Comscore Tracker

6 Makanan Ini Ternyata Jadi Pemicu Sembelit, Batasi Konsumsinya

Ada favoritmu di sini?

Sembelit adalah masalah di mana orang mengalami kesulitan buang air besar. Sembelit secara medis didefinisikan sebagai frekuensi buang air besar yang kurang dari 3 kali per minggu. Konstipasi sendiri sering kali disertai dengan beberapa gejala, seperti kembung, sering buang gas, atau nyeri saat buang air besar.

Buat kamu yang kerap mengalami masalah dengan sembelit, hal ini mungkin disebabkan lantaran kamu sering mengonsumsi makanan yang memicu terjadinya sembelit. Nah, kira-kira apa sajakah makanan tersebut? Dilansir berbagai sumber, berikut beberapa makanan penyebab sembelit yang harus dijauhi.

1. Pisang mentah

6 Makanan Ini Ternyata Jadi Pemicu Sembelit, Batasi KonsumsinyaUnsplash.com/Eiliv-sonas aceron

Pisang hijau atau yang kurang matang dapat menyebabkan sembelit karena masih memiliki banyak pati, yang sulit dicerna oleh tubuh. Pisang juga mengandung pektin, yaitu serat makanan yang sifatnya menarik air dari usus ke arah feses. Jika seseorang sudah mengalami dehidrasi memakan pisang mentah, hal ini dapat memperburuk konstipasi.

2. Permen karet

6 Makanan Ini Ternyata Jadi Pemicu Sembelit, Batasi Konsumsinyathedailymeal.com

Menelan beberapa permen karet dalam waktu singkat dapat membuat saluran pencernaan tersumbat. Nah, sumbatan ini kemudian akan memicu masalah sulit buang air besar atau konstipasi.

Baca Juga: Duh, 10 Kebiasaan Ini Malah Bikin Sembelit Makin Parah

3. Nasi putih

6 Makanan Ini Ternyata Jadi Pemicu Sembelit, Batasi Konsumsinyaunsplash.com/pille-riin priske

Nasi putih dapat menyebabkan sembelit karena kulit dan dedaknya telah dihilangkan terlebih dahulu. Padahal di situlah letak semua serat dan nutrisi yang baik bagi tubuh.

4. Daging merah

6 Makanan Ini Ternyata Jadi Pemicu Sembelit, Batasi Konsumsinyameat-online.co.za

Terdapat beberapa alasan mengapa daging merah dapat memicu sembelit. Seperti, tinggi akan lemak, sehingga membutuhkan waktu lebih lama bagi saluran pencernaan untuk memprosesnya. Memiliki serat protein yang keras sehingga sulit dicerna oleh perut. Serta kaya akan zat besi, yang dapat menyebabkan sembelit.

5. Roti putih

6 Makanan Ini Ternyata Jadi Pemicu Sembelit, Batasi Konsumsinyamedianorth.co.ke

Roti putih dan turunannya, seperti bagel, kerupuk, dan pretze dapat menyebabkan konstipasi. Sebab tidak seperti biji-bijian pada umumnya, tepung putih tidak memiliki serat. Makanan ini juga banyak mengandung pati, dan dapat menyebabkan kesulitan buang air besar. Jadi lebih baik pilihlah biji-bijian utuh.

6. Produk susu

6 Makanan Ini Ternyata Jadi Pemicu Sembelit, Batasi Konsumsinyapltransform.com

Dalam jumlah besar, produk susu, seperti susu, keju, yogurt, dan es krim, dapat menyebabkan sembelit. Ini lantaran laktosa dalam susu dapat menyebabkan peningkatan gas dan kembung yang dapat membuat seseorang merasa perutnya tidak nyaman.

Nah, itu dia makanan penyebab sembelit yang bisa kamu hindari. Buat kamu yang sering sembelit, yuk kurangi konsumsi makanan di atas agar pencernaan lancar kembali.

Baca Juga: 7 Masalah Pencernaan yang Paling Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya