Comscore Tracker

Jangan Panik, Lakukan 5 Hal Ini saat Kamu Telat Haid

Bikin siklus haid kembali lancar

Siklus haid normal pada umumnya adalah sekitar 28 hari, tetapi sebetulnya bisa bervariasi pada tiap perempuan. Haid atau menstruasi masih dianggap normal jika datang tiap 24-38 hari. Jadi, waktu antar siklus menstruasi terus berubah, baik lebih cepat maupun terlambat, maka menstruasi dianggap tidak teratur.

Menstruasi yang tidak teratur bisa disebabkan karena berbagai hal. Mulai dari stres, gaya hidup, penggunaan obat tertentu, kondisi medis, atau hamil.

Perawatan yang bisa digunakan untuk menginduksi menstruasi bergantung pada penyebabnya. Nah, jika telat haid yang kamu alami bukan karena kondisi medis tertentu atau sedang hamil, kamu bisa mempercepat datangnya si "tamu bulanan" ini dengan cara-cara berikut.

1. Konsumsi nanas

Jangan Panik, Lakukan 5 Hal Ini saat Kamu Telat Haidunsplash.com/brooke lark

Nanas adalah sumber bromelin, yaitu enzim yang mampu memengaruhi kadar estrogen dan hormon lainnya. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal Of Pakistan Medical Association, disebutkan bahwa bromelin dapat membantu mengurangi peradangan. Artinya, nanas dapat membantu mengatasi menstruasi tidak teratur yang terkait dengan peradangan.

Meskipun begitu, belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa suplemen nanas atau bromelin dapat memicu menstruasi. Jadi, sebaiknya konsumsi nanas secara langsung.

2. Yoga

Jangan Panik, Lakukan 5 Hal Ini saat Kamu Telat Haidunsplash.com/Kaylee Garrett

Yoga telah terbukti efektif untuk mengatasi berbagai masalah terkait menstruasi. Sebuah studi dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine yang melibatkan 126 peserta, menemukan bahwa melakukan 35-40 menit yoga 5 kali seminggu selama 6 bulan mampu menurunkan kadar hormon yang terkait dengan haid yang tidak teratur.

Bukan hanya melancarkan menstruasi, yoga juga dapat mengatasi keluhan menstruasi yang lain, seperti kram perut, perasaan depresi, dan kecemasan.

Baca Juga: 6 Jenis Gangguan Menstruasi yang Bisa Menyerang Wanita

3. Konsumsi kayu manis

Jangan Panik, Lakukan 5 Hal Ini saat Kamu Telat Haidunsplash.com/Mae Mu

Kayu manis terbukti memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai masalah haid. Sebuah studi dalam American Journal of Obstetrics & Gynecology menemukan bahwa kayu manis membantu melancarkan siklus menstruasi dan dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk perempuan dengan PCOS.

Selain melancarkan menstruasi, kayu manis juga telah terbukti secara signifikan mengurangi nyeri haid dan pendarahan, dan meredakan mual dan muntah yang terkait dengan dismenore primer, menurut studi dalam Iranian Red Crescent Medical Journal.

4. Lakukan aktivitas fisik 

Jangan Panik, Lakukan 5 Hal Ini saat Kamu Telat Haidpexels.com/Ketut Subiyanto

Salah satu penyebab utama telat haid adalah stres, dan salah satu cara terbaik untuk mengurangi stres dan mempercepat menstruasi segera datang adalah dengan olahraga. 

Melansir Bustle, endorfin yang dilepaskan selama berolahraga dapat menghilangkan stres dan menurunkan kadar hormon estrogen, yang ideal untuk menginduksi menstruasi.

Meskipun begitu, kamu kadar estrogen tidak boleh turun terlalu banyak. Sebab, kurangnya hormon tersebut dapat menyebabkan kadar serotonin di otak turun, yang menyebabkan depresi.

Bahkan, olahraga terlalu berlebihan dapat menyebabkan amenore, atau tidak adanya menstruasi. Jadi, pastikan kamu berolahraga secara cukup dan tidak berlebihan.

5. Mandi atau kompres air hangat 

Jangan Panik, Lakukan 5 Hal Ini saat Kamu Telat Haidpexels.com/cottonbro

Mandi air hangat dapat membuat otot yang tegang menjadi relaks dan menghilangkan stres emosional. Karenanya, mandi atau berendam air hangat dipercaya dapat membantu mendatangkan menstruasi, melansir Healthline.

Untuk sensasi relaksasi ekstra, coba tambahkan minyak wangi yang menenangkan ke dalam bak mandi. Atau, kamu juga bisa mencoba menggunakan kompres hangat dan menaruhnya di atas perut. Panas tidak hanya membuat relaks, tapi juga dapat meningkatkan aliran darah ke area tersebut, sehingga dengan lembut mempercepat siklus menstruasi.

Jika terlambat menstruasi disebabkan oleh hal-hal yang ringan, seperti stres atau gaya hidup, cara di atas sebenarnya sudah cukup mampu untuk membuat menstruasi lancar kembali.

Akan tetapi, jika kamu khawatir telat haid yang kamu alami disebabkan oleh kondisi medis tertentu, apalagi didukung dengan adanya gejala yang tak biasa, sebaiknya segera konsultasi ke dokter agar bisa diketahui penyebabnya dan mendapatkan perawatan medis yang tepat.

Baca Juga: 7 Penyebab Kamu Telat Haid, Bukan karena Hamil tapi Tetaplah Waspada

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya