Comscore Tracker

Saat Asam Lambung Naik, Atasi dengan Konsumsi 6 Makanan Ini!

Gak perlu buru-buru minum obat

Asam lambung merupakan senyawa yang diproduksi secara alami di dalam organ lambung. Asam lambung sebenarnya memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh seperti mencerna makanan, membantu penyerapan nutrisi, serta membunuh bakteri yang ada di dalam makanan yang kurang higienis. Kendati demikian, sekresi asam lambung yang berlebihan pun dapat menimbulkan sejumlah masalah, seperti mengikisnya dinding lambung yang kemudian menyebabkan rasa mual, mulas, perih, dan nyeri.

Tapi jika terjadi hal seperti ini, kamu gak perlu panik. Konsumsi makanan berikut dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat asam lambung yang berlebihan. Apa sajakah makanan itu? Berikut daftarnya.

1. Jahe

Saat Asam Lambung Naik, Atasi dengan Konsumsi 6 Makanan Ini!medicalnewstoday.com

Jahe mengandung senyawa yang bersifat antiinflamasi yang bermanfaat dalam mengurangi peradangan di lambung, mengobati masalah pencernaan, mengatasi mual dan mulas, dan sebagainya. Untuk mendapatkan manfaat ini kamu bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk air seduhan jahe ataupun dengan langsung memakannya.

2. Putih telur

Saat Asam Lambung Naik, Atasi dengan Konsumsi 6 Makanan Ini!medicalnewstoday.com

Putih telur merupakan bagian dari telur yang banyak mengandung protein. Saat kadar asam lambung sedang meningkat, konsumsi protein dapat menyeimbangkan kadar asam lambung sehingga mengurangi rasa nyeri dan perih. Tapi pastikan kamu hanya mengonsumsi putih telurnya saja, bukan kuningnya, lantaran kuning telur banyak mengandung lemak yang jika dikonsumsi saat asam lambung sedang naik, maka dapat memicu terjadinya refluks yang membuat perut semakin terasa sakit.

3. Semangka

Saat Asam Lambung Naik, Atasi dengan Konsumsi 6 Makanan Ini!Snaped.fns.usda.gov

Semangka merupakan buah yang sebagian besar komponennya tersusun atas air, memiliki kandungan asam dan lemak yang sangat sedikit, serta magnesium. Karakteristik tersebut membuat semangka sangat aman dikonsumsi penderita asam lambung. Bahkan kandungan magnesium dalam semangka terbukti dapat menetralisir asam lambung dan mengurangi rasa mual.

Baca Juga: 5 Tips Rumahan yang Mudah dan Alami untuk Mengobati Asam Lambung

4. Kentang

Saat Asam Lambung Naik, Atasi dengan Konsumsi 6 Makanan Ini!Socialdiary.com

Kentang mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang memiliki efek baik bagi lambung dan cocok dikonsumsi saat asam lambung sedang naik. Kendati demikian, hindari menyantap kentang dan bawang goreng secara bersamaan saat asam lambung sedang naik karena hal ini akan memperparah iritasi lambung.

5. Pisang

Saat Asam Lambung Naik, Atasi dengan Konsumsi 6 Makanan Ini!unsplash.com/Eiliv-Sonas Aceron

Pisang merupakan buah yang tidak mengandung asam sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin dan mineral yang dapat menyeimbangkan kadar asam lambung dan melindungi lapisan dinding lambung dari kerusakan akibat asam lambung yang tinggi.

6. Oatmeal

Saat Asam Lambung Naik, Atasi dengan Konsumsi 6 Makanan Ini!greenhealthycooking.com

Oatmeal berasal dari gandum utuh dan merupakan sumber serat yang baik bagi tubuh. Saat asam lambung sedang naik, konsumsi oatmeal dapat menyerap kelebihan asam lambung tersebut dan mengurangi refluks.

Jadi, sudah tahu kan makanan apa saja yang harus kamu konsumsi saat asam lambung meningkat?

Baca Juga: 7 Makanan & Minuman yang Memicu Asam Lambung Cepat Naik, Bisa Bahaya!

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You