Comscore Tracker

Lakukan Secara Rutin, 5 Olahraga Ini Bisa Meningkatkan Tinggi Badan

Apalagi jika dilakukan saat masih masa pertumbuhan

Tinggi badan memainkan peran penting dalam meningkatkan persona seseorang. Tidak diragukan lagi, banyak orang yang rela berusaha mati-matian untuk meningkatkan tinggi badan.

Meskipun sudah menjadi rahasia umum bahwa tinggi badan ditentukan oleh faktor genetik, tapi faktor lain, seperti diet dan olahraga juga bisa memberikan pengaruh yang besar. Umumnya, pertumbuhan tinggi badan akan berhenti setelah masa pubertas, yaitu ketika pelat pertumbuhan di tulang panjang tubuh kita menyatu. Namun, pada beberapa orang, pertumbuhan masih berlanjut usia 22-25 dan oleh karena itu, tidak mustahil untuk menambah tinggi badan setelah masa pubertas.

Salah satu cara terbaik untuk menambah tinggi badan adalah dengan berolahraga. Ada beberapa jenis olahraga yang terbukti mampu menambah beberapa inci tinggi badan, bahkan setelah melewati usia 21 tahun. Apa saja olahraga itu? Dirangkum dari laman Livestrong dan Style Craze, inilah olahraga yang bermanfaat untuk menambah tinggi badan.

1. Bar hanging

Lakukan Secara Rutin, 5 Olahraga Ini Bisa Meningkatkan Tinggi Badanpexels.com/Dinielle De

Gravitasi mempengaruhi tinggi badan dengan menekan tulang belakang dan persendian, serta menipiskan tulang rawan, yang memberikan kesan penampilan yang lebih pendek. Nah, gerakan bergantung pada bilah vertikal adalah cara sederhana untuk mengatasi masalah ini. Menggantung membuat berat badan bagian bawah meregangkan tulang belakang dan mengurangi tarikan pada tulang belakang. Jika dilakukan secara rutin, ini bisa menambah tinggi badan 1 hingga 2 inci, tetapi tidak secara instan.

Perlu diketahui, bar horizontal harus ditempatkan pada ketinggian yang memungkinkan tubuh untuk memanjang dengan ruang untuk bergerak. Kalaupun tubuh tidak dapat sepenuhnya memanjang, tekuk sedikit lutut untuk menggantung dengan bebas. Pastikan saat memegang palang, telapak tangan menghadap ke luar. Juga, pertahankan lengan, bahu, dan pinggul serelaks mungkin, sehingga gravitasi secara efektif menarik tubuh lebih jauh. Gerakan ini harus berlangsung selama 20 detik dan harus diulangi setidaknya 3 kali. Untuk memaksimalkan manfaatnya, kamu bisa menambahkan beban di kaki.

2. Cobra pose

Lakukan Secara Rutin, 5 Olahraga Ini Bisa Meningkatkan Tinggi Badanpexels.com/Ketut Subiyanto

Cobra pose merupakan gerakan yang biasanya dilakukan pada saat kelas yoga. Tetapi, banyak dari kamu yang mungkin belum mengetahui bahwa cobra pose membantu memperpanjang sumsum tulang belakang.

Cobra pose dilakukan dengan berbaring telungkup di lantai dengan telapak tangan menekan ke lantai setinggi bahu. Angkat wajah ke arah langit-langit sambil merentangkan lengan untuk melengkungkan punggung semaksimal mungkin. Tahan posisi ini hingga 30 detik, lalu turunkan tubuh kembali ke posisi awal. Ulangi beberapa kali.

Baca Juga: 5 Jenis Olahraga untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Semuanya Seru!

3. Basket

Lakukan Secara Rutin, 5 Olahraga Ini Bisa Meningkatkan Tinggi Badanpexels.com/Pixabay

Olahraga basket adalah salah satu aktivitas yang dapat membantu memaksimalkan tinggi badan. Olahraga ini memacu adrenalin dan membuat tubuh menjadi lebih fleksibel. Bola basket adalah permainan solid yang mencakup dunks, jumps, dan swivel yang semuanya merupakan latihan peregangan fungsional untuk menambah tinggi badan.

Menggiring bola bermanfaat untuk kedua tangan, bukan hanya tangan yang dominan. Lalu, gerakan konstan kaki di sekitar lapangan membantu mengencangkan otot kaki, meningkatkan aliran darah, dan membantu meningkatkan tinggi badan.

4. Berenang

Lakukan Secara Rutin, 5 Olahraga Ini Bisa Meningkatkan Tinggi Badanunsplash.com/Briana Tozour

Berenang merupakan salah satu cara favorit untuk menambah tinggi badan. Berenang meningkatkan tinggi badan dengan meregangkan ligamen, tendon, dan tulang belakang. Selain itu, berenang juga menjadi aktivitas favorit saat cuaca sedang panas.

Latihan berenang juga merupakan keterampilan yang berguna untuk menyelamatkan hidup. Juga membuat kamu tetap bugar, dengan memungkinkan tubuh tumbuh melalui gerakan kaki yang kuat dan mencegah seseorang menjadi obesitas. Oleh sebab itu, sangat baik jika latihan berenang dilakukan sejak usia muda.

5. Pilates

Lakukan Secara Rutin, 5 Olahraga Ini Bisa Meningkatkan Tinggi Badanpexels.com/Li Sun

Pilates adalah olahraga yang meningkatkan kelenturan dan peregangan tubuh, serta menghilangkan kekakuan tubuh. Pilates tidak hanya membantu kamu tetap bugar, tetapi juga menyelaraskan postur tubuh yang benar dan memperkuat otot perut dengan melakukan latihan menyeluruh untuk tubuh bagian bawah.

Keunggulan lain dari pilates adalah membantu memperkuat otot perut. Olahraga ini berfokus pada tubuh bagian bawah dan karenanya bekerja untuk memberi energi pada otot perut. Juga menjadi latihan peregangan terbaik untuk memaksimalkan tinggi badan. Untuk melakukan pilates, kamu bisa mendatangi kelas pilates yang ada di kotamu maupun melalui video yang bisa kamu dapatkan di YouTube.

Kamu bisa memilih salah satu atau mengombinasikan beberapa latihan tersebut, sesuai dengan kebutuhanmu. Jika dilakukan secara teratur, latihan ini akan meningkatkan tinggi badan secara bertahap. Diimbangi dengan pola makan yang tepat, dan nutrisi yang baik, latihan ini juga akan meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca Juga: [QUIZ] Kami Tahu Olahraga Apa yang Cocok untuk Dietmu dari Pilihan Jawaban Ini

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya