Comscore Tracker

Dikenal Menyehatkan, Ini 5 Makanan Alkali yang Baik untuk Asam Lambung

Cocok untuk kamu yang sering maag

Makanan yang sangat asam dapat menyebabkan mulas pada beberapa orang. Ini terjadi ketika ada aliran balik asam dari lambung ke kerongkongan. Salah satu alasan hal ini terjadi adalah karena lower esophageal sphincter (LES) melemah atau rusak. Biasanya LES menutup untuk mencegah makanan di perut naik ke kerongkongan.

Makanan yang kamu konsumsi dapat memengaruhi jumlah asam yang diproduksi perut. Dan konsumsi jenis makanan yang tepat adalah kunci untuk mengendalikan penyakit refluks asam atau gastroesophageal reflux disease (GERD) yang merupakan bentuk asam lambung yang parah dan kronis.

Diet makanan alkali membantu dalam melawan risiko keasaman dan refluks asam, yang membawa kelegaan bagi orang dengan masalah asam lambung. Inilah daftar beberapa makanan alkali yang baik untuk asam lambung, dikutip dari laman Everyday Health dan Healthline.

1. Pisang

Dikenal Menyehatkan, Ini 5 Makanan Alkali yang Baik untuk Asam LambungUnsplash.com/Eiliv-sonas aceron

Pisang merupakan buah alkali yang bersifat basa. Buah berwarna kuning ini adalah sumber serat dan vitamin B6 yang baik, dan membantu menjaga kadar kalium, yang baik untuk jantung dan tulang secara umum. Nutrisi yang ditawarkan bisa berbeda-beda tergantung tingkat kematangannya.

Kamu bisa memakannya kapan saja, baik untuk camilan, campuran makanan, dimakan langsung, atau diolah. Dalam beberapa resep, pisang sering digunakan sebagai alternatif untuk pengganti komponen lemak.

2. Apel

Dikenal Menyehatkan, Ini 5 Makanan Alkali yang Baik untuk Asam Lambungunsplash.com/Jacek Dylag

Apel merupakan buah rendah asam yang juga merupakan sumber serat yang bagus. Serat dapat membantu kamu tetap kenyang lebih lama, yang dapat meminimalkan makan berlebihan di siang hari. Serat juga membantu menurunkan kolesterol dan mencegah lonjakan gula darah.

Bahkan, kulit apel juga mengandung polifenol dan flavonoid yang baik untuk kesehatan, sehingga kamu tidak perlu mengupas kulit apel.

Baca Juga: Apakah Makanan yang Belum 5 Menit Jatuh Aman untuk Dimakan?

3. Jahe

Dikenal Menyehatkan, Ini 5 Makanan Alkali yang Baik untuk Asam Lambungunsplash.com/Don Shin

Secara alami jahe bersifat anti-inflamasi, dan merupakan obat alami untuk mengatasi mulas dan masalah pencernaan lainnya. Untuk mendapatkan manfaat jahe, kamu dapat menambahkan parutan atau irisan jahe ke dalam resep atau smoothie. Atau bisa juga minum teh jahe untuk meredakan rasa tidak nyaman yang disebabkan akibat asam lambung.

4. Seledri

Dikenal Menyehatkan, Ini 5 Makanan Alkali yang Baik untuk Asam Lambungunsplash.com/Kelly Sikkema

Kandungan airnya yang tinggi membuat seledri nyaris bebas kalori. Seledri juga kerap digunakan sebagai penekan nafsu makan untuk menghentikan makan berlebihan yang dapat menyebabkan mulas. Sayuran ini juga kaya akan magnesium dan nutrisi utama lainnya, serta membantu mencegah atau mengurangi perkembangan bisul di saluran pencernaan. 

Penelitian di Journal of Pharmaceutical Biology menemukan bahwa seledri mengandung jenis ekstrak etanol pelindung yang dapat mengisi kembali lendir lambung yang diperlukan untuk melapisi lapisan lambung dan mengontrol jumlah asam lambung yang dilepaskan.

5. Almond

Dikenal Menyehatkan, Ini 5 Makanan Alkali yang Baik untuk Asam Lambungunsplash.com/Ignacio F.

Tidak seperti kacang lain, seperti pecan, kacang mete, dan kenari, almond bersifat alkali. Asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak omega-3 yang terdapat dalam almond bermanfaat untuk melindungi jantung. Juga, kandungan seratnya yang tinggi dapat meningkatkan rasa kenyang di antara waktu makan.

Almond juga mengandung vitamin E, antioksidan alami, serta mineral mangan dan magnesium. Selain dimakan langsung, almond juga dapat digunakan sebagai pengganti kacang lain dalam resep makanan rendah asam.

Itulah beberapa makanan alkali yang baik untuk penderita asam lambung. Selain perbanyak konsumsi makanan di atas, individu dengan masalah asam lambung juga perlu menghindari makanan yang dapat memicu asam lambung, seperti makanan tinggi lemak jenuh dan makanan pedas.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Makanan yang Ampuh Bikin Kulitmu Glowing

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya