Comscore Tracker

Jaga Kesehatan Mental, Ini 5 Cara Melakukan Detoksifikasi Pikiran

Biar nggak gampak stres

Sama seperti ketika kamu melakukan detoksifikasi atau detoks untuk membuang racun dari tubuh dan organ dalam, membuang racun dari pikiran juga perlu, lho.

"Racun" mental dan emosional sering kali luput dari perhatian. Padahal, racun dalam pikiran ini juga menyebabkan masalah pada fisik selain mental. Terlebih, kehidupan yang serba dinamis ini membuat pikiran lebih mudah kacau. 

Kekacauan pikiran dapat menyebabkan beberapa masalah, seperti kurang fokus, kelelahan, gangguan komunikasi, merasa tidak bahagia, dan memicu masalah kesehatan. Untuk menghindarinya, kamu perlu melakukan detoksifikasi dan menyalurkan energi positif pada pikiran.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa detoksifikasi pikiran, yuk, dicoba!

1. Luangkan waktu untuk beraktivitas di luar ruangan

Jaga Kesehatan Mental, Ini 5 Cara Melakukan Detoksifikasi Pikiranunsplash.com/CDC

Waktu yang dihabiskan di luar ruangan memiliki kekuatan untuk memberikan semangat, inspirasi, dan meningkatkan energi ke pikiran dan tubuh.

Menghabiskan waktu di luar ruangan juga meningkatkan kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan, menurunkan tingkat stres, meningkatkan kemampuan untuk berkonsentrasi, dan menenangkan pikiran. Dengan kekuatan semacam ini, keluar rumah mungkin merupakan cara terbaik untuk detoks pikiran.

Walaupun begitu, menurut sebuah penelitian dalam Journal of Exposure Analysis and Environmental Epidemiology yang melakukan survei di 44 kota di Amerika Serikat (AS), orang AS hanya menghabiskan 2 persen waktunya di luar ruangan, 6 persen dalam perjalanan, dan 92 persen waktu mereka di dalam ruangan.

Meskipun survei ini dilakukan di AS, tapi agaknya kebanyakan orang Indonesia kurang lebih seperti itu. Untuk itu, demi membersihkan pikiran, jangan lupa sempatkan waktu untuk beraktivitas di luar ruangan, misalnya dengan berjalan-jalan, berkebun, bersepeda, dan sebagainya.

2. Pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas

Jaga Kesehatan Mental, Ini 5 Cara Melakukan Detoksifikasi Pikiranpexels.com/Ketut Subiyanto

Tidur memainkan peran penting dalam fungsi sistem glymphatic. Melansir Healthline, tidur yang cukup setiap malamnya adalah salah satu cara terbaik untuk mendukung proses detoksifikasi alami otak.

Apabila kamu kesulitan mendapatkan tidur yang berkualitas, ikuti tips berikut ini:

  • Pertahankan waktu tidur dan bangun secara reguler
  • Perhatikan diet
  • Buat suasana tidur yang nyaman
  • Hindari menonton TV, bermain smartphone, atau komputer di jam-jam tidur

Baca Juga: 5 Bukti Kurangi Konsumsi Media Sosial Baik untuk Kesehatan Mental

3. Tinggalkan sejenak media sosial Instagram

Jaga Kesehatan Mental, Ini 5 Cara Melakukan Detoksifikasi Pikiranunsplash.com/Erik Lucatero

Salah satu aktivitas paling membuang-buang waktu adalah scrolling media sosial tanpa henti. Tidak hanya membuat kamu lupa waktu dan melupakan hal-hal lain yang lebih penting, tetapi media sosial juga bisa sangat mengacaukan pikiran.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Royal Society of Public Health menemukan bahwa Instagram adalah jaringan media sosial terburuk untuk kesehatan mental dan kesejahteraan secara keseluruhan, yang mana media sosial ini membuat para penggunanya merasa cemas dan tertekan.

Jadi, sesekali tinggalkan Instagram dan temukan sesuatu yang menarik di dunia nyata.

4. Meditasi

Jaga Kesehatan Mental, Ini 5 Cara Melakukan Detoksifikasi Pikiranunsplash.com/Matteo Di lorio

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari meditasi. Meditasi dapat membantu kamu menjadi lebih relaks, mengatasi stres dan kecemasan, serta membantu memulihkan kedamaian batin, dilansir dari laman Mayo Clinic.

Ketika kamu merasa overthinking dan perlu detoksifikasi pikiran dari apa pun yang telah membebanimu, segera hentikan semua aktivitas dan luangkan waktu 10 menit untuk melakukan meditasi.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, akan lebih baik kalau kamu melakukan meditasi setiap hari.

5. Jauhkan teknologi dari kamar tidur

Jaga Kesehatan Mental, Ini 5 Cara Melakukan Detoksifikasi Pikiranunsplash.com/Mason B.

Menaruh perangkat teknologi di kamar tidur tidak hanya memengaruhi kualitas tidur, tetapi juga tidak memberi kamu kesempatan untuk menenangkan pikiran sebelum tidur.

Saat kamu berbaring di tempat tidur sambil menggunakan smartphone, artinya kamu sedang memberikan dirimu sendiri lebih banyak data yang tidak diperlukan. Akan tetapi, ketika kamu hanya berbaring dan bersantai, tanpa teknologi, kamu akan tertidur dengan perasaan jauh lebih ringan dan santai.

Detoksifikasi mental sama pentingnya dengan detoksifikasi fisik. Jadi, pastikan kamu melakukan detoksifikasi pikiran secara teratur untuk meningkatkan kesehatan mental dan emosi dengan mempraktikkan cara-cara di atas.

Baca Juga: 6 Hubungan Seni dan Kesehatan Mental, Bisa Kurangi Depresi Seseorang

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya