Comscore Tracker

Picu Rasa Senang, Ini 5 Cara Alami Tingkatkan Endorfin dalam Tubuh

Hilangkan stres dan kurangi rasa sakit

Endorfin adalah senyawa kimiawi dalam tubuh yang dilepaskan oleh sistem saraf pusat dan kelenjar pituitari. Endorfin memainkan peran penting dalam mengelola rasa sakit dan sensasi kesenangan.

Saat dilepaskan, endorfin dapat membantu meredakan nyeri, mengurangi stres, dan perasaan gembira. Singkatnya, endorfin bisa membuat kamu merasa lebih baik.

Menariknya lagi, ternyata ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan pelepasan endorfin. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Akupunktur

Picu Rasa Senang, Ini 5 Cara Alami Tingkatkan Endorfin dalam Tubuhpexels.com/Alma Thai

Akupunktur merupakan pengobatan alternatif dari Tiongkok yang dilakukan dengan menggunakan jarum yang sangat tipis untuk merangsang titik-titik tekanan. Umumnya, akupunktur dapat mengatasi berbagai masalah, seperti nyeri kronis, insomnia, kecemasan dan depresi, PMS, dan kram.

Penelitian dalam Neuroscience Letters menunjukkan bahwa saat jarum dimasukkan, ini memicu pelepasan endorfin yang kemudian memberikan banyak manfaat. Endorfin sendiri dapat menyebabkan perasaan positif pada berbagai aspek dan pengobatan akupunktur relatif aman bagi kebanyakan orang.

2. Hirup aroma minyak esensial

Picu Rasa Senang, Ini 5 Cara Alami Tingkatkan Endorfin dalam Tubuhunsplash.com/Kelly Sikkema

Menurut sebuah studi dalam Journal of Caring Sciences, aromaterapi lavender tampaknya dapat membantu meredakan kecemasan yang terkait dengan pemasangan IUD pada 106 perempuan.

Penemuan tersebut didukung dengan sebuah studi kecil yang telah dipublikasikan dalam jurnal Hindawi yang menunjukkan bahwa aroma minyak esensial euforia, seperti lavender, dapat menyebabkan pelepasan endorfin.

Selain lavender, ada juga beberapa minyak esensial euforia lainnya yang bisa memicu pelepasan endorfin, seperti rosemary, jeruk, grapefruit, bergamot, ylang ylang, dan kemenyan.

Baca Juga: 7 Perpaduan Aromaterapi untuk Tingkatkan Konsentrasi hingga Keintiman

3. Mandi air panas

Picu Rasa Senang, Ini 5 Cara Alami Tingkatkan Endorfin dalam Tubuhpexels.com/cottonbro

Mandi air panas dapat membantumu relaks setelah melewati hari yang melelahkan. Melansir Healthline, air panas bukan hanya dapat membantu meredakan ketegangan dan nyeri pada otot, tetapi juga memicu pelepasan endorfin ke dalam darah.

Selain membantumu bersantai, mandi air panas secara teratur juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah. Bahkan, lebih baik lagi jika kamu berendam dalam waktu yang sedikit lebih lama. Ditambah, menyalakan lilin aromaterapi serta menambahkan sedikit minyak esensial dapat membantu meningkatkan pelepasan endorfin.

4. Konsumsi ginseng

Picu Rasa Senang, Ini 5 Cara Alami Tingkatkan Endorfin dalam Tubuhverywellhealth.com

Selama ini, ginseng dimanfaatkan untuk mengobati kelelahan dan beberapa jenis penyakit. Selain itu, melansir Reader's Digest, ginseng telah terbukti dalam menyeimbangkan pelepasan hormon stres dalam tubuh dan mendukung organ yang memproduksi hormon tersebut. Ini juga dapat meningkatkan produksi endorfin yang diproduksi oleh otak.

Ginseng sangat baik dikonsumsi oleh individu yang aktif berolahraga untuk meningkatkan ketahanan fisik dan efisiensi energi saat berolahraga. Bukan itu saja, ginseng juga dapat meningkatkan kinerja mental, termasuk daya ingat dan konsentrasi, dan berguna dalam menurunkan kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2.

Bahan herbal ini juga berpotensi dalam mengobati tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, penyakit paru obstruktif kronis, melindungi saraf dari kerusakan, mempercepat pemulihan kerusakan hati, dan mengatasi masalah pencernaan.

5. Tertawa bersama teman

Picu Rasa Senang, Ini 5 Cara Alami Tingkatkan Endorfin dalam Tubuhpexels.com/Elle Hughes

Tersenyum atau tertawa dapat membantu menghilangkan suasana hati yang buruk dan meredakan perasaan cemas dan stres. Bahkan, tertawa dijadikan terapi guna membantu mengurangi perasaan stres dan depresi.

Di luar manfaat ini, tertawa juga dapat melepaskan endorfin. Sebuah yang dipublikasikan dalam Journal of Neuroscience menemukan bukti bahwa menonton setengah jam tayangan komedi dengan teman mampu meningkatkan kadar endorfin.

Jadi, jika suatu saat kamu merasa stres atau kurang bersemangat, segera lakukan cara di atas untuk membantu meningkatkan pelepasan hormon endorfin dan membuatmu merasa lebih bahagia.

Baca Juga: Gak Hanya Jerawatan, 7 Gejala ini Penanda Hormon Kamu Gak Seimbang

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya