Comscore Tracker

Tampak Sepele, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Menurunkan Gairah Seksual

Segera atasi, demi hubungan yang lebih harmonis

Sedikit banyak, kehidupan seksual memengaruhi keharmonisan rumah tangga. Salah satu masalah yang berkaitan dengan kehidupan seksual adalah gairah seks yang rendah.

Ada banyak hal yang dapat menurunkan hasrat seksual baik pada laki-laki maupun perempuan, dan sangatlah wajar untuk mengalami pasang surut dalam hal ini. Akan tetapi, jika kamu merasakannya untuk waktu yang lama, bisa jadi karena selama ini kamu memiliki kebiasaan-kebiasaan buruk yang ternyata menurunkan gairah seksual.

Baca terus, yuk, untuk mengetahui kebiasaan apa saja yang menekan gairah seksual dan segera menghentikan kebiasaan ini.

1. Sering begadang

Tampak Sepele, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Menurunkan Gairah Seksualunsplash.com/Priscilla Du Preez

Tanpa istirahat malam yang nyenyak, ini akan menurunkan minat untuk bercinta. Pada laki-laki, kurang tidur dapat menurunkan hormon testosteron. Sementara itu, pada perempuan, kualitas tidur yang buruk juga dapat menurunkan libido dan sulit untuk mencapai orgasme.

Selain itu, menurut studi dalam The Journal of Sexual Medicine, mendengkur, sering kali akibat sleep apnea, telah dikaitkan dengan penurunan kepuasan seksual, terutama pada laki-laki usia lebih tua.

NationalSleepFoundation sendiri merekomendasikanindividu dewasa untuk mencukupi kebutuhan tidur selama 7-9 jam setiap malamnya.

2. Pola makan yang buruk

Tampak Sepele, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Menurunkan Gairah Seksualpixabay.com/Pexels

Memanjakan diri dengan makanan ringan favorit sesekali sah saja. Namun, bila ini jadi kebiasaan sehari-hari, maka dampak buruk yang ditimbulkan akan lebih parah. Tidak hanya berdampak buruk bagi berat badan, tapi pola makan yang buruk juga dapat berdampak negatif pada kehidupan seks, menurut laman Livestrong.

Alasannya, makan berlebihan berisiko menyebabkan obesitas, yang meningkatkan kemungkinan kamu akan mengalami libido rendah. Untungnya, masalah ini dapat diatasi dengan makan makanan yang tepat dan mengontrol porsi makan.

Baca Juga: Lakukan 7 Hal Ini Jika Pasanganmu Memiliki Gairah Seks Jauh Lebih Liar

3. Konsumsi minuman beralkohol 

Tampak Sepele, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Menurunkan Gairah Seksualunsplash.com/Gerrie van der Walt

Konsumsi minuman beralkohol terlalu banyak dapat memengaruhi kesehatan, salah satunya kesehatan seksual. Dilansir dari laman Everyday Health, saat kadar alkohol dalam darah meningkat, hasrat seksual kemungkinan besar akan menurun.

Karenanya, demi kehidupan ranjang yang lebih baik, kamu harus menjauhi minuman beralkohol, atau setidaknya membatasi konsumsinya.

Untuk menurunkan risiko kesehatan akibat bahaya alkohol, U.S. Dietary Guidelines for Americans tahun 2015-2020 merekomendasikan batasan konsumsi alkohol, yaitu 1 gelas untuk perempuan dan 2 gelas pada laki-laki dewasa.

4. Terlalu banyak konsumsi gula 

Tampak Sepele, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Menurunkan Gairah Seksualunsplash.com/Sharon McCutcheon

Konsumsi gula dan makanan manis meningkatkan kadar hormon insulin, yang dapat menyebabkan kamu menyimpan lemak perut, kehilangan massa otot, dan membuat kadar testosteron meningkat, dikutip dari laman Eat This Not That!.

Pada laki-laki, lemak perut akan meningkatkan kadar estrogen, yang dapat menyebabkan libido rendah dan disfungsi ereksi.

Glukosa atau gula secara signifikan mengurangi kadar testosteron total. Oleh karena itu, berusaha untuk mengurangi atau bahkan menghindari gula bisa meningkatkan gairah seksual kembali.

5. Tidak mengelola stres dengan baik

Tampak Sepele, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Menurunkan Gairah Seksualpexels.com/Rafael Barros

Kita semua menjalani kehidupan yang penuh tekanan. Sayangnya, jika tidak dikelola dengan baik, stres dapat memengaruhi keinginan untuk berhubungan seks.

Tidak menjalani hidup yang seimbang dan terus-menerus merasakan stres dapat mengubah keseimbangan hormon tubuh. Menurut penelitian dalam The Journal of Sexual Medicine, stres memicu pelepasan hormon kortisol, dan peningkatan kadar kortisol ini dapat menekan hormon seks alami tubuh.

Jadi, jangan lupa untuk memisahkan kehidupan pekerjaan dengan kehidupanmu sendiri. Buat jadwal untuk me-time, salah satunya dengan ikut serta dalam aktivitas yang dapat membantu kamu menghilangkan stres, seperti yoga, meditasi, berjalan-jalan di luar, membuat jurnal, atau apa pun yang membantu kamu menenangkan diri.

Gairah seksual yang rendah bila tidak ditangani dengan benar dapat memengaruhi keharmonisan dengan pasangan. Maka dari itu, cobalah mengatasinya dengan menghindari hal-hal di atas. Namun, bila libido tetap rendah, sebaiknya konsultasikan ke dokter supaya diketahui penyebabnya dan bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: Ereksi Hilang saat Bercinta, Apa Penyebabnya?

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya