Comscore Tracker

Dialami Banyak Orang, Ini 5 Keluhan yang Umum Terjadi saat Puasa

Tidak perlu khawatir #ANGPOIN

Puasa adalah ibadah yang wajib dijalani umat Islam seluruh dunia pada bulan suci Ramadan. Manfaat puasa bagi kesehatan sendiri telah lama dikaji dan dibuktikan kebenarannya.

Sayangnya, meskipun dalam jangka panjang puasa memberikan manfaat kesehatan, tetapi puasa juga bisa memunculkan berbagai keluhan yang cukup umum pada banyak orang. Apa saja? Simak sampai habis, ya!

1. Lemah

Dialami Banyak Orang, Ini 5 Keluhan yang Umum Terjadi saat Puasailustrasi merasa lemah saat puasa (unsplash.com/Stacey Gabrielle Koenitz Rozells)

Beberapa orang merasa menjadi lebih lemah saat berpuasa. Sebenarnya, puasa tidak seharusnya menghalangi aktivitasmu. Namun, jika kamu mengalami masalah ini, kamu perlu menurunkan aktivitas fisik pada siang hari jika memungkinkan, menurut saran dari penelitian yang dipublikasikan di Scandinavian Journal of Medicine & Science in Sports.

Untuk kamu yang memiliki pekerjaan yang menuntut fisik, hal ini tentunya akan menjadi masalah. Tetap terhidrasi dengan baik dan menambah asupan garam adalah dua cara potensial untuk mencegah perasaan lemah.

2. Sembelit

Dialami Banyak Orang, Ini 5 Keluhan yang Umum Terjadi saat Puasailustrasi sembelit (freepik.com/gpointstudio)

Saat kamu makan lebih sedikit, masuk akal jika kemudian secara alami kamu akan buang air besar lebih sedikit. Perlu diingat, berkurangnya frekuensi buang air besar adalah konsekuensi normal dari puasa, tetapi itu bukan berarti kamu mengalami sembelit.

Jika kamu tidak mengalami kembung dan tidak perlu mengejan terlalu keras untuk buang air besar, kemungkinan kamu tidak mengalami sembelit. Namun, jika kamu mengalami kembung dan kesulitan buang air besar, kamu perlu meningkatkan hidrasi atau mencoba suplemen magnesium, saran dari laman Diet Doctor.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Cegukan saat Puasa, Tak Perlu Minum Air!

3. Gula darah tinggi

Dialami Banyak Orang, Ini 5 Keluhan yang Umum Terjadi saat Puasailustrasi cek gula darah (pexels.com/Artem Podrez)

Meskipun puasa bermanfaat untuk mengontrol gula darah secara keseluruhan, tetapi beberapa orang justru merasa gula darah mereka meningkat selama puasa. Hal ini terjadi ketika hati melepaskan glukosa ke aliran darah sebagai respons untuk menerima sinyal bahwa tubuh mungkin membutuhkan lebih banyak energi setelah istirahat yang lama, menurut penemuan yang dipublikasikan dalam jurnal Endocrine Practice.

Kendati demikian, kadar gula darah puasa yang sedikit meningkat ini mungkin tidak menjadi perhatian klinis, terutama jika hanya terjadi saat puasa. Namun, jika gula darah puasa kamu meningkat secara teratur di atas 130, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter.

4. Sakit kepala

Dialami Banyak Orang, Ini 5 Keluhan yang Umum Terjadi saat Puasailustrasi sakit kepala (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sakit kepala merupakan keluhan yang cukup umum selama berpuasa. Dijelaskan dalam laman Popsugar, salah satu faktor penyebabnya adalah karena dehidrasi saat berpuasa. Jadi, pastikan kamu minum banyak air selama waktu makan.

Selain itu, sakit kepala saat berpuasa juga bisa disebabkan oleh penurunan kadar gula darah dan hormon stres yang dikeluarkan oleh otak saat berpuasa. Kabar baiknya, seiring waktu, tubuh akan terbiasa dengan jadwal makan baru ini, jadi kamu tidak perlu khawatir.

5. Rambut rontok

Dialami Banyak Orang, Ini 5 Keluhan yang Umum Terjadi saat Puasailustrasi rambut rusak (pexels.com/Skitterphoto)

Bagi beberapa orang, puasa dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tiba-tiba atau kekurangan nutrisi yang tepat, terutama protein dan vitamin B. Dilansir Women's Health, perubahan tersebut dapat memicu kerontokan rambut selama berpuasa.

Meskipun puasa tidak selalu menyebabkan hilangnya nutrisi, tapi sering kali cenderung lebih sulit untuk memenuhi nutrisi dari makanan karena jam makan yang lebih pendek saat puasa. Untuk mencegah kerontokan rambut, kamu perlu mengevaluasi kembali kandungan nutrisi makanan harian saat sahur dan berbuka.

Meskipun cukup mengganggu, tapi sebenarnya keluhan tersebut cukup umum saat puasa, dan kamu tidak perlu khawatir. Kabar baiknya, kamu bisa mencegahnya dengan menerapkan pola makan sehat bergizi seimbang saat sahur dan berbuka.

Baca Juga: 5 Tips Mencegah Sembelit selama Berpuasa, biar Puasa Tetap Nyaman!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya