Comscore Tracker

Cegah Bungkuk, Lakukan 9 Gerakan Ini untuk Memperbaiki Postur Tubuh

Bisa mengatasi nyeri juga lho

Normalnya, seseorang memiliki punggung yang tegak dan pundak kanan dan kiri memiliki tinggi yang sama. Tapi kamu sadar nggak kalau ada beberapa orang yang punya pundak nggak sama tinggi dan tubuh yang membungkuk? Atau bahkan kamu sedang mengalaminya?

Postur tubuh yang nggak seimbang ini bisa disebabkan beberapa faktor lho seperti lebih dominan menggunakan salah satu tangan dalam beraktivitas, menggunakan tas slempang yang berat, kebiasaan duduk dan posisi tidur yang salah. Pundak yang tinggi sebelah juga terkadang disertai rasa nggak nyaman di sekitar leher, pundak, dan punggung.

Masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan beberapa cara seperti konsultasi dengan dokter, pijat, atau olahraga. Olahraga merupakan cara paling sederhana karena bisa dilakukan kapanpun. Lalu apa saja gerakan olahraga untuk memperbaiki postur tubuh? Yuk simak.

1. Shoulder roll

Cegah Bungkuk, Lakukan 9 Gerakan Ini untuk Memperbaiki Postur Tubuhfitness.oncraze.com

Berdiri dengan posisi tegak lurus. Putar bahu keatas, lalu ke belakang, turun, ke depan, ulangi sampai 10 kali. Kemudian lakukan dengan arah sebaliknya, ulangi 10 kali.

2. Cow face pose

Cegah Bungkuk, Lakukan 9 Gerakan Ini untuk Memperbaiki Postur Tubuhfitness.oncraze.com

Tangan kanan lurus ke atas, tekuk siku ke belakang kepala. Posisikan tangan kiri ke belakang punggung, tekuk ke atas hingga jari jari tangan kanan dan kiri saling bersentuhan. Ulangi juga untuk sisi sebaliknya.

3. Shoulder rotation

Cegah Bungkuk, Lakukan 9 Gerakan Ini untuk Memperbaiki Postur Tubuhfitness.oncraze.com

Sandarkan punggung di dinding. Tarik tangan kanan dan kiri lurus ke samping, pastikan punggung dan lengan kamu menyentuh dinding. Tekuk siku kanan ke atas membentuk sudut 90°, tekuk siku kiri ke bawah membentuk sudut 90°. Putar lengan kanan ke bawah dan lengan kiri ke atas, tahan punggung dan lengan atas tetap menyentuh dinding. Ulangi gerakan ini selama 30 detik.

4. T, Y, I movements

Cegah Bungkuk, Lakukan 9 Gerakan Ini untuk Memperbaiki Postur Tubuhassets.oncraze.com

Berdiri dengan punggung bersandar pada dinding. Perlahan-lahan rentangkan tangan membentuk huruf T, lalu angkat lagi membentuk huruf Y, dan angkat lagi membentuk huruf I. Lakukan gerakkan tersebut dengan posisi punggung dan tangan menempel di dinding.

5. Arm circles

Cegah Bungkuk, Lakukan 9 Gerakan Ini untuk Memperbaiki Postur Tubuhweheartit.com

Berdiri lurus dengan kedua tangan direntangkan. Buat gerakan membentuk lingkaran dengan kedua tangan. Dengan posisi lurus, gerakkan tangan ke depan, atas, belakang dan kembali ke posisi semula. Ulangi hingga 10 kali.

6. Thread the needle

Cegah Bungkuk, Lakukan 9 Gerakan Ini untuk Memperbaiki Postur Tubuhstylereportmagazine.com

Siap dengan posisi merangkak, kemudian gerakkan tangan kirimu ke kanan, letakkan diantara tangan kanan dan kaki kanan. Lakukan juga untuk sisi kanan.

7. Standing wall stretch

Cegah Bungkuk, Lakukan 9 Gerakan Ini untuk Memperbaiki Postur Tubuhfitness.oncraze.com

Berdirilah dengan jarak sekitar 1 langkah dari dinding. Tempelkan kedua telapak tangan ke dinding. Lalu mulailah berjalan mundur sampai pada posisi seperti pada gambar diatas. Tahan, ulangi lagi.

8. Reverse prayer

Cegah Bungkuk, Lakukan 9 Gerakan Ini untuk Memperbaiki Postur Tubuhhealthline.com

Letakkan kedua tangan di belakang punggung, tekuk siku sehingga telapak tangan kanan dan kiri bersentuhan. Kemudian pelan-pelan angkat tangan ke atas dengan posisi seperti berdoa.

9. Sideline thoracic rotational stretch

Cegah Bungkuk, Lakukan 9 Gerakan Ini untuk Memperbaiki Postur Tubuhrd.com

Tidur dengan posisi miring ke kanan, tekuk kaki ke depan, tangan kanan lurus ke depan dan tangan kiri lurus ke belakang. Lalu gerakkan tangan kirimu ke depan hingga bersentuhan dengan tangan kanan dengan gerakan seperti membentuk busur. Ulangi sebanyak 10 kali. Lakukan juga untuk sisi sebaliknya

Nah, itu tadi beberapa gerakan ringan untuk memperbaiki postur tubuh. Selain dengan gerakan di atas, kamu juga perlu menghindari kebiasaan yang membuat pundak nggak seimbang seperti posisi duduk yang salah atau membawa beban berat dengan satu tangan.

Eka Photo Community Writer Eka

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You