Comscore Tracker

Merasa Sedih saat Liburan? Ini 5 Cara untuk Mengatasi Holiday Blues

Kembalikan kebahagiaan liburan dengan cara ini

Musim liburan dapat memicu depresi karena beberapa alasan. Misalnya, kamu mungkin tidak bisa pulang ke kampung halaman untuk liburan, mengalami masalah finansial, kehilangan orang tersayang, patah hati, dan sebagainya. Sindrom kesedihan selama masa liburan ini dikenal sebagai holiday blues.

Jika kamu menghadapi perasaan stres atau depresi saat liburan, ketahuilah bahwa kamu tidak sendirian. Kabar baiknya, ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi holiday blues. Ini dia tipsnya dirangkum dari laman Verywell Mind dan Healthline.

1. Jangan mengisolasi diri sendiri

Merasa Sedih saat Liburan? Ini 5 Cara untuk Mengatasi Holiday Bluesunsplash.com/Priscilla Du Du Preez

Emosi negatif sering kali membuat seseorang ingin bersembunyi di rumah. Masalahnya, isolasi sosial bisa menjadi penyebab depresi.

Untuk mengatasi holiday blues, cari cara agar kamu dapat menikmati hubungan sosial, meskipun kamu tidak bisa pulang untuk liburan. Jika kamu merasa kesepian, mintalah teman untuk datang. Bergabunglah dengan komunitas tertentu, menjadi sukarelawan, atau temui konselor untuk mendapatkan dukungan emosional.

2. Melakukan aktivitas fisik

Merasa Sedih saat Liburan? Ini 5 Cara untuk Mengatasi Holiday Bluesunsplash.com/Alvin Mahmudov

Meskipun sulit untuk berolahraga secara konsisten saat kamu merasa sedih, tapi kamu tetap perlu berusaha untuk aktif bergerak. Sebab, penelitian dalam The American Journal of Psychiatry menunjukkan bahwa aktivitas fisik secara teratur dapat berperan penting dalam mencegah dan mengurangi gejala depresi.

Jika menurutmu kamu sulit untuk menyempatkan waktu pergi ke gym atau mengikuti kelas yoga, ingatlah bahwa kamu tidak perlu mengandalkan treadmill atau mesin angkat beban untuk merasakan manfaat olahraga. Bahkan, aktivitas santai dan rekreasional seperti berjalan-jalan setiap hari mungkin cukup untuk membantu menjaga kamu dari holiday blues.

Baca Juga: Waspada, 10 Masalah Kesehatan Ini Sering Mengancam Saat Asyik Liburan

3. Cari dukungan jika kamu merasa berkabung

Merasa Sedih saat Liburan? Ini 5 Cara untuk Mengatasi Holiday Bluespexels.com/Christina Morillo

Jika kamu pernah mengalami kehilangan orang yang kamu cintai, melewati masa liburan bisa jadi hal yang sangat sulit. Ini karena momen liburan bisa terasa berbeda, bahkan membangkitkan kenanganmu dengan orang yang kamu cintai.

Meskipun momen liburan mungkin membuat kamu berduka dan ingin mengasingkan diri, tapi ingatlah bahwa meluangkan waktu bersama teman dan keluarga dapat bermanfaat. Dengan begitu, mereka dapat mendukung kamu melewati masa sulit ini.

4. Bersikaplah realistis

Merasa Sedih saat Liburan? Ini 5 Cara untuk Mengatasi Holiday Bluespexels.com/Anastasia Shuraeva

Membuat perencanaan soal liburan adalah hal yang bagus. Akan tetapi, kadang kala perencanaan yang tidak realistis dan terlalu bersemangat tentang liburan justru bisa memicu holiday blues. Jadi, penting untuk menjaga ekspektasi tetap realistis dan terjangkau.

Momen liburan dapat berubah sama seperti hal lainnya. Orang berubah, keadaan berubah, dan kunci menikmati liburan adalah fokus pada koneksi itu, ciptakan tradisi baru, dan nikmati apa yang ada di hadapanmu.

5. Batasi konsumsi media sosial

Merasa Sedih saat Liburan? Ini 5 Cara untuk Mengatasi Holiday Bluesunsplash.com/Jakob Owens

Nyatanya, bagi banyak orang, liburan justru bisa memicu rasa kesepian. Melihat unggahan orang di media sosial yang menampilkan kebahagiaan mereka menjalani momen liburan benar-benar dapat memicu holiday blues semakin parah. Itulah sebabnya kamu perlu memperhatikan seberapa banyak media sosial yang kamu konsumsi. 

Jika kamu merasa sedih saat scrolling media sosial, perhatikan perasaan itu dan pertimbangkan untuk mengubah kebiasaan konsumsi media. Batasi sejauh mana media sosial menguasai perasaanmu. Alih-alih menggunakan media sosial sebagai hiburan, kamu bisa menggunakan hal lain yang lebih produktif sebagai hiburan, seperti membaca, memasak, jalan-jalan, atau mempelajari keterampilan baru.

Holiday blues dapat mengubah momen liburan menjadi masa-masa yang penuh kesedihan dan kesepian. Namun, dengan melakukan cara-cara di atas, kamu bisa membalikkan keadaan dan mengembalikan kebahagiaanmu.

Baca Juga: Ini 7 Cara Meningkatkan Hormon Dopamin agar Hidup Kamu Lebih Bahagia

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya