Comscore Tracker

6 Dampak Negatif Kurang Minum Selama Ramadan, Bikin Puasa Gak Nyaman

#RamadanMasaKini Efeknya gak main-main lho

Rasa lapar dan dahaga setelah berpuasa seharian membuat orang-orang jadi kalap dan bernafsu mengonsumsi makanan dan minuman yang dirasa lezat. Gak jarang hal ini malah menyebabkan orang-orang kurang mengonsumsi air putih bahkan gak mengonsumsi air putih sama sekali, baik saat sahur maupun berbuka.

Padahal kekurangan air dapat menyebabkan gangguan pada sistem tubuh secara keseluruhan bahkan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut enam akibat negatif kurang asupan air bagi tubuh.

1. Bau mulut

6 Dampak Negatif Kurang Minum Selama Ramadan, Bikin Puasa Gak Nyamandentalhealth.oxyfresh.com

Bau mulut merupakan masalah yang banyak dialami orang-orang saat sedang berpuasa, mungkin kamu pun demikian. Bau mulut selama menjalani ibadah puasa disebabkan lantaran produksi cairan saliva berkurang, yang kemudian menyebabkan bakteri di dalam mulut dapat tumbuh dengan subur dan menyebabkan bau tidak sedap.

Nah, salah satu penyebab menurunnya produksi saliva adalah kurangnya asupan air saat sahur dan berbuka.

2. Sembelit

6 Dampak Negatif Kurang Minum Selama Ramadan, Bikin Puasa Gak NyamanHellosehat.com

Kurang konsumsi air putih saat sahur dan berbuka juga dapat menyebabkan sembelit dan berkurangnya frekuensi buang air besar yang kemudian menyebabkan perut terasa penuh dan tidak nyaman. Masalah ini terjadi lantaran kurangnya asupan air mengakibatkan feses menjadi kering dan sulit dikeluarkan.

3. Perut kembung

6 Dampak Negatif Kurang Minum Selama Ramadan, Bikin Puasa Gak NyamanIndopos.co.id

Masih banyak yang mengira bahwa perut kembung dan begah terjadi lantaran terlalu banyak minum. Padahal sebaliknya, kembung dan begah disebabkan karena tubuh kurang mendapat asupan cairan, yang kemudian menyebabkan tubuh menahan cairan dan mengakibatkan kembung dan rasa tidak nyaman.

Baca Juga: 5 Hal Ini Harus Diperhatikan Jika Minum Kopi Saat Puasa

4. Penurunan fungsi otot dan terganggunya aktivitas

6 Dampak Negatif Kurang Minum Selama Ramadan, Bikin Puasa Gak Nyamancandlesonline.wordpress.com

Air berperan penting dalam mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh termasuk otot. Selain itu, air juga berfungsi menjadi pelumas bagi otot agar tidak kaku. Otot sendiri merupakan bagian tubuh yang banyak digunakan dalam berbagai aktivitas. Sehingga, kurang asupan air dapat menyebabkan terganggunya aktivitas harian yang terjadi karena penurunan kinerja otot.

5. Menurunnya kekebalan tubuh

6 Dampak Negatif Kurang Minum Selama Ramadan, Bikin Puasa Gak Nyamanunitypoint.org

Air berfungsi melarutkan berbagai macam kotoran dalam tubuh yang kemudian dibuang bersama urin. Kurangnya asupan air saat puasa dapat mengakibatkan produksi urin menjadi berkurang. Artinya, proses pembuangan limbah dan racun dalam tubuh juga ikut terganggu. Penumpukan kotoran di dalam tubuh dapat berdampak pada menurunnya sistem imun sehingga tubuh mudah sakit.

6. Mudah sakit kepala

6 Dampak Negatif Kurang Minum Selama Ramadan, Bikin Puasa Gak Nyamanwellandgood.com

Menurunnya kadar cairan dalam tubuh dapat menghambat aliran darah yang mengandung oksigen ke otak. Padahal oksigen berperan penting agar otak dapat berfungsi dengan baik dan menjaga pikiran tetap fokus. Dampaknya, kepala jadi sering terasa sakit dan kesulitan konsentrasi.

Gimana? Masih mau melewatkan minum air putih saat sahur dan berbuka?

Baca Juga: Bahaya Bagi Tubuh, Hindari 5 Jenis Minuman Ini Saat Sahur

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You