Comscore Tracker

Bikin Good Mood, 5 Makanan Sehat Ini Mampu Tingkatkan Kadar Serotonin

Cocok buat kamu yang sering galau

Serotonin merupakan senyawa kimia pembawa pesan yang juga bertindak sebagai penstabil suasana hati. Stabilnya suasana hati ini dapat membantu menghasilkan pola tidur yang sehat dan memengaruhi perilaku.

Kamu dapat meningkatkan kadar serotonin melalui suplementasi asam amino triptofan, yang merupakan bahan baku dalam sintesis serotonin. Namun, untuk pendekatan yang lebih alami guna meningkatkan kadar serotonin, kamu dapat mencoba makan makanan yang mengandung triptofan.

Berikut adalah makanan yang bisa membantu meningkatkan kadar serotonin dan menstabilkan suasana hati, dirangkum dari laman Medical News Today dan Healthline.

1. Ikan salmon

Bikin Good Mood, 5 Makanan Sehat Ini Mampu Tingkatkan Kadar Serotoninunsplash.com/Caroline Attwood

Ikan salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Lemak baik ini berperan dalam membantu menjaga kekuatan dan kesehatan tulang, mendapatkan kulit yang sehat, dan mendukung kesehatan mata.

Ikan laut ini juga mengandung vitamin D yang penting untuk kekuatan tulang dan gigi serta menjaga kesehatan otot. Konsumsi dua porsi ikan salmon per minggu cukup untuk memberikan triptofan bagi individu pada umumnya.

2. Telur

Bikin Good Mood, 5 Makanan Sehat Ini Mampu Tingkatkan Kadar Serotoninunsplash.com/Eiliv Sonas Aceron

Menurut penelitian dalam British Journal of Nutrition, protein dalam telur dapat meningkatkan kadar triptofan plasma darah secara signifikan. Akan tetapi, pastikan kamu mengonsumsi telur bersama dengan bagian kuningnya.

Selain sangat kaya triptofan, kuning telur juga merupakan sumber tirosin, kolin, biotin, asam lemak omega-3, dan nutrisi lain yang memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Baca Juga: Picu Rasa Senang, Ini 5 Cara Alami Tingkatkan Endorfin dalam Tubuh

3. Bayam

Bikin Good Mood, 5 Makanan Sehat Ini Mampu Tingkatkan Kadar Serotoninunsplash.com/Louis Hansel

Sayuran berdaun hijau tua, seperti bayam, merupakan sumber triptofan yang baik untuk meningkatkan suasana hati. Bayam juga merupakan sumber zat besi yang baik.

Zat besi berperan dalam membantu tubuh membuat sel darah merah yang sehat. Kekurangan zat besi dalam makanan dapat menyebabkan individu mengalami anemia, kurang berenergi, atau kesulitan bernapas.

4. Nanas

Bikin Good Mood, 5 Makanan Sehat Ini Mampu Tingkatkan Kadar Serotoninpexels.com/Alizee Marchand

Nanas tidak hanya segar dan lezat dimakan, tetapi juga sangat baik untuk suasana hati. Tiap satu gram nanas mengandung 17 mikrogram serotonin. Buah dengan rasa asam dan manis ini juga mengandung banyak triptofan untuk meningkatkan serotonin di otak.

Tidak hanya itu, nanas juga mengandung bromelain. Bromelain sendiri merupakan protein fantastis yang harus dikonsumsi secara teratur karena sifat antiperadangannya yang sangat baik untuk kesehatan.

5. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Bikin Good Mood, 5 Makanan Sehat Ini Mampu Tingkatkan Kadar Serotoninunsplash.com/Mgg Vitchakorn

Baik kacang maupun biji-bijian mengandung triptofan yang merupakan bahan dasar dalam produksi serotonin dalam tubuh. Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian juga merupakan sumber serat, vitamin, dan antioksidan yang baik.

Studi dalam The New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa makan segenggam kacang setiap hari dapat menurunkan risiko kematian akibat kanker, penyakit jantung, dan masalah pernapasan.

Itulah makanan yang memiliki manfaat untuk meningkatkan serotonin guna memperbaiki mood. Selain dengan makanan, kamu juga dapat meningkatkan serotonin dalam tubuh dengan cara alami lainnya, yaitu melakukan aktivitas fisik, mendapatkan paparan matahari, dan konsumsi makanan yang kaya serat.

Baca Juga: Sindrom Serotonin, Kondisi Serotonin yang Terlalu Tinggi dalam Tubuh

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya