Comscore Tracker

5 Bahaya Pakai Sandal & Sepatu di Dalam Rumah, Bisa Sebarkan Penyakit

Biasakan lepas alas kaki di luar ya

Setelah melakukan aktivitas di luar rumah, sepatutnya kita melepas alas kaki terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam rumah. Tapi karena berbagai alasan, ada yang baru melepaskan alas kaki setelah masuk ke dalam rumah.

Jika kamu termasuk salah satu yang terbiasa melepas alas kaki setelah masuk ke dalam rumah, kamu perlu segera mengubah kebiasaan ini. Sebab, membawa alas kaki ke dalam rumah ternyata memiliki berbagai risiko, baik yang ringan maupun berbahaya. Apa sajakah itu? Yuk, baca terus sampai selesai.

1. Membawa bakteri ke dalam rumah

5 Bahaya Pakai Sandal & Sepatu di Dalam Rumah, Bisa Sebarkan Penyakitunsplash.com/Kelly Sikkema

Jika sepatu bersentuhan dengan kuman, kamu dapat membawa ikut serta kuman kemanapun kamu pergi, termasuk ke dalam rumah. Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Microbiome menganalisis lingkungan mikroba yang ada di permukaan akan menempel pada sepatu lalu pindah ke berbagai lokasi sesuai dengan ke mana orang tersebut berjalan.

Sebuah studi di University of Arizona menemukan bahwa bagian luar sepatu membawa bakteri 140 kali lebih banyak daripada bagian dalamnya. Untuk mengurangi penyebaran kuman di rumah dari sepatu, pastikan kamu melepas sepatu di depan pintu. Jika kamu melepas sepatu dengan menggunakan tangan, maka kamu juga harus segera mencuci tangan.

2. Berpotensi membawa racun ke dalam rumah

5 Bahaya Pakai Sandal & Sepatu di Dalam Rumah, Bisa Sebarkan Penyakitpexels.com/Daniel Reche

Sebuah studi yang dilakukan oleh Memorial Battelle Institute menemukan bahwa racun dari perawatan halaman, seperti pestisida dan pupuk dapat dengan mudah menyebar ke dalam rumah. Selain itu, penelitian lain dari Baylor University menemukan bahwa orang yang tinggal di dekat jalan aspal yang dilapisi dengan tar batubara memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker dari racun. Peneliti menemukan racun ini menetap di dalam rumah sebagai partikel debu.

Ini disebabkan karena partikel-partikel racun itu bisa masuk ke sepatu. Misalnya, saat terjadi hujan dan semua racun ini larut dalam air, semua bahan kimia ini bisa menempel di bawah sepatu bahkan masuk ke bagian dalam sepatu saat kamu menginjak tanah. Kemudian, saat kamu membawa serta sepatu ini ke dalam rumah, kamu juga turut serta memasukkan berbagai racun ke dalam rumahmu sendiri.

Baca Juga: Waspada, 5 Cara Masak Ini Berbahaya untuk Kesehatan

3. Membuat lantai jadi kotor

5 Bahaya Pakai Sandal & Sepatu di Dalam Rumah, Bisa Sebarkan Penyakitunsplash.com/Roopak Ravi

Dilansir dari laman Huffington Post, kotoran sendiri sebenarnya tidak berbahaya. Hanya saja kalau kamu ingin menjaga agar rumahmu senantiasa terlihat bersih, maka sebaiknya kamu tidak memasukkan sepatu yang penuh kotoran ke dalam rumah.

Terlebih jika di rumahmu terdapat anak kecil yang senang bermain di lantai. Lantai yang kotor tentunya akan membuat pakaian dan tangan anak-anak menjadi ikut kotor. Terlebih anak kecil tanpa sadar sering kali memasukkan tangan ke dalam mulut.

4. Berisiko merusak lantai dan karpet

5 Bahaya Pakai Sandal & Sepatu di Dalam Rumah, Bisa Sebarkan Penyakitpexels.com/Rene Asmussen

Menurut laman Taste of Home, berbagai jenis sepatu, khususnya yang memiliki ujung runcing, seperti high heels dan stiletto dapat merusak lantai. Ujung-ujung alas kaki ini akan meninggalkan jejak pada sepatu bahkan retakan pada lantai kayu maupun keramik. Hal yang sama juga berlaku untuk karpet, di mana sol sepatu dan tumit dapat meninggalkan noda maupun robekan.

Nah, kamu sendiri pastinya tidak ingin lantai rumahmu jadi kotor dan rusak hanya karena malas melepas alas kaki di luar rumah. Terlebih mengganti lantai membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Juga pastinya kamu tidak ingin sering-sering membeli karpet yang sobek karena terinjak tumit sepatu.

5. Tidak memakai sepatu di dalam rumah membuat kamu tidak perlu terlalu sering membersihkan rumah

5 Bahaya Pakai Sandal & Sepatu di Dalam Rumah, Bisa Sebarkan Penyakitpexels.com/Pixabay

Dengan tidak memakai sepatu di dalam rumah, artinya lebih sedikit kotoran, debu, dan bakteri yang akan masuk ke dalam rumah. Semakin sedikit kotoran dan kuman di dalam rumah, berarti makin sedikit pula waktu yang harus kamu habiskan untuk menyapu, mengepel, atau menyedot debu di dalam rumah.

Bagi ibu rumah tangga, hal ini tentunya sangat berarti karena membersihkan rumah sendiri cukup memakan waktu dan tenaga. Apalagi jika di rumah terdapat anak kecil yang senang bermain bahkan makan di lantai, maka kebersihan lantai adalah hal yang harus diperhatikan.

Mengingat risiko yang mungkin ditimbulkan akibat kebiasaan memasukkan sepatu ke dalam rumah, jadi sebaiknya kamu membiasakan untuk melepas sepatu di depan pintu rumah. Selain itu, rutin membersihkan alas kaki dengan sabun juga dapat membantu menghilangkan kuman yang menemukan di permukaan maupun di dalam alas kaki.

Baca Juga: 7 Risiko Kesehatan akibat Malas Membersihkan Makeup

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya