk tea adalah minuman yang sangat populer di banyak negara. Rasanya yang lezat, bisa ditambahkan banyak topping dan berbagai rasa, membuat banyak orang yang ketagihan dan meminumnya hampir setiap hari.

Teh maupun susu dikenal sebagai minuman yang menyehatkan. Akan tetapi, tidak demikian dengan minuman teh susu. Dalam secangkir teh susu yang banyak dijual di luar sana mengandung banyak pemanis, sirop, irisan buah, boba, keju, dan sebagainya. Karenanya, tak mengherankan jika minuman teh susu tidak menyehatkan seperti teh maupun susu.

Jika kamu termasuk penggemar teh susu dan sering mengonsumsi minuman ini, kamu patut waspada terhadap masalah kesehatan berikut ini.

1. Sulit tidur

Meski Lezat, Ini 5 Bahaya Minum Teh Susu Terlalu Seringunsplash.com/Priscilla Du Preez

Teh susu biasanya dibuat dengan teh hitam, yang mengandung sekitar 47 miligram kafein dalam satu porsinya. Akibatnya, 15 menit setelah minum teh susu, kafein telah memasuki aliran darah dan berdampak pada peningkatan tingkat energi. Jika dinikmati pada malam hari atau sebelum tidur, ini akan membuat kamu kesulitan untuk tidur.

Menurut National Sleep Foundation, dibutuhkan sekitar 6 jam untuk setengah dari kafein yang dikonsumsi agar keluar dari sistem. Jadi, meskipun secangkir teh susu hangat mungkin terasa menenangkan, sebenarnya minuman ini justru membuat kamu sulit tidur dan kemudian bangun dalam kondisi yang kurang fit.

2. Mempersulit program penurunan berat badan

Meski Lezat, Ini 5 Bahaya Minum Teh Susu Terlalu Seringunsplash.com/i yunmai

Satu cangkir teh murni hanya mengandung sedikit kalori dan bahkan dapat membantu membakar kalori. Akan tetapi, menambahkan susu ke dalamnya berpotensi menghentikan manfaat ini, menurut laman WebMD. 

Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan oleh Tea Research Association di India, ketika susu digabungkan dengan teh, protein dalam susu akan terikat dengan senyawa dalam teh yang bertanggung jawab untuk menurunkan berat badan.

Ketika hal tersebut terjadi, efek pada metabolisme dinetralkan, dan teh tidak memberikan manfaat untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: 5 Fakta Intoleransi Laktosa, Kondisi Tak Bisa Mengonsumsi Olahan Susu

3. Memicu perasaan gelisah

Meski Lezat, Ini 5 Bahaya Minum Teh Susu Terlalu Seringpexels.com/Rafael Barros

Menurut Harvard Medical School, konsumsi kafein dapat menyebabkan kegelisahan dan memicu tubuh bereaksi seperti saat kamu menghadapi kecemasan. Akibatnya, kamu mungkin mengalami peningkatan detak jantung, tiba-tiba menjadi gugup, atau merasa gelisah.

Kadar kafein yang tinggi tidak hanya dapat meningkatkan kecemasan, tetapi juga dapat menurunkan produksi serotonin kimiawi yang menyenangkan dalam tubuh, yang kemudian memicu suasana hati menjadi tertekan. Jadi, walaupun dalam sesaat teh susu bisa memuaskan lidah, tetapi sebenarnya teh susu tidak baik untuk suasana hati.

4. Memicu jerawat

Meski Lezat, Ini 5 Bahaya Minum Teh Susu Terlalu Seringunsplash.com/Septian Simon

Jerawat sangat dipengaruhi oleh diet. Susu telah lama diketahui menyebabkan jerawat. Menurut laman The List, berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa semakin banyak produk susu yang kamu konsumsi, semakin rentan kamu mengalami pori-pori tersumbat. Namun, jenis susu yang dicampurkan dalam teh dapat memiliki efek berbeda pada kulit.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American Academy of Dermatology, minum susu, khususnya susu skim, membuat kulit lebih berisiko terkena jerawat.

5. Memicu diabetes

Meski Lezat, Ini 5 Bahaya Minum Teh Susu Terlalu Seringunsplash.com/Kate

Minum teh susu setiap hari berpengaruh buruk terhadap asupan gula yang kamu konsumsi. Menurut Asian and Pacific Islander Obesity Prevention Alliance (APIOPA), konsumsi gula sangat memengaruhi kesehatan. Mengonsumsi terlalu banyak gula dapat menyebabkan lonjakan gula darah, yang berpotensi memicu diabetes tipe 2. 

Boba milk tea, salah satu jenis teh susu yang sangat populer, mengandung 90 gram gula dalam satu cangkir. Padahal, rekomendasi asupan gula dari Kementerian Kesehatan RI adalah tak lebih dari 50 gram (setara dengan 4 sendok makan) per hari.

Itulah beberapa dampak negatif terlalu sering mengonsumsi teh susu alias milk tea bagi kesehatan. Sebenarnya, sah saja kok mengonsumsi teh susu sesekali dan tidak diminum saat menjelang tidur.

Baca Juga: 5 Manfaat Gula Siwalan, Gula yang Baik Bagi Penderita Diabetes

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya