Comscore Tracker

5 Cara Ampuh Menghilangkan Kerutan di Dahi, Mudah Dipraktikkan!

Agar kulit jadi lebih kencang bebas keriput #IDNTimesHealth

Kerutan di dahi adalah tanda penuaan yang umum dan bisa dialami oleh siapa saja. Seperti lainnya, kerutan di dahi disebabkan oleh perubahan alami dalam komposisi kulit yang terjadi seiring bertambahnya usia, pilihan gaya hidup, serta beberapa kebiasaan. Contohnya mengerutkan dahi, mengangkat alis, atau memicingkan mata.

Kabar baiknya, kerutan di dahi umumnya dapat diminimalkan dengan menggunakan produk perawatan kulit dan mengubah beberapa kebiasaan. Di bawah ini, terdapat beberapa opsi paling efektif untuk mengatasi kerutan di dahi yang bisa kamu coba. Silakan disimak!

1. Memakai kacamata hitam

5 Cara Ampuh Menghilangkan Kerutan di Dahi, Mudah Dipraktikkan!ilustrasi perempuan memakai kacamata hitam (pixabay.com/Bob_Dmyt)

Memakai kacamata hitam dapat membantu kamu menghindari memicingkan mata. Gerakan otot wajah ini jika dilakukan secara berulang dapat menyebabkan kerutan di dahi dan sudut mata. Karenanya, penting untuk menghindari gerakan tersebut.

Gunakan kacamata hitam dengan perlindungan UV, terutama ketika berada di luar rumah. American Academy of Ophthalmology merekomendasikan untuk menggunakan kacamata hitam yang terpolarisasi dan dirancang untuk memblokir 99+ persen sinar UV.

2. Fokus pada tidur yang sehat

5 Cara Ampuh Menghilangkan Kerutan di Dahi, Mudah Dipraktikkan!ilustrasi tidur (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Penelitian membuktikan bahwa kualitas tidur yang buruk memiliki kaitan dengan penuaan kulit. Misalnya, satu penelitian yang diterbitkan tahun 2015 pada jurnal Clinical and Experimental Dermatology menemukan bahwa individu yang memiliki kebiasaan tidur yang baik cenderung memiliki penuaan kulit yang lebih rendah daripada rekan-rekan mereka.

Untuk kesehatan dan kesejahteraan yang optimal, cobalah tidur tujuh sampai sembilan jam per malam. Bukan hanya memperhatikan jam tidur, melainkan, ada baiknya pula kamu memperhatikan posisi tidur karena hal ini juga memengaruhi terbentuknya kerutan.

Baca Juga: Mengenal Keratosis Pilaris, Kondisi Kulit Beruntusan mirip Kulit Ayam

3. Oleskan gel lidah buaya

5 Cara Ampuh Menghilangkan Kerutan di Dahi, Mudah Dipraktikkan!ilustrasi gel lidah buaya (pixabay.com/mozo190)

Lidah buaya memiliki kemampuan merangsang sel-sel yang memproduksi kolagen dan elastin, protein yang menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Mengaplikasikan gel lidah buaya pada kulit dapat membantu mengatasi kerutan dan membuat kulit tampak lebih muda.

Lebih dari itu, sebuah ulasan tahun 2008 dalam Indian Journal of Dermatology menemukan bahwa lidah buaya juga bagus untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan mencegah kekeringan, dua masalah kulit terkait penuaan yang bisa kamu atasi sekaligus.

Cara penggunanya juga cukup mudah, oleskan gel lidah buaya di dahi secara tipis-tipis dan biarkan mengering di kulit. Setelah kering, bilas hingga bersih.

4. Lakukan latihan wajah

5 Cara Ampuh Menghilangkan Kerutan di Dahi, Mudah Dipraktikkan!ilustrasi latihan wajah (pexels.com/Monstera)

Olahraga dikenal dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, begitu pula dengan olahraga wajah yang dapat membantu memperbaiki penampilan kulit. Studi tahun 2018 dalam jurnal JAMA dermatology menemukan bahwa melakukan latihan wajah selama 20 minggu membuat peserta terlihat sekitar tiga tahun lebih muda.

Berikut latihan sederhana yang dapat membantu menyamarkan kerutan di dahi:

  • Letakkan tangan di dahi dengan ujung jari menghadap ke dalam;
  • Kemudian, rentangkan jari-jari di antara garis rambut dan alis dan sapukan ke dahi dengan lembut sambil memberikan tekanan ringan. Ulangi sekitar sepuluh kali.

5. Gunakan tabir surya dan pelembap

5 Cara Ampuh Menghilangkan Kerutan di Dahi, Mudah Dipraktikkan!ilustrasi perempuan menggunakan skincare (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya adalah hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kulit terlihat muda dan bebas kerutan. Jadi, pastikan kamu selalu menggunakan tabir surya dan usahakan untuk tidak keluar rumah saat hari sedang terik. Mengenakan topi dengan pinggiran lebar juga bisa membantu.

Selain itu, menggunakan pelembap secara teratur juga penting. Harvard Health Publications menemukan bahwa penggunaan pelembap bisa menyamarkan kerutan dengan menghidrasi kulit.

Jika kamu mulai melihat kerutan di dahi, penting untuk mengambil tindakan secepat mungkin untuk mencegahnya bertambah parah. Praktikkan tips di atas untuk mendapatkan hasil terbaik.

Baca Juga: 5 Cara Mudah dan Ampuh Mengurangi Produksi Melanin, Bikin Kulit Cerah

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya